Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Halo Para Orangtua, Ini Pilihan Susu Formula Terbaik untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

Halo Para Orangtua, Ini Pilihan Susu Formula Terbaik untuk Bayi Usia 0-6 Bulan

Memilih dan menentukan susu formula terbaik untuk bayi 0-6 bulan memang bukan perkara yang mudah. Sebab, dilansir dari NHS, bayi di bawah usia 6 bulan disarankan untuk mendapat asupan Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif. Namun, ada beberapa kondisi tertentu yang tidak memungkinkan bayi untuk mendapat asupan ASI, sehingga susu formula menjadi jalan alternatif lain. Oleh karena itu, ayah dan ibu harus memilih susu formula dengan kandungan yang tepat.

Cara kami memilih rekomendasi susu formula terbaik untuk bayi 0-6 bulan

susu formula untuk anak

ASI memiliki kandungan penguat imun tubuh yang dapat berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

Kandungan gizi dalam ASI membantu melindungi bayi dari infeksi, gangguan pencernaan, dan penyakit yang biasanya si kecil alami.

Maka dari itu, kami memastikan susu formula yang direkomendasikan juga memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh yang mirip dengan ASI.

Mengutip dari Kids Health, susu formula sebaiknya mengandung kalsium karena bayi berusia kurang 6 bulan membutuhkan asupan kalsium sebanyak 200 mg per hari.

Kandungan kalsium mampu mencegah bayi dari penyakit rakhitis yang dapat memicu pelunakan tulang, penghambat pertumbuhan dan otot lemah.

Asupan kalsium hanya boleh didapatkan dari ASI atau susu formula. Selain itu, susu formula juga sebaiknya memiliki kandungan prebiotik.

Pasalnya, menurut Journal of Nutrition, kandungan prebiotik di dalam produk susu formula dapat menghasilkan efek baik seperti pencegahan diare dan gangguan saluran cerna.

Prebiotik sendiri memiliki sejumlah tipe, contohnya polydextrose (PDX), fructo-oligosaccharides (FOS), dan galacto-oligosaccharides (GOS).

Kandungan prebiotik ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus yang berhubungan dengan sistem imun anak.

7 merek susu formula terbaik untuk bayi 0-6 bulan

Memilih susu formula yang cocok untuk bayi usia 0-6 bulan memang bukan hal mudah.

Sebagai gambaran, berikut ini telah kami rangkum 7 rekomendasi produk susu formula terbaik untuk bayi berusia 0-6 bulan.

1. Bebelove 1

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan prebiotik menjadi salah satu prioritas dalam memilih susu formula bayi.

Susu formula merek Bebelove 1 ini memiliki kandungan FOS (fructo-oligosaccharides) dan GOS (galacto-oligosaccharides) yang membantu perkembangan bakteri baik di usus.

Prebiotik dalam susu formula diklaim dapat membantu menjaga pencernaan bayi dan terhindar dari masalah, seperti diare.

Nomor registrasi BPOM: MD 562209126204

2. S-26 Promil GOLD Tahap 1

S-26 Promil GOLD Tahap 1 merupakan susu formula yang dikhususkan untuk bayi usia 0-6 bulan dan diklaim bisa menjadi makanan pendamping dan juga susu pendamping ASI.

Susu formula dari Wyeth ini memiliki kandungan yang dapat menunjang perkembangan bayi, seperti:

  • asam dokosaheksanoat (DHA),
  • asam arakodinat (AA),
  • asam lemak esensial, dan
  • vitamin.

Cara penyajiannya, rebus air minum sampai mendidih selama 5 menit, lalu diamkan sampai suhunya hangat suam-suam kuku.

Tuangkan air suam-suam kuku ke dalam gelas dan tambahkan bubuk susu sesuai takaran yang dianjurkan, kocok hingga bubuk larut seluruhnya.

Nomor registrasi BPOM: ML 560409001399

3. Blemil 1 Susu Anak

Rekomendasi susu formula selanjutnya berbahan dasar susu sapi yang diklaim telah cocok dengan sistem pencernaan bayi.

Blemil 1 mengandung prebiotik FOS dan nukleotida yang berperan penting dalam perkembangan bayi, seperti:

Mikrobiota usus sangat penting untuk menjaga, mencegah, dan mengobati penyakit pada saluran pencernaan.

Nomor registrasi BPOM: ML 562209003673

4. Nestle NAN KID pH Pro 1 Susu Formula

Tak hanya memberikan nutrisi untuk mendukung periode perkembangan emas otak anak, Nestle NAN PH Pro 1 juga diklaim membantu mengoptimalkan perkembangan fisik bayi.

Nestle NAN pH Pro 1 merupakan susu pertumbuhan pendamping ASI untuk bayi usia 0-6 bulan yang mengandung gizi yang cukup untuk memenuhi nutrisi pada bayi.

Nomor registrasi BPOM: ML 560409032006

5. Nestle Lactogen 1

Susu formula Lactogen ini memiliki nutrisi yang terbilang lengkap untuk membantu perkembangan bayi menjadi lebih sehat dan cerdas.

Kandungan nutrisi penting dalam susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan meliputi:

  • probiotik,
  • asam lemak esensial,
  • prebiotik FOS dan GOS,
  • zat besi, serta
  • 12 vitamin dan 11 mineral.

Kandungan yang lengkap dari susu formula Nestle Lactogen 1 bisa menjadi pilihan untuk orangtua yang ingin menjamin terpenuhinya kebutuhan nutrisi bagi si kecil.

Nomor registrasi BPOM: MD 862213058007

6. Vidoran My Baby Nutriplex Susu Formula

Vidoran My Baby Nutriplex Susu Formula merupakan susu formula yang diperuntukkan khusus bagi bayi berusia 0 hingga 6 bulan.

Susu ini mengandung minyak hati ikan cod yang diformulasikan khusus yang diklaim dapat mencegah penyakit rakhitis (pelunakan tulang).

Penyakit tersebut biasanya terjadi pada usia anak-anak yang membuat tulang kaki bengkok membentuk huruf O atau X.

Nomor registrasi BPOM: MD 862210027209

7. SGM Ananda 1

SGM Ananda 1 merupakan susu formula bayi bubuk khusus untuk bayi usia 0-6 bulan.

Dilengkapi dengan kandungan prebiotik FOS, vitamin dan mineral yang baik untuk daya tahan tubuh si kecil, sehingga produk ini sangat bisa jadi andalan ayah dan ibu.

Nomor registrasi BPOM: MD 860411001116

Demikian rekomendasi produk susu formula untuk bayi usia 0-6 bulan.

Pastikan Ayah dan Ibu memilih susu formula yang kandungan nutrisinya sesuai dengan kebutuhan gizi si kecil.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapat anjuran tepat terkait asupan susu formula.

Orang tua juga harus menilai ada tidaknya gejala alergi setelah konsumsi susu formula pada bayi seperti diare, BAB berdarah, ruam kulit, atau muntah.

Hentikan penggunaan susu jika timbul gejala tersebut lalu konsultasikan kepada dokter anak untuk tata laksana selanjutnya.

Verifying...


Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Benefits of breastfeeding. (2020). Retrieved from https://www.nhs.uk/conditions/baby/breastfeeding-and-bottle-feeding/breastfeeding/benefits/ 

Bottle feeding – nutrition and safety. (2015). Retrieved from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/bottle-feeding-nutrition-and-safety 

Calcium. (2021). Retrieved from https://kidshealth.org/en/parents/calcium.html 

Polydextrose enrichment of infant formula demonstrates prebiotic characteristics by altering intestinal microbiota, organic acid concentrations, and Cytokine expression in suckling piglets. (2012). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/51731889_Polydextrose_Enrichment_of_Infant_Formula_Demonstrates_Prebiotic_Characteristics_by_Altering_Intestinal_Microbiota_Organic_Acid_Concentrations_and_Cytokine_Expression_in_Suckling_Piglets 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang Diperbarui Apr 19
Ditinjau secara medis oleh dr. Fenti Erlianti