Vitamin D3

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Vitamin D3 Obat Apa?

Untuk apa vitamin D3?

Cholecalciferol, atau vitamin D3 adalah salah satu dari 5 bentuk vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini dapat membantu tubuh Anda menyerap kalsium dan fosfor. Asupan vitamin D, kalsium, dan fosfor penting untuk membangun dan menjaga tulang yang kuat.

Salah satu kegunaan Vitamin D3 adalah untuk mengobati dan mencegah gangguan tulang (seperti rakhitis dan osteomalacia). Vitamin D dibuat oleh tubuh saat kulit terpapar sinar matahari. Tabir surya, pakaian pelindung, paparan sinar matahari yang terbatas, kulit gelap, dan usia dapat mencegah pembentukan vitamin D dari sinar matahari.

Vitamin D3 dengan kalsium digunakan untuk mengobati atau mencegah tulang keropos (osteoporosis). Vitamin D3 juga digunakan dengan obat lain untuk mengobati rendahnya tingkat kalsium atau fosfat yang disebabkan oleh gangguan tertentu (seperti hipoparatiroidisme, pseudohipoparatiroidisme, kelompok hypophosphatemia).

Obat ini juga dapat digunakan pada penyakit ginjal untuk menjaga kadar kalsium yang normal dan memungkinkan pertumbuhan tulang yang normal. Vitamin D3 tetes (atau suplemen lainnya) diberikan kepada bayi yang sedang diberi ASI karena ASI biasanya memiliki kadar vitamin D yang rendah.

Bagaimana cara penggunaan vitamin D3?

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum mengonsumsi vitamin D3 adalah:

  • Minumlah vitamin D seperti yang diarahkan oleh dokter.
  • Vitamin D dapat diserap dengan baik ketika digunakan setelah makan tetapi dapat digunakan dengan atau tanpa makanan.
  • Dosis Anda didasarkan pada kondisi medis Anda, jumlah paparan sinar matahari, diet, usia, dan respon terhadap pengobatan.
  • Takarkan obat cair dengan pipet yang disediakan, atau menggunakan sendok / perangkat penakar obat- untuk memastikan Anda untuk memiliki dosis yang benar
  • Jika Anda mengonsumsi tablet kunyah atau wafer, kunyahlah obat secara menyeluruh sebelum menelannya. Jangan menelan seluruh obat.
  • Obat-obat tertentu (sequestrants asam empedu seperti cholestyramine / colestipol, minyak mineral, orlistat) dapat menurunkan penyerapan vitamin D. Pisahkan penggunaan obat ini selama mungkin dari penggunaan vitamin D (minimal terpisah  2 jam, lebih lama jika mungkin).
  • Paling mudah untuk mengonsumsi vitamin D adalah pada waktu tidur jika Anda juga menggunakan obat lain.
  • Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari jika Anda menggunakannya sekali sehari. Jika Anda minum obat ini hanya sekali seminggu, ingatlah untuk menggunakan pada hari yang sama setiap minggu. Tandai kalender Anda agar Anda ingat.
  • Jika dokter Anda telah merekomendasikan bahwa Anda harus mengikuti diet khusus (seperti diet tinggi kalsium), penting untuk mengikuti diet tersebut agar mendapatkan manfaat dari obat ini dan untuk mencegah efek samping yang serius.
  • Jangan menggunakan suplemen/vitamin lainnya kecuali diperintahkan oleh dokter Anda.
  • Jika Anda merasa Anda mungkin memiliki masalah medis yang serius, segera dapatkan bantuan medis.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan vitamin D3?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Vitamin D3

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis vitamin D3 untuk orang dewasa?

Dosis dewasa biasa untuk insufisiensi (tidak cukup) Vitamin D

  • 600-2000 IU secara oral sekali sehari
  • Dosis maksimal tidak lebih dari 4000 IU per hari

Dosis dewasa biasa untuk defisiensi (kurang) Vitamin D

  • 5000 IU seminggu sekali, selama 8 minggu atau 6000 IU, seminggu sekali, selama 8 minggu
  • Dosis maksimal tidak lebih dari 10000 IU per hari.

Bagaimana dosis vitamin D3 untuk anak-anak?

Dosis anak-anak biasa untuk insufisiensi (tidak cukup) Vitamin D

  • 0-12 bulan: 400 IU sekali sehari
  • 1- 18 tahun: 600 IU sekali sehari

Dosis anak-anak biasa untuk defisiensi (kurang) Vitamin D

  • Hingga usia 1 tahun: 2000 IU, secara oral, sekali sehari, selama 6 minggu atau 50000 IU, secara oral, sekali seminggu, selama 6 minggu
  • Usia 1 – 18 tahun: 2000 IU, secara oral, sekali sehari, selama 6 minggu, atau 50000 IU, secara oral, sekali seminggu, selama 6 minggu

Catatan: Target kadar 25(OH)D dalam darah di atas 30 ng/mL

Dalam dosis apakah vitamin D3 tersedia?

Kesediaan bentuk vitamin D3 adalah:

  • Larutan
  • Wafer
  • Tablet
  • Tablet kunyah
  • Kapsul
  • Kapsul diisi cairan

Efek samping Vitamin D3

Efek samping apa yang dapat dialami karena vitamin D3?

Secara umum, vitamin D aman ketika dikonsumsi secara oral atau diberikan sebagai suntikan ke otot dalam jumlah yang memang disarankan. Kebanyakan orang tidak mengalami efek samping serius ketika mengonsumsi vitamin D, kecuali jika vitamin ini dikonsumsi di luar batas yang disarankan dokter.

Beberapa efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi vitamin D3 adalah:

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Vitamin D3

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan vitamin D3?

Beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengonsumsi vitamin D3 adalah:

  • Jangan gunakan vitamin jika Anda memiliki tingkat kalsium yang tinggi dalam darah (hypercalcemia)
  • Jangan gunakan vitamin jika Anda memiliki tingkat vitamin D yang tinggi dalam tubuh Anda (hypervitaminosis D)
  • Jangan gunakan vitamin jika tubuh Anda sulit untuk menyerap nutrisi dari makanan (malabsorpsi)

Apakah vitamin D3 aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat Vitamin D3

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan vitamin d3?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan vitamin d3?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan vitamin D3?

Beberapa kondisi kesehatan yang mungkin dapat berinteraksi dengan penggunaan vitamin D3 adalah:

Mungkin ada beberapa kondisi kesehatan yang tidak disebutkan di atas. Oleh karena itu, selalu konsultasi ke dokter dan beritahu informasi tentang riwayat kesehatan, alergi, ataupun obat tertentu sebelum Anda mengonsumsi vitamin D3.

Overdosis Vitamin D3

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Fungsi Penting Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Air dibutuhkan oleh seluruh organ dalam tubuh, termasuk ginjal. Lantas, apa fungsi air untuk ginjal? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Makan di luar rumah kini menjadi hal yang tidak biasa saat pandemi COVID-19. Lantas, amankah jika sekarang makan di restoran?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Coronavirus, COVID-19 02/06/2020

Ibu Harus Paham, Ini Penyebab Bayi 6 Bulan Susah BAB

Ada beberapa hal yang perlu dipahami soal penyebab bayi 6 bulan susah BAB. Salah satunya karena peralihan ke MPASI. Tak perlu cemas, ini cara mengatasinya.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda

5 Peran Ayah dalam Membantu Ibu yang Mengalami Depresi Postpartum

Usai melahirkan tidak sedikit ibu yang mengalami depresi postpartum. Bagaimana peran ayah membantu ibu tercinta melewati depresi postpartum?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi

Direkomendasikan untuk Anda

Bagaimana Sesi Konseling Bersama Psikolog dan Psikiater Selama Pandemi

Bagaimana Sesi Konseling Bersama Psikolog dan Psikiater Selama Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
bab anak 2 tahun berwarna hijau

Apakah Normal Jika BAB Anak Usia 2 Tahun Berwarna Hijau?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
perut kembung pada anak

Tips Jitu Atasi Perut Kembung pada Anak

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
potong rambut salon covid-19

Potong Rambut di Salon Saat COVID-19 Ada Aturannya, Lho!

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020