home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Wadah Plastik untuk Makanan Anda Sudah Aman? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Wadah Plastik untuk Makanan Anda Sudah Aman? Cari Tahu Lewat Kode Ini

Penggunaan plastik sebagai wadah makanan sangatlah umum, mengingat bahan ini relatif murah, praktis, dan banyak tersedia di pasaran. Namun, Anda perlu hati-hati dalam memilih wadah plastik karena tidak semua jenis plastik bisa digunakan sebagai tempat menyimpan makanan.

Beberapa jenis plastik bahkan dapat membuat makanan atau minuman terkontaminasi oleh zat kimia yang ada di dalamnya. Lantas, bagaimana cara mengetahui mana wadah yang tepat untuk menyimpan bahan makanan Anda?

Label food grade plastic pada wadah plastik makanan dan minuman

wadah plastik makanan

Saat membeli wadah untuk makanan atau minuman, hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu mencari label food grade plastic. Food grade plastic adalah label yang menerangkan bahwa wadah tersebut aman sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman.

Setelah itu, amati kode yang tertera pada wadah plastik. Setiap wadah plastik memiliki kode dengan artinya tersendiri. Inilah yang akan membantu Anda menentukan apakah wadah tersebut baik atau justru berisiko bagi kesehatan.

Kode wadah plastik terdiri dari angka 1 sampai 7 dan biasanya terdapat pada bagian bawah wadah. Mengacu Institute for Agriculture & Trade Policy, di bawah ini kode-kode pada wadah makanan beserta penjelasannya.

Kode 1

Kode 1 disebut juga polietilen tereftalat (PET), wadah ini bisa ditemukan pada botol minuman, botol kecap atau sambal, serta kaleng minuman. Sifatnya jernih, kuat, serta kedap gas dan air. Namun, wadah ini tidak tahan suhu tinggi lebh 80 derajat Celsius.

Kode 2

Kode 2 adalah kode untuk wadah berbahan plastik high density polyethylene (HDPE). Anda mungkin pernah menemukannya pada botol susu cair atau jus, serta tutup plastik kemasan makanan. Wadah jenis ini akan meleleh pada suhu 75 derajat Celsius.

Kode 3

Wadah dengan kode 3 terbuat dari plastik berjenis polivinil klorida (PVC) yang kuat, keras, tapi tak tahan panas suhu 80 derajat Celsius. Anda bisa menemukan wadah plastik ini pada kemasan minyak sayur, kecap, dan beberapa pembungkus makanan.

Benarkah Wadah Makanan dari Styrofoam Bisa Menyebabkan Kanker?

Kode 4

Wadah dengan kode 4 terbuat dari low density polyethylene (LDPE) yang biasanya dipakai untuk wadah produk yogurt serta kantong makanan segar seperti sayuran. Jenis plastik ini tidak menyerap banyak air sehingga cocok sebagai kemasan minuman.

Kode 5

Wadah kode 5 terbuat dari polipropilen (PP) yang keras, tapi lentur. PP tahan terhadap suhu panas makanan dan minyak panas, serta tidak meleleh hingga suhu 140 derajat Celsius. Biasanya, dot susu bayi terbuat dari jenis plastik ini karena lebih aman.

Kode 6

Stirofoam merupakan salah satu contoh wadah makanan yang memiliki kode 6. Wadah ini terbentuk dari polistirena yang tidak tahan dengan suhu panas. Selain stirofoam, wadah makanan cepat saji dan gelas plastik sekali pakai juga memiliki kode ini.

Kode 7

Wadah dengan kode 7 terbuat dari berbagai jenis plastik lain yang belum disebutkan atau campuran dari beberapa jenis plastik. Oleh sebab itu, penggunaan wadah dengan kode 7 untuk makanan tidak disarankan.

Wadah plastik yang paling baik untuk digunakan

plastik BPA wadah plastik makanan

Wadah plastik dengan kode 1, 2, 4, dan 5 merupakan yang paling baik untuk menyimpan makanan dan minuman. Plastik yang menyusunnya lebih aman, kuat, dan lebih tahan panas sehingga tidak akan mengontaminasi makanan atau minuman.

Sebaliknya, hindari penggunaan wadah dengan kode 3, 6, dan 7. Wadah dengan kode ini lebih mudah rusak bila terkena panas. Walaupun tidak terlihat dari mata telanjang, wadah ini dapat terurai dan membuat makanan terkontaminasi bahan plastik.

Selain mencermati keterangan food grade plastic dan kode pada wadah, di bawah ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk menjaga kualitas makanan dan minuman.

  • Hindari penggunaan wadah plastik dengan kode 7 atau berlabel PC (plastik polikarbonat).
  • Sebisa mungkin, hindari produk apa pun yang terbuat dari plastik yang memiliki kode 3.
  • Jangan menggunakan wadah plastik ketika memanaskan makanan dengan microwave.
  • Wadah plastik dengan kode 1 hanya boleh digunakan satu kali, sebab pemakaian lebih dari satu kali dapat meningkatkan risiko kontaminasi.

Penggunaan wadah plastik untuk makanan memang sangat praktis dan murah. Akan tetapi, pemilihan wadah yang keliru justru dapat merusak kualitas makanan. Jadi, pastikan Anda menggunakan wadah dari food grade plastic dengan kode yang sesuai.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Smart Plastics Guide Healthier Food Uses of Plastics. (2017). Retrieved 25 March 2021, from https://www.iatp.org/sites/default/files/421_2_102202.pdf

4 Steps to Choose Food-Safe Plastic Containers. (2014). Retrieved 25 March 2021, from https://health.bastyr.edu/news/health-tips-spotlight-1/2014/09/4-steps-choose-food-safe-plastic-containers

Types of Plastic Food Packaging and Safety: A Close-Up Look. (2021). Retrieved 25 March 2021, from https://www.chemicalsafetyfacts.org/types-plastic-food-packaging-safety-close-look/

Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan. (2019). Retrieved 25 March 2021, from https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/peraturan/2019/PBPOM_Nomor_20_Tahun_2019_tentang_Kemasan_Pangan.pdf

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 08/04/2021
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x