Manfaat dan Dosis Konsumsi Minyak Ikan untuk Anak yang Tepat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 24 September 2020 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Pernahkah memberikan minyak ikan untuk si kecil atau Anda sendiri pernah mengonsumsinya saat masih kecil? Minyak ikan memang memiliki banyak manfaat untuk anak, orang dewasa, sampai ibu hamil. Minyak ikan juga salah satu kandungan yang sangat populer dipakai untuk suplemen tambahan di berbagai negara. Lalu, apa itu minyak ikan dan seperti apa manfaat suplemen ini untuk si kecil? Berikut penjelasannya.

Apa itu minyak ikan?

Mengutip dari Mayo Clinic, minyak ikan merupakan sumber makanan mengandung asam lemak omega 3 yang dibutuhkan tubuh dan berfungsi untuk banyak hal. Mulai dari aktivitas otot sampai pertumbuhan sel. Ini yang membuat Anda perlu memenuhi kebutuhan omega 3 pada anak.

Asam lemak omega 3 hanya bisa didapat dari makanan, zat ini tidak dapat diproduksi di dalam tubuh. Minyak ikan mengandung dua omega 3 yang disebut Docosahexaenoic Acid (DHA) dan Eicosapentaenoic acid (EPA).

Pilihan ikan dengan kandungan omega-3 terbaik adalah ikan yang mengandung lemak tinggi. Sebagai contoh, salmon, ikan asin, sarden (bukan yang dikemas), dan ikan haring.

Ada beberapa manfaat omega 3 dan omega 6 untuk anak. Omega-3 asam lemak sangat penting untuk mata agar dapat bekerja dengan baik dan berguna untuk beberapa bagian otak yang digunakan untuk mengingat, belajar, serta mempertimbangkan. Kekurangan omega-3 dapat membuat beberapa fungsi ini melemah.

Omega-3 dapat menurunkan peradangan tubuh dan mencegah beberapa penyakit kronis. Hal ini dikemukakan oleh David C. Leopold, MD, direktur pendidikan kedokteran integratif di Scripps Center for Integrative Medicine, San Diego yang dikutip dari WebMD

Dalam satu sendok teh atau 4 ml minyak ikan mengandung:

  • 40,6 kalori
  • 4,5 gram lemak
  • 1084 miligram (mg) asam lemak omega 3
  • 9,6 miligram (mg) asam lemak omega 6

Anda bisa melihat di keterangan kemasan minyak ikan untuk diberikan pada si kecil.

Apa saja manfaat minyak ikan untuk anak?

Minyak ikan memiliki banyak manfaat untuk semua usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa, ibu hamil, sampai lansia. Khusus untuk anak, berikut manfaat minyak ikan yang bisa dirasakan oleh si kecil:

1. Bermanfaat untuk anak ADHD

Fakta anak dengan ADHD yang perlu diketahui orangtua adalah, kemungkinan tubuhnya kekurangan level omega-3 pada tubuh normal mereka.

ADHD adalah singkatan dari attention-deficit hyperactivity disorder yang merupakan gangguan perkembangan saraf di masa kanak-kanak. Kondisi ini membuat orangtua perlu mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf anak.

Lalu, apa manfaat minyak ikan untuk kesehatan mental anak? Omega 3 mampu mengatasi masalah suasana hati atau mood dan kesehatan mental seseorang.

Dalam Journal of Child Neurology pada tahun 2012 menunjukkan bahwa mengonsumsi omega 3, khususnya DHA, mampu meningkatkan kerja otak dan perilaku pada anak ADHD.

Minyak ikan dipercaya mampu bekerja untuk fungsi otak, mengingat di dalam otak mengandung 60 persen lemak tak jenuh ganda omega 3 dan omega 6. Studi tersebut melibatkan anak-anak usia 6-12 tahun dengan kondisi ADHD.

Selain pada minyak ikan, Anda juga bisa menemukan omega 3 dan omega 6 pada sayuran berdaun gelap, kenari, dan biji rami.

Masih dari studi yang sama, ketika anak ADHD mengonsumsi minyak ikan, kemungkinan efek yang akan dirasakan meliputi:

  • Mengubah perilaku
  • Mengurangi hiperaktivitas
  • Membantu meningkatkan perhatian pada anak di bawah usia 12 tahun

Namun, tetap konsultasikan ke dokter untuk informasi dosis dan manfaat lebih lanjut.

2. Mencegah gangguan kecemasan dan depresi

Studi yang berjudul Omega 3 Polyunsaturated Fatty Acids and the Treatment of Depression menunjukkan bahwa ada banyak bukti yang menunjukan tentang asam lemak omega 3.

Dalam penelitian disebutkan bahwa asam lemak omega 3 di dalam minyak ikan berperan dalam mengatasi kecemasan dan depresi.

Studi tersebut menunjukkan bahwa minyak ikan bermanfaat untuk mengurangi gejala depresi pada anak dan plasebo.

3. Membantu mengurangi risiko diabetes pada anak

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Brain Research, minyak ikan membantu mengurangi risiko si kecil mengalami diabetes dan penurunan perkembangan kognitif.

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa minyak ikan membantu menjaga sel hippocampus dari kerusakan dan mengurangi stres oksidatif yang menjadi penyebab dari komplikasi diabetes tipe dua pada anak. Komplikasi yang dimaksud yaitu mikrovaskuler dan kardiovaskular. 

Apakah suplemen minyak ikan aman untuk anak?

Suplemen minyak ikan aman untuk dikonsumsi, tapi Anda bisa mendapatkan omega 3 yang ada di dalam minyak ikan untuk anak dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Jika Anda ingin memberikan suplemen tambahan minyak ikan, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Kandungan omega-3 dalam minyak ikan bukanlah alternatif obat, tetapi merupakan makanan pendamping. 

Minyak ikan tinggi akan DHA dan EPA yang baik untuk kesehatan anak. Beberapa makanan yang mengandung minyak ikan dan DHA yang tinggi adalah:

Kelompok ikan makarel

Makarel merupakan sebutan untuk ikan laut, seperti tenggiri dan kembung. Kedua ikan ini selain mengandung minyak ikan yang tinggi, juga kaya vitamin B12 dan selenium yang baik untuk sistem kekebalan tubuh si kecil. 

Salmon

Sudah bukan rahasia lagi kalau ikan yang satu ini mengandung minyak dan DHA yang tinggi. Dalam 100 gram salmon, terkandung 2260 miligram omega 3.

Ikan teri

Ukurannya memang sangat kecil, tapi ikan teri mengandung banyak manfaat untuk anak. Dalam 100 gram ikan teri terkandung 2113 miligram omega 3. Selain kaya nutrisi, ikan teri juga mudah ditemukan di pasar tradisional dan bisa diolah menjadi beragam masakan.

Dosis minyak ikan yang direkomendasikan untuk anak

Kebutuhan minyak ikan untuk anak bergantung pada usia dan jenis kelaminnya. Kalau Anda membeli suplemen minyak ikan tambahan, ikuti instruksi yang tertera pada kemasan.

Berdasarkan National Institutes of Health asupan lemak omega 3 yang disarankan yaitu:

  • Anak usia 0-12 bulan: 0,5 gram
  • Anak usia 1-3 tahun: 0,7 gram
  • Anak usia 4-8 tahun: 0,9 gram
  • Anak perempuan 9-13 tahun: 1 gram
  • Anak laki-laki 9-13 tahun: 1,2 gram
  • Anak perempuan 14-18 tahun: 1,1 gram
  • Anak laki-laki 14-18 tahun: 1,6 gram

Anak bisa mendapatkan minyak ikan dan omega 3 dari berbagai macam makanan, seperti ikan berlemak, kacang-kacangan, dan minyak nabati. Tambahkan berbagai sumber makanan ini dalam menu makanan anak untuk meningkatkan asupan nutrisi yang dikonsumsinya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal ASI: Jenis, Warna, Kandungan, dan Kebutuhan Harian untuk Bayi

Ada beberapa jenis ASI dengan warna, kandungan, hingga tekstur kental dan cair yang berbeda. Sudah tahukah apa perbedaan dan berapa kebutuhan ASI bayi?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Bayi, Parenting, Menyusui 16 Oktober 2020 . Waktu baca 14 menit

Peran Penting Nutrisi dalam Pertumbuhan Tinggi Badan Anak

Nutrisi memiliki peran penting membantu pertumbuhan tinggi badan anak. Simak selengkapnya dan cari tahu standar tinggi badan anak Indonesia di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
asupan nutrisi yang baik membantu pertumbuhan tinggi badan anak
Parenting, Nutrisi Anak 1 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit

Kwashiorkor, Masalah Gizi yang Ditandai dengan Rambut Berwarna Kuning Seperti Jagung

Kwashiorkor adalah kondisi kurang gizi pada anak yang bisa mengakibatkan kematian bila tidak segera ditangani. Berikut ulasannya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Penyakit Pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 29 September 2020 . Waktu baca 14 menit

Serba Serbi Omega-6, Nutrisi Penting untuk Ibu dan Bayi

Tak hanya omega 3, asam lemak omega 6 juga sama pentingnya untuk Ibu hamil dan bayi. Ketahui apa saja manfaat, sumber makanan, serta anjuran mengonsumsinya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
omega 6 untuk ibu hamil
Nutrisi, Hidup Sehat 19 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin untuk anak

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit
antibodi bayi dari sang ibu

Pentingnya Persiapkan Daya Tahan si Kecil Sebelum dan Sesudah Lahir

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 10 November 2020 . Waktu baca 7 menit
omega 3 untuk ibu hamil

Pilihan Sumber Asam Lemak Omega 3 yang Aman untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
makanan tinggi lemak lemak nabati lemak hewani

7 Makanan Tinggi Lemak yang Baik untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Priscila Stevanni
Dipublikasikan tanggal: 3 November 2020 . Waktu baca 4 menit