home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Hal yang Bikin Makanan Cepat Basi

4 Hal yang Bikin Makanan Cepat Basi

Kadang kala, masakan yang baru saja kita masak tiba-tiba sudah berbau tidak sedap dan terasa asam. Jika dimakan, makanan tersebut dapat menyebabkan sakit perut. Beberapa penyebab utama yang membuat makanan cepat basi adalah udara dan kelembaban, cahaya yang berlebih, serta suhu dapat membuat makanan jadi cepat basi. Yuk simak, penjelasan lengkap lainnya penyebab makanan jadi cepat basi.

Beberapa penyebab makanan cepat basi

1. Tempat dan cara menyimpan yang salah

Tempat dan cara menyimpan makan yang salah merupakan hal tersering penyebab makanan basi. Jika rumah Anda hangat dan lembab, buah-buahan dan sayuran yang tersisa di tempat terbuka akan matang dan basi lebih cepat. Suhu kulkas di bawah 4 derajat Celcius memungkinkan untuk mempercepat pertumbuhan bakteri pembusuk.

Baiknya, makanan harus disimpan secara terpisah dalam wadah yang tertutup rapat. Pisahkan wadah serta tempat untuk daging, satu untuk makanan yang akan dimakan lagi, dan satu untuk buah dan sayuran. Periksa makanan kulkas Anda setiap hari. Jika salah satu makanan mulai basi, buang segera. Bakteri dari makanan basi dapat menyebar dan mencemari makanan atau bahan makanan lainnya yang ada di sekitarnya.

2. Kulkas yang kurang dingin

Lemari es biasanya diatur dengan suhu paling minimal adalah 4 derajat Celcius yang akan mencegah bakteri patogen tumbuh bebas saat bahan makanan disimpan. Namun, lemari es umumnya tidak cukup dingin untuk menghentikan semua pertumbuhan bakteri jamur tersebut. Pantau makanan terhadap tanda-tanda pembusukan, terutama daging dan makanan sisa yang masih bisa dimakan.

Freezer pada kulkas ditujukan untuk menyimpan makanan jangka panjang. Petunjuk menyimpan makanan di lemari es yang benar seperti berikut:

  • keluarkan udara sebanyak mungkin dari wadah atau plastik makanan
  • pastikan bahwa suhu diatur pada atau di bawah 0 derajat celcius
  • jika listrik padam, tinggalkan kulkas dan freezer secara ditutup
  • termometer eksternal akan membiarkan tetap menjaga suhu dalam kulkas agar tetap dingin.

3. Makanan juga bisa dehidrasi

Bakteri yang menyebabkan makanan basi butuh kelembaban, oksigen, dan suhu untuk berkembang biak cepat. Nyatanya, makanan juga bisa dehidrasi. Dehidrasi yang dimaksud adalah proses menghilangkan uap air dari makanan, sehingga memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri yang membuat busuk.

Cara meminimalisir air pada makanan dengan benar adalah, dengan makanan yang harus dipanaskan sampai sekitar 60 derajat Celcius, atau saat kompor telah dimatikan, keringkan dengan cara dikipas-kipas atau berikan sirkulasi udara untuk membantu menarik kelembaban dari makanan. Hindari menutup makanan langsung saat masih panas.

4. Cahaya pada makanan

Hampir semua makanan yang terkena cahaya dari alam atau buatan, lampu kulkas contohnya, dapat menjadi penyebab makanan basi. Makanan menyerap paparan cahaya sehingga membentuk pembusukan pada makanan-makanan tertentu. Pembusukan cahaya pada makanan biasanya mengarah kepada jenis makanan tertentu, seperti makanan berlemak dan bersantan akan cenderung mudah basi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What causes food to spoil what prevents food from spoiling http://www.livestrong.com/article/538862-what-causes-food-to-spoil-what-prevents-food-from-spoiling/ Diakses pada 7 Februari 2017

Spoilage http://www.foodsafetysite.com/educators/competencies/general/spoilage/spg1.html Diakses pada 7 Februari 2017

Spoiled Food http://www.foodhandler.com/spoiled-food/ Diakses pada 7 Februari 2017

Foto Penulis
Ditulis oleh Novita Joseph
Tanggal diperbarui 12/02/2017
x