3 Langkah Jitu Menyajikan Camilan Sehat untuk Anak Sebelum Tidur

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Wajar saja kalau anak sering merasa cepat lapar, padahal ia mungkin baru saja menyantap makan malamnya. Ini karena perut anak masih sangat kecil sehingga ia tidak mampu menampung banyak makanan sekaligus. Nah, di sinilah pentingnya peran para orangtua untuk memberikan camilan untuk anak di sela-sela jam makannya supaya anak tidak kelaparan, termasuk menjelang tidur.

Kenapa harus memberikan camilan untuk anak sebelum tidur?

tinggi badan bertambah saat anak tidur

Berikan si kecil kesempatan untuk ngemil sebelum tidur, sekalipun ia tidak memintanya. Pasalnya, camilan sehat yang diberikan sebelum tidur ternyata dapat membantu agar anak tidur nyenyak.

Di dalam tubuh anak terdapat hormon leptin dan ghrelin, dua hormon yang mengendalikan rasa lapar. Saat anak makan camilan di malam hari, hormon leptin akan mengirimkan sinyal ke tubuh untuk menekan hormon ghrelin alias hormon lapar sehingga si kecil merasa kenyang.

Sebaliknya, jika anak tidak mendapatkan asupan makanan yang cukup di malam hari, hormon leptin akan melepaskan hormon ghrelin yang lebih banyak sehingga anak jadi merasa lapar. Akibatnya, anak akan sering terbangun di tengah malam dan sulit tidur nyenyak karena kelaparan.

Dikutip dari Today Parenting, memberikan camilan untuk anak sebelum tidur juga membuatnya lebih kooperatif di pagi hari. Kalau biasanya si kecil susah dibangunkan, sekarang Anda tak perlu tarik urat lagi saat membangunkannya. Anak pun akan lebih siap berangkat ke sekolah dengan hati yang ceria.

Tips menyediakan camilan sehat untuk anak sebelum tidur

camilan untuk anak

Meskipun memberikan camilan sehat sebelum tidur itu baik untuk kesehatan anak, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah memberikan camilan untuk anak dapat meningkatkan risiko obesitas pada anak, lho.

Untuk menghindarinya, yuk ikuti panduan aman memberikan camilan untuk anak sebelum tidur berikut ini.

1. Berikan setelah anak makan malam

Jangan sesekali memberikan camilan untuk anak pada jam makan malamnya. Ini akan membuat anak lebih tertarik untuk ngemil dan kenyang duluan sebelum sempat makan. Biarkan perut anak mencerna makanannya terlebih dahulu, barulah 1 atau 2 jam setelahnya Anda boleh memberikan camilan untuk anak.

2. Hindari memberikan makanan manis

Banyak orangtua yang berpandangan bahwa camilan adalah makanan manis seperti permen, kue, cookies, dan sebagainya. Hal ini sebenarnya tidak tepat, karena makanan manis justru tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan anak Anda.

Coba ingat-ingat lagi makanan apa saja yang sudah Anda berikan untuk si kecil hari ini. Apakah ia melewatkan makan buah saat siang hari? Jika iya, berikan buah-buahan sebagai camilan untuk anak sebelum tidur. Begitu pula jika si kecil kurang makan sayur, berikan wortel atau kentang rebus favorit anak sebagai camilannya.

3. Lakukan dengan konsisten

Untuk membentuk pola makan yang sehat dan teratur, buatlah jadwal ngemil yang konsisten untuk si kecil. Jika Anda terbiasa memberikan camilan satu jam setelah anak makan malam, lakukan hal yang sama di hari-hari berikutnya. Ini akan melatih tanggung jawab si kecil dan memberitahukannya kapan boleh ngemil dan kapan harus berhenti ngemil menjelang tidur.

Apa saja jenis camilan untuk anak yang cocok diberikan sebelum tidur?

camilan sehat untuk balita

Setelah mengetahui tips dan trik memberikan camilan untuk anak sebelum tidur, sekarang saatnya Anda memahami jenis camilan yang tepat untuk anak. Bukan cuma menjamin si kecil bisa tidur lebih nyenyak, Anda pun tak perlu khawatir anak akan berisiko obesitas karena kebanyakan ngemil.

Makanan tinggi karbohidrat, seperti kraker gandum dan roti, adalah jenis camilan untuk anak yang paling baik. Elizabeth Pantley, penulis The No-Cry Sleep Solution for Toddlers and Preschoolers, mengungkapkan bahwa makanan tinggi karbohidrat mengandung triptofan, zat kimia pemicu tidur yang dapat membuat tubuh anak jadi lebih rileks menjelang tidur.

Selain itu, makanan tinggi kalsium juga baik untuk diberikan sebagai camilan pengantar tidur. Tidak hanya membantu menguatkan tulang dan gigi anak, camilan ini juga dapat membantu anak Anda merasa kenyang dan siap untuk tidur. Berikan sepotong pisang keju, buah ceri, secangkir yogurt rendah gula, atau segelas susu yang tinggi kalsium sebagai camilan untuk anak sebelum tidur.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca