Nama Generik: Dobutamine Merek: Cardiotone, Dobuject, Doburan, Dominic, Inotrop, Cardiject, Dobuca, Dobucef, Dobutamin Giulini, Dobutamine Lucas Djaja, Dobutamine-Hameln dan Dobutel.

Penggunaan

Untuk apa Dobutamine?

Dobutamine adalah obat yang digunakan untuk mengobati gagal jantung akibat operasi atau penyakit jantung itu sendiri. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit lain yang ditentukan oleh dokter Anda.

Dobutamin menrupakan obat inotropik yang berfungsi untuk meningkatkan detak jantug seseorang sehingga darah mengalir lebih banyak dalam tubuh.

Bagaimana cara penggunaan Dobutamine?

Dobutamine merupakan obat yang diinjeksikan dalam vena menggunakan kateter jantung. Perawat akan menyediakan alat ini.

Anda akan mendapatkan obat ini di rumah sakit atau klinik untuk mencegah terjadi efek samping yang berbahaya.

Saat menggunakan obat ini, Anda akan sering melakukan tes kesehatan. Fungsi kerja jantung Anda akan diperiksa dengan EKG.

Bagaimana cara penyimpanan Dobutamine?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Dobutamine untuk orang dewasa?

Dosis untuk penderita gagal jantung

Dosis yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja jantung biasanya berkisar antar 2.5 sampai 12 mcg/kg/menit. Dosis awal penggunaan akan dititrasikan sebanyak 2.5 mcg per kg per menit untuk menjaga keseimbangan  tekanan darah dan jumlah urin yang dikeluarkan. Dosis 40 mcg per kg per menit kadang dibutuhan dalam situasi yang sangat serius.

Dosis untuk penderita sakit Jantung

Dosis yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja jantung biasanya berkisar antar 2.5 sapai 12 mcg/kg/menit. Dosis awal penggunaan akan dititrasikan sebanyak 2.5 mcg per kg per menit untuk menjaga keseimbangan  tekanan darah dan jumlah urin yang dikeluarkan. Dosis 40 mcg per kg per menit kadang dibutuhan dalm situasi yang sangat serius.

 

Bagaimana dosis Dobutamine untuk anak-anak?

Belum ada ketentuan dosis obat untuk anak-anak.  Obat ini bisa saja berbahaya  bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan. Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

 

Dalam dosis apakah Dobutamine tersedia?

Dobutamin tersedia dalam dosis-dosis sebagai berikut:

Generik: 1 mg/mL (250 mL); 2 mg/mL (250 mL); 4 mg/mL (250 mL); 250 mg/20 mL (20 mL); 500 mg/40 mL (40 mL)

Intravena, sebagai hydrochloride:

Generik: 250 mg/ 20 mL (20 mL)

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Dobutamine?

Setiap obat menimbulkan efek samping yang berbeda-beda, ada yang hanya menimbulkan sedikit efek samping, bahkan ada yang tidak menimbulkan efek samping sama sekali. Berikut efek samping yang umum terjadi:

  • Sakit kepala
  • Mual

 

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda berikut ini:

  • Reaksi alergi (gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan
  • Nyeri dada
  • Tidak sadarkan diri
  • Lunglai
  • Mudah letih
  • Detak jantung tidak stabil
  • Dada berdebar
  • Susah bernapas

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Dobutamine?

Sebelum menggunakan obat tertentu, pertimbangkan risiko dan manfaatnya terlebih dahulu. Ini adalah keputusan yang harus dibuat oleh Anda dan dokter Anda. Untuk meminum obat ini, perhatikan hal berikut:

 

  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita penyakit tekanan darah tinggi.
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil atau sedang menyusui.

 

Alergi

  • Beri tahu dokter Anda jika Anda mengalami reaksi tak biasa atau alergi pada obat ini atau obat lain (seperti atenolol, carteolol, esmolol, labetalol, metoprolol, nadolol, propranolol, sotalol, and timolol), bretylium, guanethidine).
  • Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki alergi tipe lain seperti pada makanan, pewarna, pengawet, atau alergi hewan. Untuk produk tanpa resep, baca label pada kemasan secara saksama.

Apakah Dobutamine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori  B menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

   A= Tidak berisiko,

  B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,

   C=Mungkin berisiko,

   D=Ada bukti positif dari risiko,

   X=Kontraindikasi,

  N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Dobutamine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Obat berikut BISA BERINTERAKSI dengan Dobutamin:

  • Cimetidine atau methyldopa
  • Catechol-O-methyltransferase (COMT) inhibitors (misal, entacapone) atau droxidopa

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Dobutamine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Dobutamine?

Kondisi kesehatan lain yang Anda miliki bisa memengaruhi penggunaan obat ini. Selalu beri tahu dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan lain, terutama:

  • Masalah pada katup jantung
  • Tumor pada kelenjra adrenal
  • Jantung berdetak cepat (tachyarrhythmia)
  • Ventrikel kiri jantung membesar akibat penyempitan pembuluh darah

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan