Psst, Hindari 4 Jenis Makanan Ini Jika Tak Mau Muka Jadi Bengkak Tiap Pagi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kebiasaan makan banyak sering kali dikaitkan dengan perut buncit. Padahal, tumpukan lemak bagian lain juga harus diwaspadai, lho. Usut punya usut, ternyata makanan dan minuman bisa jadi penyebab muka bengkak yang mungkin kerap muncul saat baru bangun tidur, ataupun kapan saja khususnya usai makan makanan tertentu. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Beragam sajian yang harus dihindari agar tidak mengalami muka bengkak

makanan penyebab muka bengkak

Setelah perut kenyang sehabis menikmati sepiring makanan lezat dan segelas minuman segar, kemudian Anda menyadari kalau tiba-tiba wajah tampak bengep atau sembap. Nah, kemungkinan besar makanan merupakan dalang di balik kondisi ini.

Coba ingat-ingat kembali, apakah sajian berikut ini ada di daftar konsumsi Anda?

1. Popcorn

Popcorn adalah makanan yang diolah dari jagung dengan segudang kandungan karbohidrat dan protein. Popcorn biasanya hadir dalam ukuran dan jumlah yang kecil sehingga bisa dijadikan camilan penunda lapar sesaat. Meski begitu, tanpa disadari ternyata popcorn dapat membuat muka Anda tampak sembap atau bengkak setelah memakannya.

Ini karena kebanyakan popcorn mengandung banyak garam (natrium) dan monosodium glutamat (MSG) di dalamnya. Hal tersebut akan membuat sistem pencernaan tubuh memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengolahnya.

Terlebih lagi, natrium dikenal memiliki sifat yang dapat menahan aliran air ke seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Itulah mengapa wajah Anda dapat terlihat sembab setelah makan popcorn.

2. Kentang goreng

Kentang goreng punya rasa gurih dan asin yang bisa membuat penikmatnya ketagihan dan rasanya ingin terus makan makanan yang satu ini. Namun, jangan lantas terlena dengan rasa gurihnya. Bila Anda sering mengamati muka bengkak saat berkaca di cermin, kentang goreng mungkin jadi penyebab awalnya.

Tidak jauh berbeda dengan popcorn, kentang goreng juga dibumbui dengan serangkaian perasa yang mengandung banyak garam dan MSG. Kenikmatan dari makanan tersebut yang nantinya bisa mengakibatkan muka bengkak setelah memakannya.

3. Pizza

Apakah Anda termasuk salah satu penggemar pizza dan kerap mengalami muka yang tampak bengep usai menikmatinya? Jika ya, tandanya mulai sekarang Anda harus menghindari makan pizza. Bukan tanpa alasan, pizza juga mengandung sejumlah garam dan MSG dalam jumlah yang tidak sedikit.

Di sisi lain, Anda juga tidak disarankan untuk makan mie instan, sushi, ramen, makanan kemasan, serta makanan tinggi natrium lainnya guna menghindari muka bengkak.

4. Susu dan minuman beralkohol

Selain makanan, minuman seperti susu dan alkohol ternyata juga bisa membuat wajah tampak sembap dan bengep. Terutama bagi Anda yang memang alergi susu dan alkohol. Beberapa kandungan zat yang ada di dalam susu dan bir bukan hanya berpeluang membuat perut membesar dan sakit, tapi juga menimbulkan pembengkakan pada wajah.

Solusinya, perbanyak konsumsi makanan dan minuman ini

1. Air putih

minum air putih menghilangkan batu ginjal

Meski sering dianggap sepele, air tidak hanya berfungsi sebagai pelepas dahaga semata. Perbanyak minum air putih turut membantu untuk mengurangi perut kembung, sekaligus pembengkakan di bagian tubuh lainnya seperti wajah.

2. Buah dan sayuran

makan sayur cara efektif menurunkan berat badan

Buah dan sayur telah lama dikenal sebagai sumber serat, vitamin, mineral, serta antioksidan yang tinggi, ditambah dengan rendahnya kandungan lemak dan natrium. Dengan kata lain, makan banyak buah dan sayuran terbilang aman bagi Anda yang rentan mengalami muka bengkak atau sembap akibat pengaruh dari makanan dan minuman.

3. Makanan dan minuman fermentasi

vitamin b12 untuk lansia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan dan minuman fermentasi, seperti yogurt, kefir, teh fermantasi, dan lain sebagainya, terbukti mampu meningkatkan jumlah bakteri dan probiotik pada sistem pencernaan tubuh. Hal ini yang kemudian dapat membantu mengurangi kembung dan pembengkakan pada perut. Secara tidak langsung, dapat membantu mengurangi pembengkakan pada wajah.

4. Biji-bijian

Biji rami

Roti gandum, biji quionoa, serta berbagai biji-bijian utuh lainnya adalah sumber vitamin, mineral, dan serat yang baik. Itu sebabnya, ketika makanan tersebut dikonsumsi maka kandungan nutrisi yang ada di dalamnya akan membantu meredakan peradangan pada tubuh, salah satunya pada wajah yang tampak bengkak.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Penyebab dan Faktor Risiko Batu Ginjal Berdasarkan Jenisnya

Batu ginjal sebenarnya bisa dihindari, salah satunya dengan menjaga makanan. Apa saja makanan yang berpotensi membentuk batu ginjal?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Monika Nanda
Urologi, Ginjal 31 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Kenali Tanda dan Gejala Aktinomikosis, Infeksi Langka Penyebab Rahang Kaku

Aktinomikosis (actinomycosis) adalah infeksi bakteri langka yang dapat membahayakan tulang atau otak jika tidak ditangani dengan baik. Apa gejalanya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Infeksi Bakteri 23 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

Listeriosis

Listeriosis muncul karena bakteri Listeria yang menyerang perut. Kenali lebih lanjut seputar definisi, gejala, hingga pengobatan penyakit ini berikut.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Keracunan Makanan 22 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

10 Manfaat Beras Hitam, “Beras Terlarang” dari Cina

Jika Anda sudah beralih dari beras putih ke beras merah, selamat! Anda telah membuat perubahan sehat. Tapi tahukah Anda bahwa beras hitam lebih sehat lagi?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan penyubur sperma

10 Makanan Penyubur Sperma agar Pasangan Cepat Hamil

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
zat aditif adalah msg

Zat Aditif pada Makanan Ternyata Tak Selalu Berbahaya

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
makan telur mentah

Makan Telur Mentah, Sehat atau Malah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makan sayuran

Tips Makan Sayuran Agar Mudah Dicerna oleh Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 8 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit