Methycobal

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Penggunaan

Apa fungsi Methycobal?

Methycobal adalah suplemen vitamin B12.

Vitamin B12 berperan penting untuk meningkatkan fungsi sistem saraf dan memproduksi sel darah merah. Sebenarnya vitamin ini dapat ditemukan secara alami pada daging, ikan, unggas, telur dan susu.

Sayangnya, seiring dengan bertambahnya usia, tubuh kita akan lebih mudah untuk mengalami kekurangan vitamin B12. Nah, di saat inilah, seseorang biasanya membutuhkan suplemen vitamin B12. 

Selain mengatasi kekurangan vitamin B12, suplemen ini juga dapat digunakan untuk mengobati kondisi lain, seperti neuropati perifer, anemia pernicious, diabetes, dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara pakai Methycobal?

Berikut beberapa aturan pakai Methycobal yang perlu Anda perhatikan:

  • Obat ini dapat digunakan sebelum, saat, atau setelah makan. Tanyakan pada dokter kapan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.
  • Obat dalam bentuk tablet salut selaput tidak boleh digerus, dikunyah, atau dihaluskan. Biarkan obat larut di mulut.
  • Jangan mengonsumsi obat dalam jumlah lebih sedikit atau lebih banyak dari yang dianjurkan atau lebih lama dari yang direkomendasikan.
  • Pastikan dosis obat yang Anda gunakan sesuai dengan anjuran dokter atau aturan pakai yang tertera pada label kemasan.
  • Supaya obat dapat memberikan manfaat yang optimal, gunakan secara teratur di waktu yang sama. Buatlah pengingat di buku catatan khusus atau aplikasi ponsel untuk memudahkan Anda mengingat.

Sebetulnya, minum obat obat jenis apa pun sesuai dengan yang diresepkan dokter atau yang tertera pada label kemasan produk. Jangan ragu untuk bertanya langsung ke apoteker atau dokter bila Anda belum paham betul tentang aturan pakainya.

Anda juga sebaiknya segera berobat ke dokter bila gejala tidak membaik atau justru semakin buruk.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Methycobal baik disimpan pada suhu ruangan. Juhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan.

Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram Methycobal ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi berikut ini tidak bisa dijadikan pengganti resep dokter. Anda HARUS berkonsultasi dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan Methycobal.

Berapa dosis Methycobal untuk orang dewasa??

Untuk mengatasi kekurangan vitamin B12, dosis yang dianjurkan 500 mikrogram (mcg) diminum 3 kali sehari.

Pada prinsipnya, dosis obat untuk setiap orang mungkin bisa berbeda. Pemberian dosis obat biasanya disesuaikan dengan usia, kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh, serta respon mereka terhadap pengobatan.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau apoterk sebelum mengonsumsi obat jenis apa pun. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Berapa dosis Methycobal untuk anak?

Pemberian dosis obat pada anak-anak disesuaikan dengan usia dan berat badan mereka. Dokter juga akan menyesuaikan dosis obat berdasarkan respon tekanan darah mereka. Silakan konsultasi ke dokter untuk mengetahui dosis pasti obat ini yang aman untuk anak-anak. 

Dalam dosis apakah obat ini tersedia?

Obat ini tersedia dalam sediaan tablet salut gula atau cairan injeksi.

Efek Samping

Apa efek samping Methycobal yang mungkin terjadi?

Seperti penggunaan obat-obatan lainnya, obat Methycobal juga dapat menyebabkan beberapa efek samping. Kebanyakan dari efek samping berikut jarang terjadi dan tidak memerlukan pengobatan tambahan.

Namun, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun setelah minum obat ini.

Menurut Drugs.com, berikut sejumlah efek samping yang bisa muncul setelah mengonsumsi suplemen ini:

  • Mual
  • Muntah
  • Diare
  • Ruam kemerahan di kulit
  • Nafsu makan menurun

Sementara penggunaan suplemen dalam bentuk cairan suntik, biasanya efek samping yang mungkin terjadi meliputi:

  • Nyeri atau bengkak di area bekas suntikan
  • Sakit kepala
  • Sensasi panas atau terbakar
  • Keluar keringat berlebih

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Apa yang harus saya perhatikan sebelum menggunakan Methycobal?

