Anak yang Lahir dengan Kaki Bengkok, Dapatkah Disembuhkan?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Clubfoot adalah istilah lain dari kaki pengkor atau kaki bengkok. Ini merupakan jenis cacat bawaan lahir yang menyerang otot dan tulang kaki. Bukannya lurus, anak dengan clubfoot akan memiliki kaki yang menekuk ke dalam bahkan terbalik. Lantas, bisakah bayi dengan kaki bengkok disembuhkan?

Dapatkan kaki bengkok pada bayi disembuhkan?

Clubfoot pada anak bisa menyerang satu atau kedua kaki. Kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit pada area yang terpengaruh. Namun, ketidaknormalan kaki ini dapat menyebabkan anak kesulitan berjalan atau tidak bisa berjalan sama sekali.

Bayi dengan kaki bengkok ditandai dengan tampilan kaki seperti berikut:

  • Kaki dapat diputar seolah bisa terbalik (permukaan kaki berada di bawah dan telapak kaki di atas)
  • Otot betis di kaki biasanya kurang berkembang
  • Kaki dan tumit melengkung ke dalam
  • Otot kaki biasanya tidak berkembang
  • Jika terjadi pada satu kaki, panjangnya kaki akan berbeda dengan kaki satunya

Meski kondisi ini merupakan cacat bawaan, bayi dengan kaki bengkok tetap bisa disembuhkan. Namun, proses penyembuhan dan perawatannya harus dilakukan dengan segera sebelum bayi mulai berdiri dan berjalan.

Pilihan pengobatan kaki bengkok pada bayi

Sumber: NHS

Pengobatan untuk anak dengan cacat kaki ini dapat melalui dua cara, yaitu non-bedah dan pembedahan. Supaya lebih jelas, mari bahas jenis-jenis pengobatannya di bawah ini.

Perawatan non-bedah

Ini merupakan perawatan awal untuk clubfoot pada anak, terlepas seberapa parah kondisinya. Perawatan ini disebut dengan metode ponseti.

Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus yang dapat meregangkan otot dan tulang. Secara bertahap, cara ini dapat memperbaiki kelainan bentuk tulang. Tahapan pengobatan dari metode ponseti yang harus diikuti anak, antara lain:

  • Manipulating and casting. Kaki bayi akan direnggangkan dengan lembut dan diarahkan pada posisi yang benar. Prosesnya akan memakan waktu 6 hingga 8 minggu.
  • Tenotomi achilles. Untuk menyempurnakan posisi kaki ke bentuk yang normal, tenotomi akan dilakukan dengan memotong tendon achilles (urat di bagian tumit). Kemudian, kaki bayi akan digips sementara selama 3 minggu. Pada beberapa kasus, kaki bayi yang bengkok sudah sembuh sepenuhnya.
  • BracingWalaupun sudah terlihat sembuh, kaki bisa kembali bengkok. Untuk itu, bracing diperlukan untuk memastikan kaki tetap berada di posisi yang benar. Bayi akan dipakaikan brace (sepatu bot yang dikaitkan satu sama lain agar tidak bergerak) selama 3 hingga 4 tahun untuk mempertahankan posisi kaki.

Operasi

Meskipun pengobatan non-bedah berhasil, kadang kelainan pada kaki bengkok pada bayi tidak sepenuhnya dapat diperbaiki. Jika ini terjadi, maka proses operasi akan direkomendasikan untuk memperbaiki tendon (urat), ligamen, sendi di kaki, dan pergelangan kaki.

Pembedahan dilakukan dengan mengangkat tendon achilles di bagian belakang pergelangan atau memindahkan tendon yang mengarahkan kaki ke dalam ke posisi yang benar. Prosedur ini disebut dengan transfer tendon tibialis anterior.

Kemudian, operasi rekonstruktif besar akan dilakukan. Operasi ini akan melepaskan beberapa struktur jaringan lunak kaki. Setelah itu, sendi-sendi kaki akan distabilkan dengan pin dan gips panjang.

Dalam 4 hingga 6 minggu, pin dilepas dan gips diganti menjadi lebih pendek. Gips pendek ini digunakan selama 4 minggu.

Setelah operasi, kaki anak mungkin akan menjadi kaku. Untuk itu, bayi dengan kaki bengkok ini perlu menjalani kembali proses non-bedah, yaitu mengikuti proses bracing dalam satu tahun setelah operasi. Dilanjutkan dengan terapi fisik untuk meningkatkan kemampuan berjalan anak.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca