home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bagaimana Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi Baru Lahir?

Bagaimana Mengatasi Bibir Kering Pada Bayi Baru Lahir?

Salah satu masalah yang umum dialami bayi baru lahir adalah bibir kering atau pecah-pecah. Masalah ini mungkin tidak begitu serius, tapi bisa membuat ibu merasa tidak nyaman saat bayi menyusu di payudara. Lalu, bagaimana cara mengatasi bibir kering pada bayi baru lahir?

Apa penyebab bibir bayi kering?

Bibir bayi baru lahir yang kering bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Faktor kebiasaan, asupan, dan juga lingkungan turut memengaruhi kelembaban pada bibir bayi. Salah satu penyebabnya adalah karena bayi mengalami dehidrasi. Bayi baru lahir bisa bisa jadi kurang menerima ASI karena ASI belum banyak keluar dari payudara ibu di hari-hari pertama setelah kelahiran.

Cuaca yang panas dan kering juga turut memperburuk kondisi bibir kering pada bayi. Lingkungan sekitar bayi yang panas dan kering dapat membuat bibir bayi mudah kehilangan kelembaban.

Cuaca kering merupakan penyebab yang paling sering mendasari kondisi bibir kering pada bayi. Selain itu, kebiasaan bayi menjilati bibirnya juga bisa membuat bibir bayi tambah kering.

Bibir kering pada bayi mungkin bukan kondisi yang serius, tapi hal ini bisa jadi pertanda adanya masalah kesehatan pada bayi jika terjadi dalam waktu cukup lama.

Kekurangan vitamin tertentu pada bayi dapat menyebabkan bibir bayi kering atau pecah-pecah. Konsumsi terlalu banyak vitamin A juga bisa menjadi penyebab masalah ini. Hal ini tentu mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan masalah kesehatan lain.

Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengobati bibir kering pada bayi?

Bibir kering pada bayi tidak hanya membuat bayi terganggu, tapi juga Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengobati bibir kering pada bayi adalah dengan mengoleskan ASI dengan jari Anda ke bibir bayi. ASI tidak hanya dapat memberikan kelembapan ke bibir bayi Anda, tapi juga dapat mencegah infeksi pada bibir bayi yang pecah-pecah.

Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak kelapa ke bibir bayi. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang juga terkandung dalam ASI. Jika payudara Anda terasa perih, nyeri, atau sakit setelah menyusui bayi, Anda bisa mengoleskan krim khusus atau minyak kelapa pada puting payudara.

Ini yang harus dilakukan untuk mencegah bibir bayi kering

Selain mengobati, Anda tentu perlu mencegah agar bibir bayi tidak terus kering. Hal penting yang harus Anda lakukan adalah memastikan bayi mendapatkan ASI yang cukup.

Perhatikan seberapa banyak dan seberapa sering bayi menyusu. Ingat, semakin sering bayi menyusu, semakin banyak juga ASI yang diproduksi payudara. Hal ini tentu dapat mendorong kelancaran pemberian ASI ke bayi.

Selain itu, kelembapan ruangan juga perlu dijaga. Pastikan suhu di dalam rumah Anda tidak terlalu kering dan panas, sehingga kelembapan kulit dan bibir bayi pun terjaga. Jika bayi harus keluar rumah di saat cuaca sedang cerah atau berangin, tutupi wajah bayi dengan kain yang ringan agar angin atau panas tidak langsung mengenai wajah bayi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gill, Karen. (2017). Newborn Chapped Lips: How to Prevent and Treat. [online] Available at: https://www.healthline.com/health/parenting/newborn-chapped-lips#prevention [Accessed 18 Mar. 2018].

Ketcham, S. (2017). How to Treat Chapped Lips on a Newborn. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: https://www.livestrong.com/article/91911-treat-chapped-lips-newborn/ [Accessed 18 Mar. 2018].

Chapped Lips Causes, Treatments and Home Remedies | Skincarederm. [online] Available at: https://skincarederm.org/dry-skin/chapped-lips-causes-treatments-remedies-in-newborns/ [Accessed 18 Mar. 2018].

Foto Penulis
Ditinjau oleh Arinda Veratamala, S.Gz
Ditulis oleh Arinda Veratamala, S.Gz
Tanggal diperbarui 31/03/2018
x