Milrinone obat apa?

Oleh

Nama Generik: Milrinone Merek: Inovad dan Coritrope.

Penggunaan

Untuk apa milrinone?

Milrinone adalah obat yang berguna bagi pengobatan jangka pendek gagal jantung. Obat ini bekerja dengan membuat detak jantung lebih kuat dan menenangkan pembuluh darah tertentu sehingga jumlah darah yang dipompa dari jantung meningkat. Efek ini mungkin membantu orang dengan gejala gagal jantung (misalnya napas pendek, lelah).

Bagaimana cara penggunaan milrinone?

Obat ini diberikan melalui suntikan ke dalam pembuluh darah sesuai arahan dokter. Obat ini awalnya biasanya diberikan sebagai suntikan yang lambat (lebih dari 10 menit) dan lalu diberikan sebagai infus yang berkelanjutan setelahnya.

Jika Anda menggunakan obat ini sendiri di rumah, pelajari semua instruksi persiapan dan penggunaan dari penyedia layanan kesehatan profesional. Sebelum penggunaan, periksa produk ini untuk partikel atau perubahan warna. Jika salah satunya ada, jangan menggunakan cairan. Pelajari cara menyimpan dan membuang persediaan obat dengan aman.

Dosis berdasarkan kondisi medis, berat badan, dan respon terhadap pengobatan.

Bagaimana cara penyimpanan milrinone?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis milrinone untuk orang dewasa?

Dosis dewasa untuk gagal jantung bawaan

Dosis yang diberikan: 50 mcg/kg IV lebih dari 10 menit.

Infus aturan: 0,375-0,75 mcg/kg/menit.

Bagaimana dosis milrinone untuk anak-anak?

Dosis anak-anak untuk gagal jantung bawaan

Usia di bawah 1 bulan:

Hemodynamic support: neonatal

Dosis yang diberikan: 50-75 mcg/kg/IV selama lebih dari 15 menit diikuti dengan infus berkelanjutan 0,5 mcg/kg/menit titrasi untuk efek jarak: 0,25-0,75 mcg/kg/menit telah digunakan oleh beberapa rumah sakit. Sebuah laporan menggunakan sejumlah dosis 50 mcg/kg IV lebih dari 15 menit, diikuti dengan infus berkelanjutan 0,5 mcg/kg/menit selama 30 menit dalam 10 periode neonatal (3-27 hari, umur pertengahan: 5 hari) dengan output jantung yang rendah setelah operasi jantung hasil menunjukkan peningkatan parameter hemodinamik dan milrinone dapat ditoleransi dengan baik.

Pencegahan sindrom output jantung rendah pascaoperasi (operasi pembetulan CHD):

Neonatal normal: dosis yang diberikan: 75 mcg/kg IV lebih dari 60 menit yang diikuti dengan infus IV berkelanjutan 0,75 mcg/kg/menit selama 35 jam digunakan dalam percobaan yang dikontrol oleh placebo secara acak pada 227 pasien (umur: 2-6,9 tahun, pertengahan: 3 bulan) dan menunjukkan berkurangnya risiko sebanyak 64% untuk perkembangan sindrom output jantung rendah dibandingkan dengan placebo dosis milrinone yang lebih rendah yang digunakan dalam studi tidak menunjukkan risiko yang berkurang secara drastis dibandingkan dengan placebo pada titik akhir yang sama.

Usia 1 bulan atau lebih:

Dosis yang diberikan: 50 mcg/kg IV lebih dari 15 menit.

Infus aturan: 0,25-1 mcg/kg/menit.

Dalam dosis apakah milrinone tersedia?

Larutan, intravena: 200 ug dalam 1 ml.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena milrinone?

Dapatkan pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda reaksi alergi: gatal, sulit bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Beri tahu perawat segera bila mengalami efek samping serius seperti:

  • dada sesak
  • merasa bakal pingsan
  • bronchospasm (terengah-engah, dada terasa menyempit, sulit bernapas) atau
  • kekurangan kalium (kebingungan, detak jantung tidak teratur, sangat haus, lebih sering buang air kecil, kaki tidak nyaman, otot lemah atau terasa lumpuh)

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk:

  • sakit kepala
  • gemetaran
  • mudah memar atau berdarah

Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan milrinone?

Sebelum menggunakan mesalazine, beri tahu dokter (dan apoteker) jika Anda:

  • alergi milrinone
  • baru-baru ini mengalami serangan jantung
  • mengalami kelainan ritme jantung atau kekurangan kadar kalium dalam darah (hipokalemia)
  • hamil atau menyusui

Apakah milrinone aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Tidak diketahui apakah milrinone masuk ke dalam ASI atau dapat membahayakan bayi. Jangan menggunakan obat ini tanpa memberi tahu dokter jika Anda sedang menyusui bayi.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan milrinone?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak berisi tentang semua interaksi obat yang mungkin terjadi. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) dan memberitahukannya kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Beri tahu dokter tentang semua obat lain yang Anda gunakan, terutama:

  • Digoxin (digitalis, Lanoxin, Lanoxicaps) atau
  • Diuretik (pil air)

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan milrinone?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau rokok.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan milrinone?

Adanya masalah obat lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika mengalami masalah medis lainnya, terutama:

  • baru-baru ini terkena serangan jantung
  • mengalami kelainan ritme jantung atau kekurangan kadar kalium dalam darah (hipokalemia)

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Januari 1, 1970 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Yang juga perlu Anda baca