home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Tips Mencegah dan Memulihkan Tangan yang Bengkak Setelah Diinfus

Tips Mencegah dan Memulihkan Tangan yang Bengkak Setelah Diinfus

Seperti prosedur medis pada umumnya, pemasangan infus juga memiliki sejumlah efek samping. Salah satunya adalah infeksi pada bekas suntikan infus sehingga membuat tangan bengkak. Infeksi ini dapat membuat tangan mengalami bengkak. Untungnya, tangan yang bengkak karena infus dapat dicegah dan diatasi.

Mencegah tangan bengkak karena diinfus

Area suntikan infus rentan mengalami infeksi karena merupakan perbatasan langsung antara bagian dalam tubuh Anda dan lingkungan luar. Prosedur infus yang keliru dan perawatan yang tidak memadai adalah dua faktor yang paling sering mengakibatkan infeksi.

Maka dari itu, area pemasangan infus harus dipantau secara rutin guna memastikan fungsinya berjalan normal dan tidak ada komplikasi. Pemantauan dilakukan setidaknya setiap satu jam sekali, termasuk pada malam hari.

Perawat bertanggung jawab penuh untuk melakukan pemantauan. Namun, pasien dan keluarga juga bisa berperan aktif untuk memantau serta memberitahu perawat jika terjadi suatu masalah.

Peran aktif Anda sangat penting untuk mencegah komplikasi seperti perdarahan, infeksi, serta tangan bengkak setelah diinfus. Berikut adalah berbagai upaya yang dapat Anda lakukan:

  • Berhati-hati untuk area suntikan infus. Jarum infus dapat terlepas jika selang infus tertarik. Maka dari itu, Anda perlu lebih berhati-hati agar selang infus tidak terlepas saat Anda tidur, berjalan, atau melakukan aktivitas lain.
  • Menjaga area suntikan infus tetap kering. Hal ini akan mengurangi risiko infeksi dan mencegah jarum infus terlepas.
  • Memastikan area suntikan infus mudah terlihat. Perawat perlu memeriksa kondisi infus saat Anda tidur. Dengan membuat infus mudah terlihat, perawat bisa memeriksanya tanpa harus membangunkan Anda.
  • Mengawasi gejala komplikasi. Waspadalah bila area suntikan infus terasa nyeri, gatal, atau mati rasa. Jangan mengutak-atik infus dan segera laporkan gejala ini kepada perawat.

Cara mengatasi tangan bengkak karena pakai infus

Sumber: Desert Hand and Physical Therapy

Jika upaya pencegahan tidak cukup ampuh untuk melindungi tangan Anda dari pembengkakan, mungkin ada faktor lain yang menyebabkan tangan Anda bengkak karena pakai infus. Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebabnya.

Anda juga dapat menerapkan beberapa cara sederhana untuk meringankan pembengkakan pada tangan seperti di bawah ini.

1. Kompres hangat atau dingin

Suhu hangat dapat melemaskan otot dan meningkatkan aliran darah menuju tangan. Sementara suhu dingin bisa mengurangi nyeri dan pembengkakan. Anda bisa mengompres bengkak dengan keduanya secara bergantian sesuai kebutuhan.

Gunakan handuk berbahan lembut agar kulit tidak bersentuhan langsung dengan sumber panas maupun dingin. Batasi penggunaan kompres selama 20 menit dan berikan jeda bagi kulit untuk beristirahat sebelum menggunakan kompres kembali.

2. Peregangan tangan dan pergelangannya

Terkadang, cairan tubuh dapat berkumpul pada tangan dan memperparah bengkak pada tangan karena menggunakan infus. Peregangan tangan dan pergelangan akan melancarkan sirkulasi cairan sehingga tangan akan berangsur normal.

Pilihlah gerakan peregangan yang ringan untuk mencegah timbulnya rasa sakit. Misalnya dengan memutar pergelangan tangan, mengaitkan kedua tangan, atau menggerakkan ibu jari. Hentikan peregangan bila tangan terasa sakit.

3. Mengangkat tangan yang bengkak

Cobalah mengangkat tangan Anda yang bengkak agar posisinya lebih tinggi dari jantung. Pertahankan posisi ini selama 30 menit dan ulangi beberapa kali dalam sehari. Lakukan secara rutin setiap hari.

Anda pun bisa melakukannya saat tidur, yakni dengan meletakkan tangan di atas bantal yang tinggi. Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah menuju jantung sehingga mengurangi pembengkakan.

4. Batasi penggunaan tangan yang bengkak

Anda tetap bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala, hanya saja Anda harus lebih berhati-hati saat menggunakan tangan yang bengkak.

Untuk sementara, batasi penggunaan tangan yang memiliki bekas infus sampai bengkak mereda. Jangan melakukan aktivitas berat seperti mengangkat atau menahan beban. Lakukan pergerakan dengan perlahan.

5. Minum obat pereda nyeri

Selain disebabkan oleh infeksi, bengkak di tangan setelah infus juga dapat terjadi karena adanya penggumpalan pada pembuluh darah di bawah kulit. Ini bisa timbul ketika pemasangan infus dilakukan berkali-kali.

Guna meringankan rasa sakit tersebut, Anda bisa meminum obat-obatan pereda nyeri yang bisa Anda dapatkan di apotek seperti ibuprofen.

Tangan yang bengkak setelah diinfus seharusnya akan kembali normal setelah beberapa hari. Selama itu, pastikan Anda menjaga kebersihan bekas suntikan dan waspadalah terhadap tanda-tanda infeksi.

Segera kunjungi dokter bila bekas suntikan infus terasa gatal, terbakar, mati rasa, atau mengeluarkan darah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

IV-line care. (2015). About Kids Health. Retrieved 10 November 2021, from https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=2451&language=English

IV Complications. (n.d.). Columbia Center for Teaching and Learning. Retrieved 10 November 2021, from http://ccnmtl.columbia.edu/projects/aegd/mod01_mec_ivcomp.html

Your IV Site: Care Instruction. (2021). Kaiser Permanente. Retrieved 10 November 2021, from https://healthy.kaiserpermanente.org/health-wellness/health-encyclopedia/he.your-iv-site-care-instructions.abs2416

Superficial Thrombophlebitis. (2019). Cleveland Clinic. Retrieved 10 November 2021, from https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17523-superficial-thrombophlebitis

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Diah Ayu Lestari Diperbarui 4 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri