Yogurt Masih Aman untuk Anak Dengan Intoleransi Laktosa, Tapi Ada Syaratnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 24/10/2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Yogurt dikenal sebagai makanan probiotik yang baik untuk kesehatan tubuh. Bukan cuma orang dewasa, anak-anak juga bisa makan yogurt sebagai camilan sehat. Namun, masih banyak orangtua yang bertanya-tanya, bolehkah memberikan yogurt untuk anak dengan intoleransi laktosa? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Manfaat yogurt untuk kesehatan anak

makan yogurt saat hamil

Selain susu, yogurt adalah sumber makanan dengan protein dan kalsium yang tinggi. Kandungan nutrisi pada yogurt tidak jauh berbeda dengan susu karena sama-sama terbuat dari susu sapi atau sari kacang kedelai. Bedanya, yogurt memiliki tekstur yang lebih kental dibanding susu cair. Selain protein dan kalsium, yogurt mengandung vitamin A, fosfor, kalium, dan vitamin B2.

Pada proses pembuatannya, yogurt ditambahkan bakteri baik yang sehat untuk sistem pencernaan. Beberapa bakteri yang sering ditambahkan antara lain Lactobacillus acidophilus, Bifidobacteria bifidus dan Lactococcus paracasei.

Adanya bakteri tersebut pada yogurt mampu mengembalikan keseimbangan bakteri baik dan buruk agar sistem pencernaan tetap sehat. Manfaat ini membuat anak terhindar dari berbagai gangguan pencernaan, seperti diare atau penyakit yang menyerang usus.

Bolehkah memberikan yogurt untuk anak dengan intoleransi laktosa?

yogurt untuk anak

Yogurt umumnya aman dikonsumsi anak-anak, bahkan untuk bayi usia 9 sampai 12 bulan. Pada usia tersebut mereka sudah mulai belajar makanan padat selain ASI, boleh diberikan yogurt. Namun, bagaimana jika anak memiliki intoleransi laktosa?

Intoleransi laktosa adalah kondisi tubuh yang tidak mampu mencerna laktosa, yaitu jenis gula yang ada pada susu atau produk susu. Saat masuk ke tubuh, enzim laktase seharusnya memecah laktase menjadi gula sederhana, seperti galaktosa dan glukosa sebagai bahan energi.

Namun pada orang dengan intoleransi laktosa, laktosa akan menumpuk di usus kecil karena tidak dicerna dengan baik. Akibatnya, laktosa akan masuk ke usus besar dan bakteri usus akan mengurai laktosa sehinga menimbulkan berbagai gejala, seperti mual, diare, sakit perut, kembung, atau kram.

Jika buah hati Anda memiliki intoleransi laktosa, memerhatikan asupan makanan atau minuman yang mengandung laktosa itu penting untuk menghindari munculnya gejala. Meski yogurt termasuk produk susu, ternyata anak dengan intoleransi laktosa boleh mengonsumsi makanan ini. Kok bisa?

Yogurt mengandung laktosa yang lebih rendah daripada susu. Pasalnya, bakteri yang ditambahkan pada yogurt sudah mengubah laktosa jadi asam laktat. Ini membuat sistem pencernaan dalam tubuh jadi lebih mudah untuk memecah laktosa dan tidak memicu munculnya gejala.

Yogurt aman bagi anak dengan intoleransi laktosa, jika…

greek yogurt

Manfaat yogurt untuk anak sebagai camilan untuk tidak ingin Anda lewatkan. Namun, camilan sehat ini juga bisa berisiko jika sembarangan diberikan, terutama untuk anak dengan intoleransi laktosa. Jadi, Anda harus memilih jenis yogurt yang tepat dan asupannya pun tetap diawasi. Asupan laktosa untuk anak yang memiliki kondisi ini tidak boleh lebih dari 10 gram per hari.

Yogurt di pasaran biasanya mengandung pemanis tambahan, pewarna, dan pengental. Untuk anak dengan intoleransi laktosa, sebaiknya memilih greek yogurt yang lebih kental. Greek yogurt mengandung kurang dari 6,8 gram laktosa untuk porsi yogurt ukuran 600 gram. Sementara yogurt tanpa lemak mengandung 14 gram laktosa dan yogurt biasa mengandung 8,5 gram laktosa dalam porsi yang sama.

Kemudian, perhatikan juga cara pemberian yogurt untuk anak. Yogurt sebaiknya diberikan dalam porsi kecil secara bertahap, bukan langsung banyak sekali makan. Konsultasikan kepada dokter sebelum memberikan yogurt untuk buah hati Anda jika memiliki kondisi tertentu, termasuk intoleransi laktosa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Nikmati Buka Puasa Anda dengan 3 Aneka Kreasi Olahan Yoghurt Ini

Bagi para pecinta yogurt dan ingin tetap mengonsumsinya saat Ramadan, yuk ikuti beberapa aneka kreasi olahan yogurt untuk buka puasa yang lebih segar.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hari Raya, Ramadan 18/04/2020 . Waktu baca 6 menit

Di Balik Rasanya yang Lezat, Ini Manfaat Cream Cheese untuk Kesehatan

Manfaat keju krim dapat mendatangkan kesehatan jika tidak dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu menangkal peradangan.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 26/11/2019 . Waktu baca 4 menit

Apakah Susu Rendah Laktosa Aman Buat Orang yang Tidak Bisa Minum Susu?

Orang-orang yang memiliki intoleransi laktosa tidak bisa mengonsumsi susu. Lantas, apa bisa mengganti susu sapi biasa dengan susu rendah laktosa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/11/2019 . Waktu baca 5 menit

Berbagai Penyebab dan Faktor Risiko Anda Mengalami Intoleransi Laktosa

Sakit perut yang sering muncul sehabis Anda minum susu atau makan eskrim adalah tanda intoleransi laktosa. Apa, sih, penyebab intoleransi laktosa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/11/2019 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

frozen yogurt vs es krim sehat mana

Frozen Yogurt Versus Es Krim, Lebih Sehat Mana?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/06/2020 . Waktu baca 5 menit
resep sorbet

Dua Resep Sorbet, Camilan Segar Sehat yang Mudah Dibuat

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 14/06/2020 . Waktu baca 5 menit

Suka Makan Greek Yogurt? 6 Kebaikan Ini yang Akan Anda Dapatkan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . Waktu baca 4 menit
minum susu intoleransi laktosa

Tips Mengonsumsi Susu untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020 . Waktu baca 4 menit