Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

7 Cara Ampuh Agar Bayi Cepat Tidur pada Malam Hari

    7 Cara Ampuh Agar Bayi Cepat Tidur pada Malam Hari

    Memiliki bayi baru lahir mempunyai tantangan tersendiri. Salah satu masalah yang kerap ditemui orangtua adalah sulit menidurkan bayi termasuk sering terbangun pada malam hari. Bagaimana cara agar bayi cepat tidur dan nyenyak? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

    Cara agar bayi cepat tidur dan nyenyak

    cara agar bayi cepat tidur

    Tahukah Anda kalau ada perbedaan dalam kebutuhan waktu tidur bayi sesuai dengan usianya? Bayi baru lahir akan sering tidur, tetapi waktunya cukup singkat termasuk pada malam hari.

    Maka dari itu, hal ini bisa membuat orangtua kelelahan hingga stres. Mengutip dari Stanford Children’s Health, kemungkinan besar bayi belum bisa membuat pola kapan ia tidur dan bangun sendiri.

    Tak hanya itu saja, tidak semua bayi pun tahu bagaimana cara menidurkan diri sendiri dan bisa kembali tidur saat terbagun pada malam hari.

    Berikut adalah cara yang bisa orangtua lakukan agar si kecil bisa cepat tidur dengan sendirinya sekaligus nyenyak, di antaranya adalah:

    1. Perkenalkan waktu tidur siang dan malam

    Saat berada dalam kandungan, bayi mempunyai siklus tidurnya sendiri sehingga orangtua juga perlu beradaptasi dengan hal ini. Bahkan, ada kemungkinan ia pun tetap terjaga pada malam hari.

    Mengutip dari Kid’s Health, perlu beberapa minggu bagi otak bayi mengetahui perbedaan siang dan malam yang membuat Anda perlu mencari cara agar bayi cepat tidur.

    Pada siang hari, biarkan suara-suara di rumah terdengar oleh bayi dan jangan tutup seluruh gorden kamar tempat ia tidur.

    Sedangkan pada malam hari, sebaiknya orangtua menjaga agar suasana kamar terlihat redup serta hindari mengajaknya bermain. Ini akan memberikan pesan bahwa malam hari adalah waktu untuk tidur.

    2. Biasakan tidur siang

    Jangan membiarkan bayi terjaga pada siang hari dengan tujuan ini menjadi cara agar ia lebih cepat tidur sekaligus nyenyak.

    Padahal, cara ini kemungkinan bisa membuat bayi menjadi terlalu lelah sehingga sulit tidur serta merasa tidak nyenyak pada malam hari.

    Pastikan bahwa bayi tidur siang secara teratur. Namun, perlu diingat bahwa kebiasaan ini kemungkinan dapat berubah ketika bayi sakit, tumbuh gigi, atau saat berpergian.

    Tidur siang untuk bayi sebaiknya tidak lebih dari 3 – 4 jam, terutama tidur siang terakhir dalam satu hari. Hal ini karena tidur siang panjang dapat mengganggu tidur malam bayi.

    3. Perhatikan tanda mengantuk

    Terkadang, orangtua tidak begitu memperhatikan tanda-tanda si kecil sudah mengantuk sehingga membuatnya tetap terjaga karena asik bermain.

    Padahal, mengetahui tanda mengantuk bisa menjadi cara ampuh agar si kecil cepat tidur dalam ruangan nyaman yang sudah Anda siapkan.

    Beberapa tanda ketika bayi sudah mulai mengantuk, seperti menggosok mata, menguap, melamun atau memandang jauh, serta lebih rewel dari biasanya.

    4. Lakukan rutinitas agar cepat tidur

    Jangan lupa bahwa bayi bisa belajar beradaptasi sesuai dengan kebiasaan yang orangtua terapkan, termasuk dalam urusan tidur.

    Salah satu kunci untuk menidurkan bayi terletak pada rutinitas yang Anda terapkan. Berikut adalah beberapa rutinitas yang bisa orangtua lakukan, seperti:

    • Memandikan bayi, lalu memijatnya dengan baby oil.
    • Meredupkan lampu sekaligus menyusui bayi, tetapi tidak berbaring di tempat tidur.
    • Membacakan buku yang menarik sambil berbaring bersama.
    • Nyanyikan lagu pengantar hingga ia terlihat mengantuk.

    Hal ini bertujuan agar anak menyadari transisi saat mereka harus tidur, tetapi tidak cukup sadar untuk membuatnya menangis atau kembali terjaga.

    Mulailah aktivitas ini sebelum bayi mulai terlihat mengantuk di ruangan tenang dan terang. Pastikan memperkenalkannya bahwa ruangan gelap adalah tanda tidur pada malam hari.

    Ini adalah cara agar si kecil cepat tidur sekaligus membuat ia merasa nyaman, aman, serta tertidur lebih nyenyak.

    5. Jangan biasakan tidur sambil menyusu

    Kebiasaan membiarkan bayi terlelap saat sedang menyusu akan berdampak buruk pada kemudian hari. Perlu Anda ketahui bahwa dalam perkembangan bayi, tidak semua bayi dapat lepas dari kebiasaan ini.

    Untuk menghindari kebiasaan buruk tersebut, Anda dapat melepas isapan si kecil dari payudara atau botol susunya tepat sebelum ia terlelap.

    Mulailah kebiasaan ini sedini mungkin, karena kebiasaan tidur bayi akan terbentuk dengan baik saat usia 4 – 6 bulan.

    6. Baringkan saat mengantuk

    Jika Anda sudah mulai melihat tanda mengantuk, ini juga menjadi cara agar bayi tidur dengan nyenyak pada malam hari.

    Baringkan bayi pada tempat tidur saat ia masih terjaga, tetapi sudah mulai sangat mengantuk. Ini akan membantunya untuk mengenal proses tertidur.

    7. Berikan waktu bayi menenangkan diri

    Sebagian orangtua mungkin mengalami ketika akan menaruh bayi ke tempat tidur, tak lama kemudian ia menangis lalu menggendongnya kembali.

    Walaupun sulit, sebaiknya beri ia waktu untuk menenangkan diri sebagai cara agar si kecil tidur cepat dan merasa nyenyak.

    Bayi Anda mungkin rewel atau menangis karena belum menemukan posisi yang tepat dan nyaman. Jika tangisannya belum berhenti, elus pelan si kecil sekaligus mengucapkan kalimat menenangkan.

    Setelah itu, orangtua bisa langsung meninggalkan ruangan sebagai tanda ia bisa tidur dengan sendirinya.

    Sebagian besar bayi akan memiliki pola naik turun dalam mengatur waktu tidur. Salah satu kunci cara agar bayi cepat tidur berada pada rutinitas yang Anda terapkan.

    health-tool-icon

    Pengingat Jadwal Imunisasi Bayi dan Anak

    Gunakan pengingat jadwal ini untuk mempelajari imunisasi apa yang dibutuhkan oleh anak Anda dan kapan waktu tepatnya.

    Apa jenis kelamin anak Anda?

    Laki-laki

    Wanita

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Infant Sleep. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=infant-sleep-90-P02237

    Newborn Sleep Patterns. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/wellness-and-prevention/newborn-sleep-patterns

    Babies and Sleep: What To Expect & Tips | Sleep Foundation. (2020). Retrieved 17 June 2021, from https://www.sleepfoundation.org/baby-sleep

    Sleep and Your Newborn (for Parents) – Nemours KidsHealth. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://kidshealth.org/en/parents/sleepnewborn.html

    Help your baby sleep through the night. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/baby-sleep/art-20045014

    Baby naps: Daytime sleep tips. (2021). Retrieved 17 June 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/baby-naps/art-20047421?pg=1

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Atifa Adlina Diperbarui Aug 16, 2021
    Ditinjau secara medis oleh dr. Damar Upahita
    Next article: