Nama Generik: Dimenhydrinate Merek: Dramamine dan dimenhydrinate obat mabok mual muntah.

Fungsi

Untuk apa Dimenhydrinate?

Dimenhydrinate adalah obat antihistamin yang digunakan untuk mencegah dan mengobati mual, muntah, dan pusing yang disebabkan oleh mabuk perjalanan.

Jangan gunakan obat ini pada anak-anak yang lebih muda dari dua tahun kecuali diarahkan oleh dokter.

Dimenhydrinate adalah obat yang juga digunakan untuk mengobati mual dan pusing yang disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam (seperti penyakit Meniere).

Cara Pakai

Bagaimana cara penggunaan Dimenhydrinate?

Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, gunakan sesuai yang disarankan. Jika Anda tidak yakin tentang suatu informasi, konsultasikanlah dengan dokter atau apoteker.

Dimenhydrinate adalah obat yang dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Takar obat yang dalam bentuk cair  menggunakan alat pengukur atau sendok khusus. Jangan gunakan sendok rumah tangga karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar. Tablet kunyah harus dikunyah secara menyeluruh sebelum ditelan.

Dosis didasarkan pada usia Anda, kondisi medis, dan respon terhadap pengobatan. Jangan meningkatkan dosis atau menggunakan obat ini lebih sering daripada yang diarahkan.

Untuk mencegah mabuk perjalanan, gunakan dosis pertama 30 sampai 60 menit sebelum memulai aktivitas seperti perjalanan. Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau jika semakin memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan Dimenhydrinate?

Dimenhydrinate adalah obat yang baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.       

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis Dimenhydrinate untuk orang dewasa?

Dosis dimenhydrinate untuk mabuk perjalanan

Untuk mabuk perjalan, dosis dewasa obat dimenhydrinate adalah sebanyak 50 sampai 100 mg, oral, IM atau IV, setiap 4 sampai 6 jam, sampai maksimum 400 mg dalam 24 jam. Dosis pertama harus diambil 30 sampai 60 menit sebelum aktivitas dimulai.

Bagaimana dosis Dimenhydrinate untuk anak-anak?

Untuk mabuk perjalanan, dosis anak obat Dimenhydrinate adalah :

Lebih dari atau sama dengan 2 sampai kurang dari 6 tahun: 12,5-25 mg oral setiap 6 sampai 8 jam, sampai maksimum 75 mg dalam 24 jam.

Untuk usia lebih dari atau sama dengan 6 sampai kurang dari 12 tahun berikan 25 sampai 50 mg oral setiap 6-8 jam, sampai maksimum 150 mg dalam 24 jam.

Untuk usia lebih dari 12 tahun berikan 25 sampai 100 mg  oral 30 sampai 60 menit sebelum aktivitas dimulai, maka 25 sampai 100 mg setiap 4 sampai 6 jam, untuk maksimum 400 mg dalam 24 jam.

Dosis pertama harus diambil 30 sampai 60 menit sebelum aktivitas dimulai.

Dalam dosis apakah Dimenhydrinate tersedia?

Dimenhydrinate adalah obat yang tersedia dalam sediaan

Larutan, Suntikan:

Generik: 50 mg / mL (1 mL)

Tablet, Oral:

  • Dramamine: 50 mg
  • Driminate: 50 mg
  • Mabuk perjalanan: 50 mg
  • Generik: 50 mg
  • Tablet kunyah, Oral:
  • Dramamine: 50 mg

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena Dimenhydrinate?

Dimenhydrinate adalah adalah obat yang dapat menyebabkan efek samping. Aantara lain seperti mengantuk, sakit kepala, penglihatan kabur, tinnitus, kekeringan pada mulut dan saluran pernapasan, terganggunya koordinasi, palpitasi, pusing, hipotensi.

Stimulasi SSP paradoksal pada pasien anak-anak dan kadang-kadang pada orang dewasa.

Dimenhydrinate injeksi bisa menyebabkan nyeri pada tempat suntikan.  Karena dimenhidrinat mengandung diphenhydramine, kemungkinan efek-diphenhydramine terkait lainnya yang merugikan juga harus dipertimbangkan.

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan Dimenhydrinate?

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menggunakan obat Dimenhydrinate adalah:

  • bicara  dengan dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap Dimenhydrinate atau obat lain. Jika Anda mengonsumsi tablet kunyah dimenhidrinat, bicarakan dengan dokter Anda jika Anda alergi terhadap tartrazine (FD & C Yellow No 5, aditif warna) atau aspirin..
  • beri tahu dokter dan apoteker tentang obat resep dan obat non resep, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan hal berikut: antibiotik aminoglikosida seperti seperti amikasin (Amikin), gentamisin (Garamycin), kanamisin (Kantrex), neomycin (Neo-Rx, Neo-Fradin), netilmisin (NETROMYCIN), paromomycin (Humatin) , streptomisin, dan tobramycin (Tobi, Nebcin); antidepresan seperti amitriptyline (Elavil), amoxapine (Asendin), clomipramine (Anafranil), desipramine (Norpramin), doxepin (Adapin, Sinequan), imipramine (Tofranil), nortriptyline (Aventyl, Pamelor), protriptyline (Vivactil), dan trimipramine ( Surmontil); antihistamin, seperti diphenhydramine; batuk dan dingin obat; ipratropium (Atrovent); obat untuk kegelisahan, penyakit iritasi usus, penyakit mental, penyakit Parkinson, kejang, bisul, atau masalah kencing; narkotik atau penghilang sakit yang kuat  atau relaksan otot; obat penenang; obat tidur; dan obat penenang. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau memantau Anda dengan hati-hati untuk adanya efek samping.
  • bicarakan dengan dokter Anda jika Anda memiliki atau pernah memiliki asma; sesak napas atau kesulitan bernapas, termasuk bronkitis kronis (pembengkakan saluran udara yang mengarah ke paru-paru) atau emfisema (kerusakan kantung udara di paru-paru); kesulitan buang air kecil karena pembesaran prostat (organ reproduksi laki-laki); glaukoma (suatu penyakit mata yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan); atau kejang.
  • bicarakan dengan dokter Anda jika Anda sedang hamil, berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil saat mengambil dimenhidrinat, hubungi dokter Anda.
  • jika Anda menjalani operasi, termasuk operasi gigi, beritahu dokter atau dokter gigi Anda tentang pemakaian Dimenhydrinate.
  • Anda harus tahu Dimenhydrinate mungkin membuat Anda mengantuk. Jangan mengendarai mobil, mengoperasikan mesin, atau berpartisipasi dalam kegiatan yang berpotensi berbahaya sampai Anda tahu bagaimana obat ini mempengaruhi Anda.
  • hindari minuman beralkohol atau produk yang mengandung alkohol saat menggunakan Dimenhydrinate. Alkohol dapat membuat efek samping dari Dimenhydrinate menjadi lebih buruk.
  • jika Anda memiliki fenilketonuria (PKU, kondisi turunan di mana diet khusus harus diikuti untuk mencegah keterbelakangan mental), baca label dengan hati-hati sebelum menggunakan Dimenhydrinate. Tablet kunyah Dimenhydrinate mengandung aspartame yang membentuk fenilalanin

Apakah Dimenhydrinate aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Dimenhydrinate diekskresikan ke dalam susu manusia dalam jumlah kecil. Produsen merekomendasikan bahwa karena potensi efek samping yang serius pada bayi menyusui, keputusan harus dibuat untuk menghentikan menyusui atau menghentikan penggunaan obat, dengan mempertimbangkan pentingnya obat untuk ibu.

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan Dimenhydrinate?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Beberapa OBAT MUNGKIN BEREAKSI dengan Dimenhydrinate. Beri tahu dokter Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, terutama salah satu dari berikut:

  • Sodium oxybate (GHB) karena peningkatan durasi tidur dan penurunan kemampuan bernapas yang mungkin terjadi
  • Inhibitor MAO (misalnya phenelzine) karena efek samping yang serius, seperti tekanan darah tinggi atau kejang, dapat terjadi
  • Sntibiotik yang dapat menyebabkan masalah pendengaran (misalnya, gentamisin, vankomisin) karena Dimenhydrinate dapat menyembunyikan gejala masalah pendengaran

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan Dimenhydrinate?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan Dimenhydrinate?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beri tahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain:

  • Jika Anda memiliki asma, penyakit paru-paru obstruktif kronik (PPOK), bronkitis kronis, emfisema, penyakit paru-paru, sesak napas, atau gangguan tidur
  • Jika Anda memiliki penyumbatan lambung, usus, atau saluran kemih; kesulitan buang air kecil; diabetes; bisul; pembesaran prostat; glaukoma; penyakit jantung; denyut jantung tidak teratur; tekanan darah tinggi; porfiria; atau penyakit tiroid

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Gejala overdosis mungkin termasuk:

    • Mata membesar (lingkaran hitam di pusat-pusat mata)
    • Wajah memerah
    • Mengantuk
    • Eksitasi atau hiperaktif
    • Halusinasi (melihat sesuatu atau mendengar suara-suara yang tidak ada)
    • Kesulitan memahami kenyataan
    • Kebingungan
    • Kesulitan berbicara atau menelan
    • Kegoyangan
    • Kejang
    • Tidak responsif atau koma (kehilangan kesadaran untuk jangka waktu sebentar)

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Oktober 11, 2018 | Terakhir Diedit: Oktober 11, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan