Gelatin

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 28/04/2020 . Waktu baca 9 menit
Bagikan sekarang

Kegunaan

Apa itu gelatin?

Gelatin adalah protein yang terbuat dari kulit dan tulang hewan, seperti sapi atau babi. Proten tersebut merupakan turunan dari kolagen.

Kolagen sendiri merupakan jenis protein yang banyak ditemukan dalam kulit, tulang, dan otot. Maka itu, gelatin dapat diproses dengan cara merebus bagian-bagian tersebut. Proses ekstraksi gelatin ini umumnya dilakukan untuk menambah rasa dan nutrisi dalam makanan.

Senyawa protein ini juga tersedia dalam bentuk suplemen dan obat-obatan. Dalam gelatin, terdapat sekitar 98 hingga 99 persen protein.

Apa saja manfaat dari gelatin?

Karena kandungan proteinnya yang tinggi, senyawa ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Beberapa manfaat gelatin di antaranya adalah:

Meningkatkan kesehatan sendi dan tulang

Salah satu manfaat dari protein ini adalah membantu memelihara kesehatan sendi dan tulang Anda.

Salah satu penelitian dari Journal of Agricultural and Food Chemistry menguji efek gelatin pada 80 orang dengan osteoarthritis.

Hasilnya, orang-orang yang mengonsumsi gelatin dalam 70 hari memiliki kondisi yang berangsur membaik, terutama pada nyeri dan kaku sendi yang diderita.

Bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa gelatin dapat meningkatkan kelembapan dan tingkat kolagen pada kulit.

Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian di Journal of Cosmetic Dermatology. Dari hasil penelitian tersebut, konsumsi kolagen dari produk hewani melembapkan kulit sebanyak 28%.

Tidak hanya kulit, gelatin juga diyakini dapat meningkatkan ketebalan rambut Anda.

Meningkatkan fungsi otak dan kesehatan mental

Protein ini kaya akan glycine, salah satu jenis asam amino. Glycine sendiri sering kali dikaitkan dengan kesehatan otak.

Konsumsi gelatin yang cukup dapat meningkatkan fungsi serta daya ingat pada otak.

Bahkan, sebuah penelitian dari jurnal Neural Plasticity menunjukkan bahwa konsumsi gelatin dalam dosis tertentu membantu mengurangi gejala-gejala obsessive-compulsive disorder (OCD), salah satu kondisi kesehatan mental.

Membantu menurunkan berat badan

Tergantung dari proses pembuatannya, gelatin bisa menjadi bahan makanan yang rendah kalori. Bahkan, protein ini bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Selain karena kalorinya yang rendah, bahan makanan yang satu ini juga membantu mengurangi nafsu makan serta memberikan efek kenyang lebih cepat. Maka itu, Anda tidak akan makan secara berlebihan dan berat badan pun dapat terkendali.

Bagaimana cara penggunaan gelatin?

Gelatin adalah bahan yang bisa dimanfaatkan dalam berbagai bentuk, baik sebagai bahan tambahan dalam makanan maupun suplemen.

Jika Anda mengonsumsi gelatin dalam bentuk obat atau suplemen, pastikan Anda mengikuti aturan minum obat yang telah diberikan dokter. Pemberian dosis gelatin tergantung pada beberapa faktor, seperti usia, kondisi kesehatan, serta kondisi lainnya.

Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat atau suplemen melebihi dosis yang dianjurkan, lebih sedikit, atau lebih lama dari yang disarankan. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut mengenai konsumsi gelatin, Anda dapat berkonsultasi ke dokter.

Bagaimana cara penyimpanan bahan ini?

Simpan gelatin dalam suhu ruang, yaitu sekitar di bawah 25 derajat Celsius. Jauhkan dari sinar matahari dan tempat lembap. Jangan simpan di dalam kamar mandi maupun kulkas dan freezer.

Periksa dengan saksama instruksi di kemasan produk Anda karena setiap produk memiliki cara penyimpanan yang berbeda, atau tanyakan lebih lanjut kepada dokter Anda mengenai cara penyimpanan yang benar. Terakhir, selalu jauhkan obat-obatan dan suplemen dari jangkauan anak kecil dan binatang peliharaan.

Tidak dianjurkan membuang obat-obatan dan suplemen ke dalam toilet atau ke saluran air, kecuali jika sudah diinstruksikan terlebih dahulu. Segera buang produk ini jika masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau tempat pembuangan limbah terdekat untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan dengan gelatin.

Bagaimana dosis gelatin untuk orang dewasa?

Cairan Intravena

Meningkatkan volume plasma/cairan tubuh saat Syok Hypovolemik

Untuk orang dewasa: Melalui pemberian suntikan succinylated gelatin 4%: Volume dan kadar infusi tergantung pada kondisi pasien. Dosis dapat diberikan secara tinggi dalam waktu singkat (500 ml setiap 5-10 menit) jika pasien kehilangan banyak darah, dilakukan hingga gejala hypovolemia berangsur membaik.

Topikal

Untuk menyembuhkan luka

Untuk orang dewasa: Dengan menggunakan spons kompres steril: Potong spons sesuai kebutuhan, baik dalam keadaan kering atau sudah direndam dengan larutan NaCl steril, dan aplikasikan dengan tekanan pada luka berdarah. Spons dapat dilekatkan pada daerah luka, jika diperlukan. Spons juga dapat digunakan dengan atau tanpa thrombin untuk mempercepat pembekuan darah.

Bagaimana dosis gelatin untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Dalam dosis, bentuk, dan ukuran apakah bahan ini tersedia?

GELFOAM® PLUS tersedia sebagai perangkat medis siap pakai berisi sponge steril GELFOAM®, serbuk Thrombin, Saline Solution (0.9% Sodium Klorida), dan sebuah suntikan steril 10mL dilengkapi dengan jarum.

GELFILM Sterile Film dan GELFILM Sterile Ophthalmic Film adalah lembaran gelatin setebal 0.075 mm, didesain khusus sebagai implan yang mudah menyerap untuk operasi saraf, rongga dada, dan mata.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena gelatin?

Gelatin adalah senyawa yang relatif aman untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan. Selain itu, risiko terjadinya efek samping dari konsumsi senyawa ini termasuk rendah, baik dalam bentuk makanan dan suplemen.

Namun, tidak menutup kemungkinan senyawa ini dapat menimbulkan efek samping pada beberapa orang. Tentunya, tingkat keparahan serta gejala efek samping yang muncul akan berbeda-beda pada setiap orang.

Senyawa ini dapat menyebabkan efek samping berikut:

  • rasa tidak enak pada mulut
  • begah atau perut kembung
  • rasa panas dalam dada
  • sendawa berlebihan

Gelatin juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Apabila Anda mengalami reaksi alergi parah (anafilaktik) pada senyawa ini, segera cari pertolongan medis. Gejala reaksi alergi dapat berupa:

  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas
  • pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan

Selain itu, muncul beberapa isu mengenai keamanan dari senyawa ini karena bahan dasarnya yang terbuat dari hewani.

Sebagian orang mengkhawatirkan jika proses produksinya tidak terjamin, produk tersebut akan rentan terhadap kontaminasi dari jaringan hewani yang tertular penyakit, termasuk penyakit sapi gila (bovine spongiform encephalopathy).

Walaupun risiko ini terbilang rendah, banyak ahli medis menganjurkan untuk tidak menggunakan suplemen berbahan dasar binatang, seperti gelatin.

Tidak semua orang mengalami efek-efek samping ini. Mungkin ada efek samping yang tidak disebutkan di atas.

Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Pencegahan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan gelatin?

Meski risiko penggunaan suplemen gelatin termasuk rendah, Anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengonsumsinya.

Berikut adalah kondisi-kondisi yang harus Anda pertimbangkan ketika menggunakan protein ini:

Obat-obatan dan penyakit tertentu

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan gelatin.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap gelatin atau produk hewani lainnya.

Apakah bahan ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada studi yang memadai mengenai risiko pada wanita yang menggunakan obat-obatan ini selama masa kehamilan atau masa menyusui.

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendalami keuntungan dan risiko medis sebelum mengonsumsi obat ini.

Interaksi Obat

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan gelatin?

Interaksi antar obat dapat mempengaruhi proses penyembuhan Anda ataupun memperbesar risiko efek samping yang serius. Artikel ini tidak memuat seluruh  interaksi obat-obatan yang memungkinkan.

Buatlah daftar dari semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep, obat-obatan bebas, dan obat herbal) dan informasikan kepada dokter dan apoteker Anda.

Jangan memulai, menghentikan, ataupun mengubah dosis obat-obatan Anda tanpa persetujuan dokter.

Gelatin dapat menyebabkan tekanan darah terlalu rendah jika digunakan bersamaan dengan ACE inhibitor, salah satu jenis obat hipertensi.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan gelatin?

Ada beberapa obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi pada jam makan atau berdekatan dengan jam makan, atau tidak boleh dikonsumsi bersama jenis makanan tertentu. Hal ini disebabkan karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, tim medis, atau apoteker.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan bahan ini?

Beberapa penyakit yang Anda idap dapat mengganggu penggunaan bahan atau suplemen ini.

Sebelum mengonsumsi gelatin, informasikan kepada dokter Anda jika Anda mengidap masalah kesehatan lainnya, terutama:

  • Gagal ginjal
  • Perdarahan
  • Penyakit hati kronis

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Berdasarkan sebuah penelitian dari Journal of Critical Care, gelatin berpotensi meningkatkan risiko terjadinya gagal ginjal, syok anafilaktik, serta kelainan pendarahan.

Namun, keamanan serta dosis maksimal harian senyawa ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Jika terjadi keadaan darurat atau timbul tanda-tanda overdosis, segera hubungi tim medis, ambulans (118 atau 119), atau ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Konsumsilah dosis yang terlupa segera setelah Anda mengingatnya. Tetapi, jika hampir mendekati waktu untuk dosis selanjutnya, lewati dosis tersebut dan lanjutkan seperti biasanya. Pastikan Anda tidak menggandakan dosis dalam satu kali minum.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

COVID-19 Picu Kerusakan Saraf dan Otak Jangka Panjang

Pasien COVID-19 dengan gejala ringan dapat mengalami kerusakan saraf dan otak serius yang berpotensi memiliki efek jangka panjang.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ulfa Rahayu
Coronavirus, COVID-19 11/08/2020 . Waktu baca 4 menit

Kapan Saya Bisa Mulai Cek Kehamilan dengan Test Pack?

Meski Anda mungkin sudah hamil dua hari setelah berhubungan seks, beberapa test pack pengecek kehamilan mungkin belum bisa langsung mendeteksinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesuburan, Kehamilan, Hidup Sehat, Seks & Asmara 11/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Menjalani Gaya Hidup Sehat, Kunci Lansia Bahagia di Hari Tua

Menikmati hidup dapat meningkatkan kebugaran lansia, dan kebugaran juga dibutuhkan untuk bisa menikmati hidup. Caranya? Terapkan gaya hidup sehat ini!

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Konten Bersponsor
gaya hidup sehat lansia
Kebugaran, Hidup Sehat 10/08/2020 . Waktu baca 5 menit

Begini Pengaruh Kesehatan terhadap Kebahagiaan Anak

Hasil penelitian menemukan hubungan antara kesehatan dan kebahagiaan anak. Yuk, simak detail dan cara menjaga kesehatan buah hati sekarang.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Konten Bersponsor
kesehatan dan kebahagiaan anak
Parenting, Nutrisi Anak 10/08/2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

hematuria adalah

Hematuria

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 11 menit
kanker prostat pada usia muda

Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Prostat pada Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 5 menit
Masturbasi Saat Hamil

Masturbasi Saat Hamil, Boleh Atau Tidak?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 12/08/2020 . Waktu baca 3 menit
ukuran penis

Apakah Ukuran Penis Berpengaruh Terhadap Kepuasan Seksual?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 11/08/2020 . Waktu baca 4 menit