Mengetahui Pembuluh Darah Mana yang Dipengaruhi oleh Stroke

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Stroke adalah penurunan suplai darah ke suatu bagian otak. Oksigen dan nutrisi bergerak di dalam darah, sehingga berkurangnya suplai darah menghalangi oksigen dan nutrisi yang diperlukan otak. Hal ini menyebabkan hilangnya fungsi bagian otak yang disuplai oleh pembuluh darah tertentu. Stroke muncul sebagai sekelompok gejala yang diakibatkan oleh hilangnya fungsi bagian otak.

Gejala stroke bisa menunjukkan bagian otak mana yang dipengaruhi

Bagian otak yang terkena stroke merespon pembuluh darah tertentu. Bila pembuluh darah tersumbat atau rusak karena kebocoran atau pecah, ini menyebabkan lambatnya suplai darah atau berhentinya suplai darah. Pembuluh darah yang mensuplai otak merespon bagian otak tersebut dengan mengikuti pola yang jelas. Beberapa bagian di otak dapat menerima darah dari lebih dari satu pembuluh darah, tetapi biasanya salah satu pembuluh darah merupakan pemasok sebagian besar darah pada bagian otak tertentu.

Jenis pembuluh darah apa yang dapat dipengaruhi oleh stroke?

Pembuluh darah otak kita, yang mungkin akan terpengaruh oleh stroke, antara lain:

Arteri karotis

Arteri karotis terletak di depan leher dan menyediakan sebagian besar pasokan darah ke otak, khususnya bagian depan otak. Arteri karotis berada di leher, sehingga mereka lebih mudah diakses daripada pembuluh darah di otak itu sendiri. Hal ini memungkinkan dokter untuk mengevaluasi kesehatan arteri karotis menggunakan peralatan seperti USG untuk melihat apakah arteri karotis mengalami penyempitan atau memiliki penumpukan kolesterol jumlah besar. Arteri karotis juga jauh lebih mudah diakses untuk perbaikan bedah daripada pembuluh darah yang terletak jauh di dalam otak.

Arteri vertebralis

Arteri vertebralis terletak di bagian belakang leher dan menyuplai darah ke bagian belakang otak. Arteri vertebralis menyediakan darah ke bagian otak yang relatif kecil, batang otak, tetapi itu adalah bagian dari otak, yang mengontrol fungsi pendukung kehidupan seperti bernafas dan mengatur jantung.

Arteri basilar

Arteri basilar adalah penggabungan dari arteri vertebralis dan jauh lebih dalam di otak. Ini menyediakan darah ke otak, yang mengontrol gerakan mata dan fungsi pertahanan kehidupan.

Arteri serebral anterior

Arteri serebral anterior kiri dan kanan adalah cabang dari arteri karotis kiri dan kanan, masing-masing, dan mereka memberikan darah ke bagian frontal otak, yang mengontrol perilaku dan pikiran.

Arteri serebral tengah

Arteri serebral tengah adalah cabang dari arteri karotis kiri dan kanan. Arteri serebri memberikan suplai darah ke bagian otak yang mengontrol gerakan. Ada satu arteri serebri di sisi kiri otak dan satu di sisi kanan otak.

Arteri serebral posterior

Arteri serebral posterior adalah cabang dari arteri basilar. Arteri serebral posterior kanan mensuplai darah ke bagian jauh di belakang otak kanan dan arteri serebral posterior kiri memberikan darah ke bagian belakang otak kiri.

Posterior communicating artery

Posterior communicating artery memungkinkan darah mengalir di antara arteri serebral posterior kanan dan kiri. Ini memberikan efek perlindungan. Ketika salah satu arteri serebral posterior menjadi sedikit lebih sempit, posterior communicating artery dapat mengimbangi penyempitan ringan dengan menyediakan darah dari sisi lain, seperti terowongan atau jembatan.

Anterior communicating artery

Anterior communicating artery menghubungkan antara arteri serebral anterior kanan dan kiri. Pembuluh darah ini, seperti posterior communicating artery, menyediakan jalur antara arteri serebral anterior kanan dan kiri, yang menawarkan efek perlindungan untuk penyempitan ringan pada salah satu sisi dengan memungkinkan berbagi suplai darah dari sisi lain.

Arteri optalmik

Arteri optalmik menyuplai darah ke mata dan karena itu memberikan nutrisi penting untuk penglihatan dan gerakan mata.

Arteri retina

Arteri retina adalah pembuluh darah kecil yang menyediakan darah ke suatu bagian kecil tapi sangat penting dari mata yang disebut retina.

Apa perlunya mengetahui pembuluh darah yang terpengaruh?

Ketika bagian otak kekurangan suplai darah yang cukup, stroke dapat terjadi. Kombinasi gejala akan membantu dokter menentukan lokasi stroke dan juga mencari tahu pembuluh darah yang terpengaruh. Hal ini dapat membantu untuk pengobatan jangka panjang dan jangka pendek serta rencana pemulihan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Abses Hati

Abses hati adalah kantung nanah yang terbentuk di hati karena infeksi dan dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani segera.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 6 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Uretrotomi

Uretrotomi adalah sebuah prosedur untuk memperlancar aliran urine. Pelajari lebih lanjut tentang definisi, proses, dan risikonya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Urologi, Kandung Kemih 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Azoospermia (Air Mani Tidak Mengandung Sperma)

Sekiranya 15% pria yang tidak subur disebabkan oleh azoospermia. Jika Anda belum juga punya momongan setelah tahunan berusaha, bisa jadi ini penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Aldosteron

Tes kadar aldosteron dalam darah dapat dilakukan saat kesulitan mengontrol tekanan darah. Simak definisi, proses, dan penjelasan hasil testnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan, Tes Kesehatan A-Z 4 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit degeneratif

Mengenali Jenis-jenis Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Alfa-Amilase

Alfa-Amilase

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Anion Gap

Anion Gap

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 9 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit