Selain Menambah Nafsu Makan, 3 Suplemen Ini Bisa Menaikkan Berat Badan

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 9 Mei 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Bagi beberapa orang mungkin menaikkan berat badan adalah hal yang mudah, tetapi tidak semua berpikiran sama. Pada beberapa kasus, dibutuhkan pola makan tertentu dan suplemen penambah berat badan agar tujuan mereka berhasil. 

Apa saja zat gizi dalam suplemen yang dapat menambah berat badan seseorang? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Pilihan suplemen penambah berat badan

Bagi orang yang ingin menambah berat badan mungkin didukung oleh beberapa alasan. Entah itu, meningkatkan fungsi keseharian atau ingin lebih menambah massa otot

Masalahnya tidak semua orang dapat menaikkan angka timbangan dengan mudah. Tidak jarang mereka memerlukan suplemen tertentu yang berperan sebagai penambah berat badan seperti berikut.

1. Protein

susu tinggi protein

Salah satu suplemen penambah berat badan yang sangat populer adalah protein. Sudah bukan rahasia umum lagi protein adalah senyawa yang penting untuk menambah massa otot. 

Menurut sebuah penelitian dari jurnal Sports Medicine, suplemen yang mengandung protein dapat menambah massa otot pada orang dewasa yang sering berolahraga. Namun, sangat dianjurkan untuk memperoleh protein dari makanan. 

Walaupun demikian, masih banyak orang yang memandang bahwa suplemen protein sangat membantu mereka untuk menambah berat badan.

Hal ini dikarenakan makanan berprotein cenderung membutuhkan waktu yang laman untuk dikonsumsi dan dicerna. Sedangkan, suplemen protein lebih mudah dimakan di sela-sela jam sibuk. 

Oleh karena itu, banyak beredar suplemen protein yang menawarkan kemudahan bagi mereka yang tidak sempat makan makanan berprotein tinggi. 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa untuk menambah berat badan dengan suplemen protein pun harus memenuhi kebutuhan kalori harian Anda. 

2. Kreatin

kreatin adalah

Selain protein, suplemen lainnya yang dapat dijadikan sebagai penambah berat badan adalah kreatin. 

Kreatin merupakan senyawa kimia alami yang diproduksi oleh tubuh. Namun, Anda juga memperolehnya dari makanan dan suplemen. 

Senyawa kimia yang menjadi sumber energi ini ternyata bisa digunakan untuk meningkatkan berat badan. Hal ini pun dibuktikan melalui sebuah penelitian dari Journal of International Society of Sports Nutrition

Di dalam penelitian tersebut disebutkan suplemen kreatin dapat meningkatkan kekuatan dan massa tubuh tanpa lemak jika dilakukan dengan olahraga rutin. 

Senyawa kreatin pun bisa Anda peroleh melalui susu, suplemen, dan daging. Dengan begitu, Anda bisa menambah berat badan untuk meningkatkan fungsi tubuh menjadi lebih baik melalui kreatin. 

3. Zinc

penyerapan vitamin C

Sebenarnya, zinc tidak secara langsung bisa digunakan sebagai suplemen peningkat berat badan. Manusia membutuhkan zinc (seng) sebagai pembentuk protein dan DNA serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. 

Mendapatkan asupan zinc tambahan memang tidak berarti langsung meningkatkan berat badan Anda. Akan tetapi, kehilangan berat badan dan kehilangan nafsu makan berhubungan dengan orang yang kekurangan asupan seng. 

Maka itu, dengan meningkatkan asupan seng untuk tubuh dapat membantu sebagian orang untuk menambah berat badan. 

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah kemanjuran dari suplemen zinc untuk menambah berat badan bisa digunakan pada orang yang tidak kekurangan zinc. 

Kenyataannya, suplemen tertentu tidak bisa dijadikan sebagai zat tambahan berat badan satu-satunya. Anda tetap perlu memenuhi kebutuhan kalori harian atau menambah porsi makan agar angka timbangan semakin naik.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

11 Hal yang Paling Sering Jadi Penyebab Gusi Bengkak

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab gusi bengkak dan terasa sakit. Mungkin salah satunya sedang Anda alami tanpa disadari.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Gigi dan Mulut 7 Desember 2020 . Waktu baca 10 menit

Apakah Susu Penambah Berat Badan Betulan Ampuh Bikin Berisi?

Anda mungkin tergoda untuk minum suplemen susu penambah berat badan agar badan lebih berisi. Namun, apa betulan ampuh dan efektif?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Berat Badan Naik, Nutrisi 7 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Folat dan Asam Folat, Apa Bedanya? Mana yang Lebih Sehat?

Meski sering disangka sama, folat dan asam folat adalah dua nutrisi yang berbeda, dan berbeda pula efeknya pada kesehatan tubuh. Apa bedanya?

Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Fakta Gizi, Nutrisi 6 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Agar Tidak Keliru, Ketahui Aturan Pemberian Vitamin untuk Anak

Ada banyak vitamin anak yang dijual di pasaran. Namun, perlukah pemberian vitamin untuk anak? Seberapa penting vitamin untuk kesehatan si kecil?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Anak 6-9 tahun, Gizi Anak, Parenting 15 November 2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vitamin untuk otak

Daftar Nutrisi dan Vitamin yang Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Otak

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
niacinamide untuk kulit

Niacinamide untuk Kulit, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
penyebab kurus tak bisa gemuk

4 Penyakit yang Membuat Seseorang Tak Bisa Gemuk

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 8 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit