Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Masih Kecil, Kok, Sudah Punya Kantung Mata Hitam? Bagaimana Menghilangkannya?

Masih Kecil, Kok, Sudah Punya Kantung Mata Hitam? Bagaimana Menghilangkannya?

Penuaan, stres, kelelahan, hingga kurang tidur adalah penyebab utama munculnya mata panda pada orang dewasa. Namun kenyataannya, anak kecil juga bisa punya kantung hitam di bawah mata. Bisakah mata panda pada anak dihilangkan?

Kenapa anak kecil bisa punya kantung mata hitam?

Penyebab mata panda pada anak mungkin sedikit berbeda dari orang dewasa. Kebanyakan tidak perlu diwaspadai, tapi mungkin beberapa bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang perlu dicek ke dokter.

Lingkaran hitam di bawah mata anak bisa muncul akibat:

  • Faktor genetik (keturunan)
  • Reaksi alergi
  • Hidung tersumbat
  • Kelelahan
  • Paparan sinar matahari yang berlebihan
  • Kekurangan zat besi (anemia)
  • Dehidrasi
  • Pigmen warna alami kulit memang tidak merata
  • Penyakit kulit seperti eksim dan dermatitis kontak
  • Neuroblastoma (sejenis kanker yang terjadi di sel-sel saraf yang belum sepenuhnya berkembang)

Cara menghilangkan mata panda pada anak

Cara menghilangkan kantung mata pada anak harus berdasarkan apa penyebabnya. Jika disebabkan oleh alergi, segera jauhkan anak dari pemicu alerginya dan berikan obat alergi minum untuk meredakan gejalanya. Apabila mata panda pada anak terjadi akibat kekurangan zat besi, makanan tinggi zat besi adalah solusinya.

Nah, apabila penyebabnya adalah hidung tersumbat karena pilek, kondisi ini bisa membuat pembuluh darah di sekitar hidung dan mata membengkak sehingga membuat warna kulit di bawah mata anak terlihat tampak lebih gelap. Coba minta anak untuk berkumur pakai air garam hangat atau menghirup uap panas untuk melegakan pernapasan. Atau, berikan obat pilek dekongestan yang bisa dibeli di apotek tanpa harus menebus resep.

Lain ceritanya jika si kecil ternyata memiliki eksim di wajah. Rasa gatalnya bisa membuat anak terus mengucek-ngucek matanya sehingga terbentuklah lingkaran hitam. Oleskan krim/salep kortikosteroid dari resep dokter untuk meredakan gatal akibat eksim tersebut. Hindari sabun atau sampo dengan bahan kimia yang dapat makin mengiritasi kulit.

Jika anak Anda sering bermain di luar, kulit akan menggelap akibat paparan sinar matahari. Perubahan warna kulit ini juga bisa terjadi di daerah mata. Untuk mengatasinya sebenarnya tidak ada cara khusus. Warna gelap di bawah mata anak akan hilang sendiri seiring waktu. Namun untuk sementara kurangi dulu waktu bermain di luar rumah guna menghindari paparan sinar matahari langsung ke wajah anak. Oleskan sunblock dan pakaikan topi ketika anak akan ke luar rumah.

Terus awasi anak Anda selama beberapa hari ke depan. Konsultasikan pada dokter anak Anda jika kantung mata anak tak kunjung hilang. Namun, Anda memang tidak bisa berbuat banyak jika mata panda pada anak terbentuk karena pengaruh genetik alias keturunan.

Kapan harus segera ke dokter?

Jika kantung mata anak Anda semakin besar dan warnanya juga semakin gelap, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Selain itu, bawa juga ke dokter jika anak Anda tiba-tiba jadi mendengkur di malam hari, lebih sering bernapas menggunakan mulut dibandingkan hidung, hidung tersumbat, ada tanda-tanda iritasi tak biasa di wajahnya.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Rakhee. 2018. How to Get Rid of Dark Circles Under Eyes in Kids. [Online] Tersedia pada: https://www.momjunction.com/articles/undereye-dark-circles-in-kids_00383604/ (Diakses 29 Oktober 2018)

Lewis Charisa. 2017. What Causes Dark Circles Under Eyes in Children?. [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/26561-causes-dark-circles-under-eyes/ (Diakses 29 Oktober 2018)

Millet Austin. 2017. Are Dark Circles Under My Toddler’s Eyes Normal? [Online] Tersedia pada: https://www.livestrong.com/article/322335-are-dark-circles-under-my-toddlers-eyes-normal/ (Diakses 29 Oktober 2018)

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Damar Upahita
x