Asupan Lemak yang Sesuai dalam Menu Makanan Harian Anak

Oleh Data medis direview oleh Hello Sehat Medical Review Team.

Paksaan maupun larangan pada anak untuk memakan sesuatu tidak akan membuahkan hasil. Semakin dilarang, anak biasanya akan semakin menginginkan makanan tersebut.

Orangtua dan anak bebas menikmati beragam makanan dan minuman, tapi dengan cara yang bijaksana. Hindari mengkonsumsi salah satu jenis makanan secara berlebihan. Mengkonsumsi permen dan makanan ringan tinggi lemak sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan dalam batas yang wajar.

Pola makan sehat untuk kesehatan jantung harus dimulai sejak usia dini. Tugas orangtua adalah membatasi jumlah lemak total, lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol yang biasanya tidak dianjurkan untuk anak di bawah usia 2 tahun. Lemak merupakan nutrisi penting untuk anak. Anak-anak membutuhkan asupan lemak dengan takaran yang pas untuk memasok energi atau kalori pada masa pertumbuhan.

Bahaya asupan lemak yang tinggi

Konsumsi lemak berlebih, terutama lemak jenuh, dapat menimbulkan masalah kesehatan termasuk penyakit jantung. Lemak jenuh berbentuk padat dalam suhu ruangan. Biasanya, lemak ini ditemukan pada daging berlemak (seperti daging sapi, daging babi, daging sapi muda, dan domba) serta berbagai produk susu (seperti susu murni, keju, dan es krim).

Oleh sebab itu, anak berusia di atas 2 tahun harus diberi asupan makanan rendah lemak dan lemak jenuh.

Berikut adalah daftar makanan sehat, rendah lemak, dan rendah kolesterol, untuk anak-anak berusia di atas 2 tahun:

  • Unggas
  • Ikan
  • Daging tanpa lemak (dibakar atau dipanggang; bukan digoreng)
  • Margarin (bukan mentega)
  • Produk susu rendah lemak
  • Minyak sayur
  • Membatasi konsumsi telur

Aturan umum tentang lemak

Sebagai pedoman, asupan lemak tidak melebihi 30% dari total kalori, di mana tidak lebih atau kurang dari sepertiga kalori lemak jenuh dan sisanya dari lemak tak jenuh (polyunsaturated atau monounsaturated). Lemak tak jenuh berbentuk cair pada suhu ruangan dan biasa ditemukan dalam minyak nabati seperti jagung, safflower, bunga matahari, kedelai, dan zaitun.

Beberapa orangtua keliru membedakan berbagai jenis lemak. Secara umum, minyak dan lemak yang berasal dari hewan merupakan lemak jenuh. Mulailah pola makan jantung sehat dengan mengurangi jumlah berbagai makanan berlemak dalam menu keluarga.

Catatan: Susu murni dianjurkan untuk anak-anak usia 12-24 bulan. Namun, dokter mungkin menganjurkan susu rendah lemak (2%) apabila anak mengalami obesitas/kelebihan berat badan, atau jika ada riwayat keluarga kolesterol tinggi atau penyakit jantung. Periksakan anak Anda ke dokter atau ahli gizi sebelum memutuskan untuk beralih ke produk susu rendah lemak.

Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda
untuk memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan Kami siap memandu Anda dalam perjalanan sebagai orangtua. Email pertama untuk Anda akan segera dikirim. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Pantau Perkembangan Anak Anda Dapatkan update mingguan di email Anda untuk membantu memantau perkembangan si kecil.
Error message goes here
Daftar
*Dengan mendaftar, saya setuju dengan Syarat & Ketentuan Hello Sehat.
Anak anda: [num] bulan We are excited to guide you on your parenting journey. Your first email will arrive shortly. Silakan klik tautan yang sudah kami kirim ke email Anda sebagai konfirmasi bahwa alamat email Anda sudah benar.
Sebelum mulai, silakan baca ini dulu:
Yang juga perlu Anda baca