Perkembangan Bayi 22 Bulan

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: | Oleh

Tanggal update Januari 27, 2020
Bagikan sekarang

Perkembangan Bayi Usia 22 Bulan

Bagaimana seharusnya perkembangan bayi 22 bulan  atau 1 tahun 10 bulan?

Dalam grafik perkembangan anak Denver II, perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan sudah memiliki kemampuan, antara lain:

  • Melompat.
  • Menendang bola ke depan.
  • Menaiki anak tangga.
  • Mengenal anggota tubuh.
  • Membuat menara 6-8 tingkat.
  • Menggosok gigi dengan bantuan orang tua.
  • Mencuci dan mengeringkan tangan.

Kemampuan motorik kasar

Perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan adalah masa mematangkan kemampuan motorik kasar yang sebelumnya masih belum lancar. Dalam grafik Denver II menunjukkan bahwa pada masa perkembangan bayi 22 bulan, si kecil sudah lancar berlari, memendang bola ke depan, melempar bola, berjalan menaiki anak tangga, dan belajar melompat. 

Di fase perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, anak akan semakin aktif dan tidak bisa diam. Bermain bersama anak di taman bisa menjadi solusi agar ia bisa bermain dengan bebas dan tidak bosan.

Kemampuan komunikasi dan bahasa

Perkembangan bayi 22 bulan terlihat dengan kemampuan komunikasi dan bahasanya yang semakin baik. Anak sudah bisa menunjukkan dan menyebutkan sesuatu yang ada di gambar, menyebutkan anggota tubuh, mengombinasikan dua kata, dan kata yang ucapkan lebih dari 10.

Untuk melatihnya, ajak si kecil bercerita dan bermain memakai flash card untuk memperkaya kosakata. Ini penting dalam perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan.

Kemampuan motorik halus

Si kecil sering membolak-balikkan buku cerita miliknya? Itu adalah salah satu kemampuan motorik halus yang dimiliki dalam masa perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan. Selain itu, anak sudah bisa menumpuk dan membuat menara dari 6 balok.

Mencoret-coret tembok juga salah satu perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulandalam kemampuan motorik halus anak. Meski membuat berantakan, Anda bisa alihkan ke media lain seperti buku gambar atau kertas lengkap bersama krayon.

Kemampuan sosial dan emosional

Sejauh apa perkembangan bayi 22 bulan perkembangan bayi 1 tahun 10 bulan? Grafik Denver II menunjukkan bahwa anak di usia ini sudah mengenal dan menunjukkan rasa kesal, frustasi, dan bahagia. Anak sudah mengerti apa yang ia inginkan dan tidak. 

Maka tidak  jarang ketika keinginannya tidak terpenuhi, ia langsung bereaksi dan sangat emosional. Ia akan menunjukan ekspresi frustasi juga menunjukan rasa bahagia saat mendapatkan yang ia inginkan. Perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan ini berhubungan dengan usaha anak mandiri.

Cara mengatasinya, alihkan perhatian si kecil  sekitar 10 menit. Dengan mengalihkan perhatian, dapat membuatnya lupa pada sesuatu yang diinginkan dan ide di kepalanya, kemudian berpindah ke hal lain yang lebih tidak berisiko.

Pada perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, bila anak tantrum terlalu parah, Anda perlu memindahkan si kecil ke ruangan lain, lalu ajak bicara dan memeluknya. Ini akan membuat anak luluh. Ia juga mungkin menghentikan apapun yang sedang dilakukannya demi mengambil perhatian Anda.

Apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan?

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu perkembangan si kecil, antara lain:

Puji usaha anak agar ia belajar mengatasi kekecewaan

Untuk meningkatkan perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan yang sudah mulai mengetahui keinginan, sebaiknya Anda puji usaha yang ia lakukan. Bukan hanya pencapaian yang ia raih. Ini penting untuk mengajarkan anak mengatasi kekecewaan.

Sebagai contoh, jika ia sedang kesulitan melakukan sesuatu dan terlihat frustasi, Anda dapat berkata, “Ibu tahu memang sulit mengenakan sepatu, dan kamu sudah mencobanya dengan keras.” Anda juga bisa mengatakan,”Kamu terlihat kesal. Apa yang bisa ibu bantu?”

Campur kegiatan menantang dengan kegiatan yang meningkatkan rasa percaya diri anak, seperti menumpuk balok atau membantu Anda menyiram tanaman.

Cobalah jangan terlalu terburu-buru membantunya jika ia sedikit kecewa. Di perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, terlalu campur tangan untuk anak Anda dapat membuat ia ketergantungan dan menghilangkan kepercayaan dirinya.

Tantangan Anda yaitu untuk menyeimbangkan niat Anda dalam membantu dan melindungi anak Anda, dengan kebutuhannya untuk mengerjakan tugas baru. Cara ini bisa meningkatkan perkembangan bayi 22 bulan.

Selalu berkomunikasi dengan anak secara intens

Menjalin komunikasi di sini artinya Anda selalu hadir ketika ia membutuhkan, karena di perkembangan bayi 22 bulan anak sangat membutuhkannya.

Saat bersama anak, konsentrasi Anda tetap penuh pada si kecil sehingga ia merasa dihargai. Selalu melibatkan diri dalam setiap aktivitas anak, ,isalnya bermain, membaca buku, atau apapun.

Saat Anda sibuk, tetap berkontak dengan membelai rambutnya, menatap matanya,  serta senyum padanya.

Mungkin di perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, Anda sering mengatakan “tunggu sebentar” tapi ini kurang efektif. Hal ini karena si kecil tidak mengerti berapa lama “sebentar” dan 1 menit terasa seperti lama sekali. Bisa diganti dengan, “Hitung sampai 10 ya, hitungan 10 sudah selesai pekerjaannya.”

Dalam perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, selain anak lebih mengerti, juga akan belajar mengenal angka. Tentu ini akan membantu mendukung perkembangan bahasa anak, terutama menambah kosakata baru untuknya. Sebelum itu, lakukan pengecekan cepat untuk memastikan ia tidak butuh hal lain selain perhatian Anda, misalnya ganti popok.

Tidak memaksa anak untuk menghabiskan makanan

Memasuki fase perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, jika Anda ingin anak mencoba makanan baru, berikan dalam porsi kecil jadi ia tidak merasa bingung. Coba sajikan makanan yang ia tidak suka dalam sajian yang berbeda.

Jangan pernah memaksa anak Anda untuk merasakan sesuatu atau menghabiskan makanannya. Lagi pula, bahkan orang dewasa pun punya makanan yang mereka tak suka. Ini bisa mengganggu perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan.

Kesehatan Bayi Usia 22 Bulan

Apa yang harus didiskusikan dengan dokter untuk perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan?

Pada masa perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, konsultasi dengan dokter tidak sesering dulu. Sudah hampir waktunya untuk kontrol di usia 22 bulan. Anda harus memberi tahu dokter jika ada masalah darurat.

Apa yang harus diketahui tentang perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan?

Dalam perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, hal yang harus Anda ketahui adalah kemungkinan anak alergi terhadap binatang. Bila Anda memelihara hewan di rumah seperti kucing, kelinci, anjing dan hewan berbulu lain, Anda harus waspada dengan gejala dan tanda berikut:

Kalau si kecil terlihat mengalami tanda dan gejala di atas saat dalam perkembangan bayi 22 bulan, Anda harus segera memberitahukan dokter.

Dokter mungkin menawarkan suntikan alergi yang menargetkan alergen spesifik untuk mendukung perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan. Bagaimana bila si kecil tetap mengalami tanda alergi seperti yang disebutkan di atas? Selain menggunakan obat, sebaiknya beri jeda dan jarak antara bayi dan hewan peliharaan.

Hal yang Harus Diperhatikan

Apa yang harus diwaspadai dalam perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan?

Dalam fase perkembangan bayi 22 bulan atau 1 tahun 10 bulan, Anda mungkin mencemaskan mengenai gigi anak Anda. Beberapa gejala dan tanda yang berhubungan dengan gigi adalah rewel, diare, dan demam ringan.

Jika anak Anda mengalami masalah gigi, berikut gejala yang mungkin paling sering dialami dalam perkembangan bayi 22 bulan:

  • Ngiler (dapat menyebabkan ruam wajah)
  • Pembengkakan dan sensitivitas gusi
  • Rewel atau gelisah
  • Suka menggigit
  • Menolak makanan
  • Gangguan tidur

Kemudian, bagaimana perkembangan bayi 23 bulan?

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Perkembangan Balita 60 Bulan atau 5 Tahun

Perkembangan balita 60 bulan atau 5 tahun, termasuk mampu memanjat, menggambar dan mengulang cerita yang didengar. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 25, 2019

Perkembangan Balita 54 Bulan atau 4 Tahun 6 Bulan

Perkembangan balita 54 bulan atau 4 tahun 6 bulan yang penting termasuk memahami posisi dan tempat. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 22, 2019

Perkembangan Balita 51 Bulan atau 4 Tahun 3 Bulan

Pada fase perkembangan balita 51 bulan atau 4 tahun 3 bulan, si kecil makin mahir berbicara dan memilih kata-kata. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 22, 2019

Perkembangan Balita 42 Bulan atau 3 Tahun 6 Bulan

Tahap perkembangan balita 42 bulan atau 3 tahun 6 bulan semakin baik dari banyak aspek. Ketahui perkembangan lengkap di sini.

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Parenting, Perkembangan Balita November 19, 2019

Direkomendasikan untuk Anda

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Panduan Memenuhi Kebutuhan Gizi Balita Usia 2-5 Tahun

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Maret 20, 2020
Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Usia Berapa Anak Mulai Belajar Berlari?

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Karinta Ariani Setiaputri
Tanggal tayang Januari 11, 2020
4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

4 Pilihan Les untuk Balita Sekaligus Manfaatnya

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Aprinda Puji
Tanggal tayang Desember 24, 2019
Memahami Perkembangan Bahasa Balita Usia 2-5 Tahun

Memahami Perkembangan Bahasa Balita Usia 2-5 Tahun

Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Riska Herliafifah
Tanggal tayang Desember 2, 2019