Clobetasone

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Clobetasone Obat Apa?

Untuk apa clobetasone?

Clobetasone atau klobetason adalah obat dengan bentuk krim oles yang umum digunakan untuk anti peradangan di kulit. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati gejala gatal dan ruam merah di kulit.

Obat ini tergolong dalam kelas kortikosteroid. Obat kortikosteroid bekerja dengan cara menghambat aktivitas beberapa senyawa tubuh yang menyebabkan peradangan, seperti prostaglandin, kinin, histamin, serta enzim liposomal.

Bagaimana cara penggunaan clobetasone?

Karena obat ini adalah obat topikal, pastikan clobetasone tidak masuk ke mulut, mata, dan area tubuh lainnya selain kulit luar.

Bacalah panduan obat dan brosur yang disediakan apotek, jika ada, sebelum Anda mendapatkan obat ini dan setiap kali Anda membeli ulang. Jika ada pertanyaan, ajukan pada dokter atau apoteker.

Clobetasone digunakan dengan cara dioleskan langsung pada area kulit yang mengalami peradangan. Namun sebelumnya, pastikan Anda sudah mencuci tangan dan membersihkan area kulit sasaran terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Sebelum mengoleskannya, sebaiknya tunggu sampai kulit sudah benar-benar kering setelah dibersihkan. Gunakan jari, cotton bud, atau kapas steril untuk mengeluarkan sedikit obat kemudian mengoleskannya secara tipis pada kulit.

Hindari paparan suhu panas setelah menggunakan obat ini. Segera cuci tangan Anda setelah menggunakan obat ini guna mencegah terkena mata dengan tidak sengaja. Supaya mendapatkan hasil maksimal, gunakan obat ini secara teratur dan sesuai petunjuk penggunaan.

Baca panduan obat dan brosur informasi untuk pasien sebelum menggunakan obat ini. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda jika memiliki pertanyaan mengenai petunjuk penggunaan atau brosur informasi pasien.

Bagaimana cara penyimpanan clobetasone?

Clobetasone paling baik disimpan pada suhu ruangan di bawah 25 derajat Celcius, jauhkan dari sinar matahari langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlaku obat telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau instansi pembuangan sampah setempat mengenai bagaimana cara aman membuang obat Anda.

Dosis Clobetasone

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis clobetasone untuk orang dewasa?

Clobetasone adalah obat yang dapat digunakan 2 kali pada hari pertama. Lalu, setelah hari kedua, gunakan sekali sehari.

Bagaimana dosis clobetasone untuk anak-anak?

Keamanan dan efektivitasnya masih belum dipastikan untuk pasien di bawah 18 tahun.

Dalam dosis apakah clobetasone tersedia?

Clobetasone adalah obat yang tersedia dalam bentuk gel 0,05% dan krim 0,05%.

Efek samping Clobetasone

Efek samping apa yang dapat dialami karena clobetasone?

Seperti penggunaan obat-obatan topikal pada umumnya, penggunaan clobetasone dapat menyebabkan beberapa efek samping. Tingkat keparahan dan gejala efek samping yang muncul mungkin akan bervariasi.

Menurut situs NHS, hentikan penggunaan obat ini dan segera konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami satu atau lebih efek samping seperti:

  • kulit kemerahan
  • muncul bercak-bercak putih
  • keluar cairan kekuningan dari kulit
  • muncul pustula (benjolan kecil dengan nanah)
  • mual
  • muntah
  • otot melemah
  • kehilangan nafsu makan
  • berat badan menurun
  • penglihatan terganggu

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi parah (anafilaktik), dengan gejala-gejala seperti:

  • pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan, atau lidah
  • ruam kulit
  • gatal-gatal
  • kesulitan bernapas

Pemakaian obat ini dalam waktu yang lama dapat menyebabkan atropik, kulit menipis, perubahan pada pigmen.

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Clobetasone

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan clobetasone?

Sebelum menggunakan obat ini, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan lebih dulu:

Peringatan obat topikal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, clobetasone hanya untuk pemakaian luar. Jangan menggunakan obat ini di area mulut atau mata. Selain itu, jangan kenakan obat ini di wajah kecuali dokter yang menyarankan.

Obat-obatan dan penyakit tertentu

Beri tahu dokter mengenai obat-obatan yang sedang Anda gunakan, baik obat resep, nonresep, suplemen, atau obat herbal. Hal ini dikarenakan beberapa jenis obat mungkin dapat berinteraksi dengan clobetasone.

Selain itu, penting juga untuk menginformasikan dokter mengenai penyakit atau kondisi kesehatan lain yang sedang Anda derita. Kemungkinan obat ini dapat memicu terjadinya interaksi dengan penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Alergi

Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat alergi terhadap obat tertentu, terutama bahan-bahan aktif yang terkandung dalam obat ini. Selain itu, periksakan diri Anda untuk mengetahui jika Anda memiliki alergi lain, misalnya terhadap makanan, pewarna, atau hewan tertentu.

Apakah obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Belum ada informasi yang memadai tentang keamanan dalam menggunakan obat ini selama masa kehamilan dan menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat Clobetasone

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan clobetasone?

Walau beberapa obat tidak boleh dikonsumsi bersamaan sama sekali, pada kasus lain beberapa obat juga bisa digunakan bersamaan meskipun interaksi mungkin saja terjadi.

Pada kasus seperti ini, dokter mungkin akan mengganti dosisnya, atau melakukan hal-hal pencegahan lain yang dibutuhkan. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain baik yang dijual bebas maupun dari resep dokter, terutama obat-obatan berikut:

  • ritonavir (obat HIV)
  • itraconazole (obat infeksi jamur)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan clobetasone?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dengan makanan dapat terjadi.

Merokok tembakau atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi.

Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter, tim medis, atau apoteker.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan clobetasone?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • rosacea
  • jerawat
  • pruritus tanpa peradangan

Overdosis Clobetasone

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi tim medis, ambulans (118 atau 119), atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera pakai sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan gunakan obat ini dengan dosis digandakan.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    3 Jenis Obat Tradisional yang Umum Dikonsumsi Orang Indonesia

    Selain obat dari dokter, penggunaan obat tradisional (OT) sering dimanfaat untuk membantu mengatasi masalah kesehatan. Sebenarnya, aman atau tidak, ya?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
    Hidup Sehat, Fakta Unik 7 April 2019 . Waktu baca 7 menit

    Dermovate

    Dermovate cream dan salep digunakan untuk peradangan kulit. Cari tahu dosis, efek samping, keamanan, serta peringatan pemakaian obat ini di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 5 Maret 2019 . Waktu baca 7 menit

    Celestamine

    Celestamine adalah obat untuk mengatasi gatal-gatal dan peradangan pada kulit. Cari tahu aturan pakai serta peringatan pemakaian Celestamine di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 21 Februari 2019 . Waktu baca 7 menit

    Cerebrovit

    Cerebrovit Ginkgo dan X-Cel adalah suplemen peningkat daya ingat dan kesehatan tubuh. Cari tahu dosis dan peringatan pemakaiannya di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 29 Januari 2019 . Waktu baca 8 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    obat pereda nyeri otot

    Obat Nyeri Otot: Mulai dari Obat Resep Dokter Hingga Obat Herbal

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Annisa Hapsari
    Dipublikasikan tanggal: 17 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
    beli obat online

    Sebenarnya, Bolehkah Beli Obat-obatan dari Aplikasi Online?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 9 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
    cek obat

    4 Hal yang Perlu Anda Cek Sebelum Membeli Obat

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 4 September 2020 . Waktu baca 3 menit
    obat atarax

    Atarax

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Dipublikasikan tanggal: 1 November 2019 . Waktu baca 8 menit