Tips dan Trik Jitu Membiasakan Anak Agar Suka Membaca Buku

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 20/03/2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca, Anda akan mendapatkan wawasan luas. Membaca juga melatih Anda untuk berempati dengan sesama. Bahkan, studi membuktikan bahwa orang yang hobi membaca buku bisa hidup lebih bahagia. Sayangnya, 90 persen orang Indonesia tidak suka baca buku. Mulailah mengenalkan anak kepada macam-macam buku sedari kecil untuk menumbuhkan minat bacanya. Berikut tips yang bisa Anda terapkan agar anak suka baca buku.

Manfaat membaca buku untuk kesehatan

Selain membuat Anda hidup lebih bahagia, membaca merupakan aktivitas yang memberikan ketenangan dan menurunkan tekanan darah.

Membaca juga meningkatkan fungsi kognitif otak untuk berpikir memahami konteks dan menajamkan kemampuan mengingat. Maka dari itu, rajin membaca dapat menurunkan risiko Anda terhadap macam-macam penyakit otak yang terkait usia, seperti demensia dan Alzheimer.

Tips agar anak suka baca buku

Beri contoh pada anak

Anak cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka, contohkan lebih dulu padanya bahwa Anda terbiasa membaca agar anak suka baca buku juga. Tidak perlu buku yang “berat”, ajak anak membaca buku bergambar bersama-sama atau bacakan dongeng untuknya.

Biasakan untuk membuat sesi membaca setidaknya satu jam dalam satu hari. Dengan begini, anak akan menganggap membaca adalah kegiatan yang penting untuk dilakukan, sehingga lama-lama ia akan terbiasa dan akhirnya membaca sendiri tanpa harus “disuruh”.

Kenalkan berbagai buku untuk anak

Setelah anak terbiasa dengan buku bergambar lucu dan warna-warni, mulailah mengenalkan lebih banyak jenis buku dan bacaan lainnya. Anda bisa mengajak anak jalan-jalan ke perpustakaan atau toko buku. Kenalkan berbagai buku bacaan untuk anak, sehingga mereka nantiya bisa memilih buku yang mereka suka.

Dorong anak untuk membaca apa yang mereka lihat

Buatlah membaca bagian penting dari kehidupan anak-anak Anda. Biarkan mereka membaca menu, nama film, tanda pinggir jalan, panduan permainan, laporan cuaca, dan informasi sederhana lainnya yang Anda temukan sehari-hari. Selalu pastikan anak-anak Anda memiliki sesuatu untuk dibaca di waktu senggang mereka.

Biarkan mereka memilih apa yang mereka baca

Mengajarkan anak rajin membaca tidak hanya sekedar memberikan buku bacaan untuk mereka baca. Biarkan mereka memilih buku atau materi bacaan yang akan mereka baca. Dengan memilih sendiri buku yang mereka baca, anak akan lebih semangat untuk melakukannya sendiri.

Selain itu, Anda juga perlu membantu anak dalam memilih buku yang sesuai usia anak dengan topik yang menarik minat mereka untuk memicu hasrat membacanya.

Manfaatkan aplikasi pada gadget Anda

Umumnya anak akan lebih sering menggunakan gadget sebagai sarana bermainnya atau untuk menonton video anak-anak. Namun, biasakan anak menggunakan gadget untuk mengunduh aplikasi bacaan yang dapat dijadikan sarana membaca anak. Anda juga bisa memantau bacaan apa saja yang anak gemari.

Tunjukkan ketertarikan Anda pada bacaan anak

Tanggapan atau respon Anda terhadap hobi membaca anak memiliki efek kuat pada seberapa keras mereka akan berusaha menjadi pembaca yang baik. Selalu ingat untuk memberi mereka pujian yang tulus atas usaha mereka.

Anda bisa meminta anak menceritakan kembali buku yang sudah dibacanya, untuk menunjukkan rasa ketertarikan Anda terhadap apa yang anak Anda baca.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

5 Kebiasaan Baik Sebelum Tidur yang Harus Diajarkan Pada Anak Sejak Kecil

Membiasakan cukup tidur 10 jam setiap malam saja tidak cukup, lho! Agar bisa lebih terhindari dari penyakit, ajarkan 5 kebiasaan ini sebelum anak tidur.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Kesehatan Anak, Parenting, Tips Parenting 05/09/2018 . Waktu baca 5 menit

7 Manfaat Membacakan Dongeng Sebelum Tidur untuk Tumbuh Kembang Anak

Meski si kecil belum tentu mengerti apa yang Anda bicarakan, membacakan dongeng sebelum tidur bagi anak tetap bermanfaat buat masa depannya. Apa saja?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Parenting, Tips Parenting 26/11/2017 . Waktu baca 6 menit

6 Alasan Kenapa Ortu Perlu Rutin Membacakan Dongeng untuk Anak

Membacakan dongeng anak sebelum tidur sebaiknya dijadikan kebiasaan bagi setiap keluarga Indonesia. Ada banyak manfaatnya untuk si kecil, lho!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Parenting, Tips Parenting 09/10/2017 . Waktu baca 6 menit

Apakah Membaca Dalam Gelap Membuat Mata Rusak?

Sejak kita kecil, orangtua mungkin sudah sering melarang kita membaca di dalam gelap karena akan merusak mata. Tapi, apakah memang benar?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 11/09/2016 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

belajar membaca anak sd

Belajar Membaca pada Anak SD, Perlu Memerhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 03/05/2020 . Waktu baca 11 menit
membaca sambil tiduran

Nyaman, Sih, Tapi Ini Bahayanya Jika Membaca Sambil Tiduran

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 04/04/2019 . Waktu baca 4 menit
motivasi belajar anak

Simak Baik-Baik, Ini 5 Langkah Ampuh Meningkatkan Motivasi Belajar Anak di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 06/02/2019 . Waktu baca 6 menit
cara mengatasi gangguan belajar anak

8 Cara Terbaik untuk Mengajarkan Anak Membaca

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16/01/2019 . Waktu baca 6 menit