Sebelum menggunakan suplemen ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dan lakukan, di antaranya:

  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda memiliki riwayat alergi dengan obat Methycobal (Methylcobalamin), atau suplemen vitamin B12 lainnya. Tanyakan pada dokter dan apoteker tentang daftar bahan penyusun obat yang akan Anda gunakan. 
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang atau akan rutin mengonsumsi obat-obatan tertentu. Entah itu obat resep, nonresep, hingga obat-obatan herbal.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda memiliki riwayat gangguan saraf atau penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, hipertensi, stroke, dan diabetes.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila kadar zat besi dan folat dalam tubuh Anda rendah.
  • Beri tahu dokter dan apoteker bila Anda sedang hamil, berencana hamil, atau aktif menyusui.

Jika selama menggunakan suplemen ini kondisi Anda tidak membaik atau justru semakin memburuk, sebaiknya segera berobat ke dokter. Intinya, segeralah periksakan diri ke dokter setiap kali Anda merasakan gejala yang tak biasa atau melemahkan.

Selain itu, pastikan juga Anda mengikuti semua saran dokter dan/atau instruksi terapis. Dokter mungkin perlu mengubah dosis obat atau memantau Anda dengan hati-hati untuk mencegah terjadinya efek samping tertentu.

Apakah obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan Methycobal pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan Methycobal?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak berisi tentang semua interaksi obat yang mungkin terjadi.

Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) dan memberitahukannya kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Gunakan obat ini dengan hati-hati jika Anda sedang dalam pengobatan dengan salah satu obat berikut:

  • Kloramfenikol
  • Obat diabetes yang mengandung metformin
  • Obat-obatan yang mengurangi asam lambung, seperti simetidin, omeprazole, lansoprazole, Nexium, Prevacid, Prilosec, Zantac, dan lainnya

Mungkin ada obat lain yang dapat berinteraksi dengan obat ini. Sebaiknya beri tahu dokter dan apoteker perihal semua obat-obatan yang sedang rutin Anda minum belakangan ini.

Dokter dan apoteker mungkin akan meresepkan obat lain yang lebih aman untuk Anda.

Apakah ada makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan Methycobal?

Methycobal dapat berinteraksi dengan makanan atau alkohol sehingga dapat mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping yang serius.

Silakan diskusikan dengan dokter atau apoteker Anda mengenai potensi interaksi makanan atau alkohol  sebelum menggunakan obat ini.

Apakah ada kondisi kesehatan tertentu yang harus menghindari Methycobal?

Methycobal dapat berinteraksi dengan kondisi kesehatan Anda. Interaksi ini dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda atau mengubah cara kerja obat. Berikut sejumlah kondisi yang mungkin dapat menimbulkan interaksi negatif dengan obat ini:

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Ketika seseorang mengalami overdosis, berbagai gejala yang mungkin muncul yaitu:

  • Tekanan darah yang terlalu rendah (hipotensi) yang membuat kepala menjadi pusing
  • Pingsan
  • Detak jantung cepat dan tidak teratur
  • Detak jantung lebih lambat dari kondisi normal

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis dalam satu kali minum.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Bingung kapan harus minum vitamin? Minum vitamin ternyata juga ada aturannya, lho! Cari tahu apakah lebih baik minum vitamin pagi atau malam hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Tips Makan Sehat, Nutrisi 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Hairy Cell Leukemia

Hairy cell leukemia (leukemia sel berambut) adalah jenis kanker darah ganas yang langka, yaitu ketika sumsum tulang Anda membuat terlalu banyak sel B.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kanker, Kanker Darah 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Niacinamide untuk Kulit, Apa Manfaatnya?

Niacinamide adalah zat turunan vitamin B3 (niacin) yang kerap dipakai sebagai bahan aktif untuk kulit. Apa yang perlu diperhatikan dari bahan ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Perawatan Kulit, Kesehatan Kulit 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi Hilang Ingatan

Selain cedera kepala, penyebab hilang ingatan bisa beragam dan mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Lantas, apa saja penyebab dan cara mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf 7 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

buah untuk penambah darah

12 Buah-buahan Penambah Darah untuk Bantu Atasi Anemia

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
depresi pagi hari

Gejala Depresi Suka Muncul di Pagi Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
penyakit kelainan darah

Kelainan Darah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
flebotomi adalah

Memahami Prosedur Flebotomi, yang Dapat Membantu Mengatasi Kelainan Darah

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit