Kapan Bayi Bisa Melihat Sekitarnya dengan Baik dan Jelas?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Kapan bayi bisa melihat dengan jelas, sering kali membuat orangtua menjadi penasaran. Memang ketika baru dilahirkan, umumnya bayi belum bisa melihat dengan jelas. Apa yang dilihat bayi akan berbeda dengan apa yang dilihat oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jadi, kapan bayi bisa melihat sekitarnya dengan jelas? Yuk, bahas perkembangan kemampuan penglihatan bayi dalam ulasan berikut.

Usia bayi bisa melihat dengan jelas

perkembangan kemampuan bahasa bayi

Meski bayi lahir sehat sempurna secara fisik, kemampuan melihatnya belum sesempurna anak-anak yang lebih tua maupun orang dewasa. Faktanya, bayi yang baru lahir memiliki jarak pandang sangat dekat dan tidak dapat fokus pada objek yang jauh sama sekali.

Secara umum, bayi baru lahir hanya mampu melihat objek yang berjarak sekitar 8-10 inci. Tepat saat baru dilahirkan, biasanya bayi hanya mengenali warna hitam dan putih, dengan sedikit nuansa abu-abu.

Seiring berjalannya hari, bayi yang baru lahir akan lebih suka melihat bentuk bulat yang memiliki batas terang dan gelap, contohnya bola mata Anda yang selalu menarik perhatiannya.

Itulah alasan si kecil akan sering terpaku menatap wajah, khususnya mata Anda, terutama saat posisi Anda berada sangat dekat dengannya selama menyusui. Lama kelamaan, kapan bayi bisa melihat dengan jelas biasanya akan terjawab seiring waktu.

Jadi, kapan bayi bisa melihat dengan jelas, tentunya bukan pada saat baru lahir. Perkembangan bayi dalam melihat warna biasanya semakin baik saat usianya menginjak 4 bulan. Seiring dengan tumbuh kembangnya, barulah bayi bisa melihat dengan jelas sekitar usia 12 bulan. Ketajaman penglihatannya kemudian akan terus berkembang sampai ia berusia 3-5 tahun.

Tahap perkembangan indera penglihatan bayi

Kemampuan penglihatan bayi akan terus mengalami perkembangan pesat selama 1 tahun pertama. Bagi para orangtua, penting untuk mengenali tahap perkembangan indera penglihatan bayi, sehingga bisa tahu kapan bayi bisa melihat dengan jelas.

Dengan mengetahui hal tersebut juga, diharapkan dapat membantu Anda untuk memastikan penglihatan bayi berkembang sebagaimana mestinya dan mengenali saat perkembangannya dirasa bermasalah. Untuk menjawab pertanyaan mengenai tahap kapan bayi bisa melihat dengan jelas, berikut prosesnya sesuai usia:

Saat baru dilahirkan

posisi tidur setelah melahirkan

Selama masih berada di dalam rahim, mata bayi dalam kondisi tertutup rapat sehingga ia tidak bisa melihat apapun. Ketika bayi baru lahir, si kecil akan berusaha untuk melihat lingkungan sekitarnya melalui penglihatan yang masih belum jelas atau kabur.

“Tampilan” dunia di sekitar bayi akan membantu merangsang perkembangan penglihatannya sejak kelahiran. Memang, awalnya si kecil akan merasa kesulitan untuk melacak adanya objek di sekitarnya, atau bahkan untuk membedakan dua buah pergerakan objek yang ia lihat.

Apabila diperhatikan lebih teliti lagi, ukuran pupil mata bayi masih sangat kecil sehingga membatasi cahaya yang dapat masuk ke dalam mata. Bayi yang baru lahir juga dapat melihat objek yang berada di sebelahnya dengan mengandalkan penglihatan sisi.

Sementara penglihatan pusat bayi belum begitu berkembang dengan baik. Fokus penglihatan bayi hanya mampu menangkap objek yang berjarak sekitar 20-25 cm dari wajahnya. Jadi, kapan bayi bisa melihat dengan baik tentu belum terjadi saat baru dilahirkan.

Ia biasanya dapat melihat wajah Anda dengan jelas hanya saat Anda menyusui atau menggendong bayi di lengan tangan Anda. Sesaat sejak baru dilahirkan juga, penglihatan bayi sangat sensitif terhadap adanya cahaya terang. Namun, kondisi ini biasanya tidak berlangsung lama dan akan terus berkembang.

Usia 0 sampai 4 bulan

jadwal menyusui bayi

Semenjak kelahiran hingga minggu pertama hidupnya, mata bayi sudah bisa membuka dan menutup tapi belum bisa fokus. Itu alasan Anda mungkin sering melihat bayi menggapai-gapai tangannya. Hal ini adalah cara bayi untuk bisa merasakan apa yang ada di sekitarnya.

Pasalnya, jarak pandang bayi di rentang usia ini juga masih sangat dekat. Bayi baru lahir juga hanya bisa menahan pandangannya paling lama sekitar 10 sampai 12 detik saja.

Dalam hitungan beberapa minggu setelah kelahiran, perkembangan retina mata bayi juga sudah semakin membaik. Bayi mulai mampu melihat objek dalam cahaya terang dan gelap, serta objek yang memiliki pola.

Objek dengan bentuk yang besar serta memiliki warna-warna cerah, biasanya akan menarik perhatian bayi. Bahkan, ia mulai mampu fokus melihat objek yang ada di tepat di hadapannya.

Ini merupakan bagian dari perkembangan penglihatan bayi, sehingga Anda bisa segera tahu kapan bayi bisa melihat dengan jelas. Saat usia bayi 4 minggu atau 1 bulan, si kecil biasanya dapat fokus melihat Anda sebentar.

Hanya saja, ia mungkin masih lebih tertarik melihat objek yang berwarna cerah di sekitarnya. Sekitar usia bayi 8 minggu atau 2 bulan, kebanyakan bayi sudah bisa mengenali wajah ayah dan ibunya. Bayi baru bisa menggerakan matanya mengikuti arah gerak benda pada sekitar usia 2-3 bulan.

Sekitar usia bayi 12 minggu atau 3 bulan, mata bayi terus mengikuti objek yang ada di sekitarnya sebagai upaya hingga nantinya tiba waktu kapan bayi bisa melihat dengan jelas. Sebagai contoh, saat Anda memainkan mainan berwarna cerah di hadapan si kecil, biasanya matanya akan bergerak ke arah perpindahan mainan tersebut.

Untuk melatih refleks penglihatan bayi, Anda bisa merangsangnya dengan suara, baik itu dari suara mulut Anda atau dari gerak mainan. Pada masa ini, jawaban untuk orangtua yang penasaran kapan bayi bisa melihat akan semakin jelas.

Usia 5 sampai 8 bulan

penyebab perut bayi bunyi

Menginjak sekitar usia bayi 20 minggu atau 5 bulan, perkembangan penglihatan bayi akan berjalan semakin baik. Hal ini bertujuan agar nantinya tiba waktu kapan bayi bisa melihat dengan jelas. Sekarang, bayi mulai mampu melihat objek dengan jarak yang cukup jauh darinya, atau disebut sebagai persepsi mendalam (depth perception).

Persepsi mendalam akan menentukan seberapa jauh atau dekat jarak suatu objek yang ada di sekitarnya bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan bayi saat baru lahir. Ini merupakan kemampuan yang baru dapat dilakukan bayi beberapa bulan setelah kelahiran.

Menariknya lagi, sekarang kemampuan bayi dalam melihat warna juga sudah jauh lebih baik, meski belum sempurna seperti yang bisa dilakukan anak-anak dan orang dewasa. Di usia ini pula, “koleksi” warna yang mampu dilihat bayi akan semakin bertambah banyak. 

Koordinasi antara mata dan tangannya akan membantu bayi untuk melihat sesuatu yang menarik, kemudian mengambil dan memainkannya dengan caranya sendiri. Gerakan mata bayi saat ini juga sudah lebih terarah.

Kemampuan ini terlihat saat si kecil mampu menggerakkan matanya, tanpa perlu mengubah posisi tubuh maupun kepalanya. Bahkan, jarak pandang penglihatan bayi juga sudah jauh lebih luas ketimbang sebelumnya.

Ia juga mampu mengenali keberadaan orangtuanya yang dilihat di ruangan lain, serta melihat aneka ragam objek di luar rumah melalui jendela. Berkat kemampuan yang penglihatan yang sekarang dimilikinya, si kecil dapat mulai mengolah informasi yang ia lihat di sekitarnya.

Usia 9 sampai 12 bulan

perkembangan bayi 15 bulan perkembangan bayi 1 tahun 3 bulan

Mulai dari sekitar usia 7 sampai akhirnya 9 bulan, bayi sudah bisa melihat ketajaman, kedalaman, dan warna sebuah objek. Hal ini diungkapkan oleh Melanie Kazlas, MD, direktur bidang kesehatan mata anak di Massachusetts Eye and Ear Infirmary di Boston.

Di usia bayi 36 minggu atau 9 bulan ini juga, bayi sudah cukup mampu mengenali jarak dengan baik sehingga nanti sampai di tahap kapan bayi bisa melihat dengan jelas. Hal ini terlihat saat bayi mencoba menarik diri dan mengambil jarak untuk berdiri sendiri dari posisi duduk setelah selesai makan.

Selanjutnya, di usia bayi 40 minggu alias 10 bulan, ia terlihat sudah lebih lihai dalam memperkirakan jarak saat hendak mengambil sesuatu di antara ibu jari dan jari telunjuknya. Lebih dari itu, perkembangan kemampuan penglihatan bayi tampak semakin baik sekarang karena sudah dapat melihat semua objek di sekitarnya dengan jelas.

Kemampuan tersebut pun akan semakin mendukung tubuh si kecil untuk lebih banyak menjelajah area dan beragam benda di sekitar yang menurutnya menarik. Keahlian dalam memperkirakan jarak juga membuat buah hati Anda dapat melempar barang ke tempat-tempat tertentu.

Bahkan, ia dapat dengan cepat beralih fokus ke hal lain karena perkembangan indera penglihatannya sekarang.

Usia 12 sampai 24 bulan

perkembangan bayi 12 bulan perkembangan bayi 1 tahun

Jawaban atau pertanyaan kapan bayi bisa melihat, akan semakin jelas sekitar usia bayi 48 minggu atau 1 tahun. Pada usia ini, bayi dapat melihat segala sesuatu dengan sangat baik, mulai dari objek yang jaraknya dekat, hingga terbilang cukup jauh.

Si kecil juga dapat fokus dengan cepat saat melihat adanya pergerakan objek. Anda akan melihatnya sangat menikmati permainan cilukba, maupun bermain dengan berbagai mainan favoritnya.

Untuk mendukung perkembangan dalam bidang lainnya, Anda dapat mengucapkan atau menjelaskan nama objek tertentu sembari menggendong dan mengajak si kecil melihat-lihat sekitarnya. Di samping melatih penglihatannya, cara ini juga akan meningkatkan pemahaman si kecil mengenai nama-nama objek.

Di waktu ini, sebenarnya pertanyaan Anda mengenai kapan bayi bisa melihat dengan sudah sudah terjawab. Sampai akhirnya usia si kecil memasuki usia balita 24 bulan atau 2 tahun, maka koordinasi mata dan tangan, serta persepsi mendalam bayi saat melihat suatu objek sudah berkembangan dengan sangat baik.

Buah hati Anda sekarang sedang sangat tertarik untuk menjelajahi dunia di sekitarnya, dengan cara banyak melihat dan mendengarkan. Bahkan, ada berbagai objek yang telah dikenal si kecil dengan baik, contohnya ia menunjuk dan menyebut “kucing” saat melihat hewan tersebut melintas di depannya.

Perhatikan gejala adanya masalah pada mata bayi

mata bayi belekan

Adanya masalah terkait mata tentu dapat menghambat perkembangan penglihatan dan memperlambat kapan waktu bayi bisa melihat. Oleh karena itu, penting untuk mendeteksi kemungkinan masalah pada penglihatan bayi sedini mungkin.

Dengan demikian, bayi dapat segera mendapatkan perawatan sesuai dengan kebutuhannya. Hal ini yang juga akan membantu mendukung tumbuh kembangnya.

Berikut berbagai tanda dan gejala yang dapat mengindikasikan adanya masalah pada penglihatan bayi:

  • Banyak mengeluarkan air mata. Kondisi ini bisa menandakan saluran air mata bayi tersumbat.
  • Kelopak mata berwarna merah. Kondisi ini bisa menandakan adanya infeksi.
  • Kontrol otot mata sulit berfungsi dengan baik.
  • Sangat sensitif terhadap cahaya. Kondisi ini dapat mengarah tekanan pada mata.
  • Pupil tampak berwarna putih. Kondisi ini dapat menunjukkan kanker mata.

Untuk itu, beberapa langkah ini penting untuk Anda lakukan guna memastikan penglihatan bayi berkembang dengan sangat baik:

  1. Tampak tanda masalah pada mata dan penglihatan bayi, misalnya bola mata berputar ke dalam atau ke luar, hingga terlihat terlambat dalam melacak pergerakan objek.
  2. Segera periksakan ke dokter untuk mencari tahu masalah apa yang sebenarnya terjadi pada mata dan penglihatan bayi.
  3. Bicarakan dengan dokter untuk mengetahui kegiatan apa yang bisa Anda lakukan guna melatih perkembangan penglihatan bayi.

Kapan perlu cek kesehatan mata anak?

penyebab leukosit bayi rendah

Selain mengetahui kapan bayi bisa melihat dengan jelas dan perkembangan indera penglihatan, orangtua juga perlu membawa anak melakukan pemeriksaan. Hal ini berguna menghindari risiko gangguan penglihatan serius. Orangtua perlu mulai periksa mata anak sejak awal ia dilahirkan dan kembali lagi setelah bayi berusia antara 6 bulan hingga 1 tahun.

Ketika anak sudah berusia antara 3 sampai 3,5 tahun, bawa lagi si kecil ke dokter mata untuk menjalani pemeriksaan lanjutan dan tes ketajaman mata guna memastikan kondisi penglihatannya. Begitu anak menginjak usia 5-6 tahun, Anda perlu sekali lagi ke dokter mata untuk periksa perkembangan mata anak. Setelahnya, pemeriksaan mata bisa lebih rutin dilakukan hingga anak memasuki usia sekolah.

Tidak hanya mengenali kapan bayi bisa melihat, apabila Anda melihat bayi menunjukkan gejala yang aneh pada matanya, segera cek ke dokter mata. Beberapa contohnya seperti mata terus berair, kurang merespons benda-benda yang warnanya mencolok, arah mata bayi yang tidak sama, dan lebih sensitif terhadap cahaya.

Kapan bayi bisa melihat dengan jelas umumnya tidak segera setelah bayi lahir. Bayi akan mengalami perkembangan indera penglihatan sebelum benar-benar bisa melihat dengan jelas pada usia sekitar 1-2 tahun. Jika Anda melihat tanda gangguan atau masalah pada bayi, sebaiknya segera konsultasi dan periksakan ke dokter.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Juni 2, 2018 | Terakhir Diedit: Januari 20, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca