4 Tips Merawat Si Kecil yang Sering Sakit Kepala

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Sakit kepala bukan cuma masalah langganan orang dewasa, tapi anak-anak juga. Bahkan hampir 90% anak-anak melaporkan mengalami sakit kepala lebih sering saat sedang stres dan cemas. Lantas, bagaimana caranya mengobati anak sakit kepala dan mencegahnya kembali kambuh? Yuk, simak cara ampuhnya berikut ini.

Tips merawat anak sakit kepala sekaligus mencegahnya kambuh

Jenis sakit kepala yang paling sering dialami anak-anak adalah sakit kepala tegang (tension headache) dan migrain. Sakit kepala umumnya bisa disebabkan oleh pilek, demam, sinusitis, atau infeksi telinga tengah. Sementara migrain terjadi karena adanya perubahan aktivitas kimia di otak.

Kunci untuk merawat dan mencegah sakit kepala pada anak terjadi kembali adalah:

1. Pastikan anak minum banyak air

menyetir mobil saat haus

Demam sering kali menyebabkan anak dehidrasi. Kedua kondisi tersebut erat kaitannya dengan sakit kepala. Itu kenapa saat demam dan sakit kepala, si kecil harus minum lebih banyak air putih. Anda juga bisa bantu memenuhi kebutuhan cairannya dengan memberikan jus buah asli, susu, atau sup.

2. Pilah-pilih makan untuk anak

kurang gizi pada anak

Makanan tertentu bisa memicu sakit kepala kembali kambuh, terutama yang mengandung mecin alias MSG. Jadi, makanan yang mengandung MSG tersebut harus dihindari oleh anak.

Pilih sayur dan buah berbagai warna yang diolah dengan cara yang lebih sehat, yaitu direbus atau dipanggang bukan digoreng.

Jangan lupa atur kembali waktu makan si kecil. Jangan sampai ia telat makan atau melewatkan waktu makan. Bicarakan dengan dokter atau ahli gizi jika Anda masih ragu untuk menentukan menu sehat untuk anak. Mengatur pola makan jadi lebih baik dapat menurunkan risiko obesitas pada anak. Anak dengan obesitas diketahui lebih sering mengalami sakit kepala.

3. Siap sedia obat yang tepat

obat batuk anak

Jika sakit kepala disebabkan oleh sinus atau penyakit lainnya yang mudah kambuh, pastikan anak minum obat tepat waktu dan sesuai saran dokter.

Buat catatan mengenai perkembangan kesehatan anak, baik itu keparahan gejala, kapan munculnya gejala, dan gejala apa saja yang dialami oleh anak. Catatan tersebut bisa Anda beri tahukan pada dokter setiap check-up rutin.

Saat sakit kepala muncul, segera baringkan anak dan sangga kepalanya dengan bantal empuk. Jauhkan anak dari suasana yang bising dan terlalu terang. Beri obat pereda sakit kepala seperti paracetamol atau obat lainnya yang diresepkan dokter. Kemudian, kompres kepala anak dengan handuk panas dan dilanjutkan dengan berendam air hangat jika diperlukan.

4. Pastikan anak cukup tidur

anak tidur

Kurang tidur bisa membuat anak memicu sakit kepala atau pusing di esok harinya. Jadi, Anda harus buat jadwal waktu tidur dan bangun tidur.

Kemudian untuk mencegah kambuhnya sakit kepala, Anda perlu memerhatikan aktivitas anak. Beraktivitas fisik di bawah terik matahari dalam waktu yang lama bisa memicu sakit kepala. Jadi, selalu siapkan air minum di dalam tas, payung, atau topi untuk mengurangi paparan sinar matahari.

Jangan sampai si kecil belajar hingga larut malam atau menonton televisi hingga larut. Jika si kecil sering terbangun di malam hari tanpa alasan yang jelas, segera periksa ke dokter. Mungkin buah hati anak memiliki gangguan tidur.

Kapan harus bawa anak ke dokter saat sakit kepala?

Meski umumnya dapat diatasi di rumah, beberapa kondisi yang menyebabkan sakit kepala harus mendapat perawatan dokter. Selain anak sakit kepala, ada gejala lainnya yang menjadi lampu merah bagi Anda untuk membawa anak ke dokter, seperti:

  • Penglihatan memburuk
  • Terus muntah-muntah
  • Otot dan sendi jadi lemah
  • Sakit kepala parah terjadi di belakang kepala
  • Gejala lainnya yang mengganggu tidur anak di malam hari

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gegar Otak

Gegar otak adalah kondisi yang bisa menyebabkan seseorang hilang ingatan. Penasaran dengan kondisi ini? Yuk, baca selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Otak dan Saraf 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Nyeri Kronis

Nyeri kronis adalah jenis penyakit yang menyebabkan kerusakan jaringan yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan hingga menahun. Simak Info Selengkapnya Hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 29 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Sakit Kepala

Sakit kepala adalah keluhan nyeri yang umum. Cari tahu informasi tentang penyebab, gejala, pengobatan, serta cara pencegahannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 28 Desember 2020 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala belakang

Sakit Kepala Belakang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 16 menit