Jangan Keliru, Begini Cara Mencairkan Ikan Beku Agar Tetap Higienis

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Makanan segar seperti daging sapi, ayam, hingga ikan kini banyak terpajang di konter makanan beku sebagai solusi untuk Anda yang tak punya banyak waktu memasak tetapi tetap ingin makan sehat. Meskipun praktis, risiko gangguan kesehatan tetap mengintai bila Anda tidak memahami cara mencairkan ikan beku yang tepat.

Sebelum mencairkan ikan beku, pahami cara menyimpannya

Ikan beku yang baru dibeli harus segera dimasukkan ke dalam kulkas. Bila tidak memungkinkan, kemas ikan dalam bungkusan berisi es batu agar tetap dingin sebelum disimpan di dalam kulkas. Suhu ideal menyimpan makanan laut adalah di bawah 4 derajat Celcius, tapi akan lebih baik lagi bila Anda menyimpannya di dalam lemari beku (freezer).

Dilansir dari laman USDA Food Safety and Inspection Service, bakteri yang telah ada pada ikan akan berlipat ganda dengan cepat jika berada di suhu ruangan terlalu lama. Inilah mengapa ikan beku yang telah berada di suhu ruangan selama lebih dari dua jam tidak boleh dibekukan kembali dan sebaiknya langsung diolah.

Lalu, bagaimana cara mencairkan ikan beku yang tepat?

Terdapat tiga cara mencairkan ikan beku, yaitu sebagai berikut.

1. Membiarkan di dalam kulkas

Ini adalah cara paling aman untuk mencairkan ikan beku. Masukkan ikan dalam wadah bersih, lalu letakkan di bagian dasar kulkas atau berjauhan dari makanan lain untuk mencegah kontaminasi.

Proses ini dapat memakan waktu hingga 24 jam. Jadi, Anda perlu mempersiapkan ikan beku setidaknya sehari sebelum dimasak. Keuntungannya, kualitas ikan akan terjaga hingga 1-2 hari setelahnya.

2. Menggunakan air dingin

Metode ini lebih cepat dibandingkan dengan membiarkan ikan di dalam kulkas, tapi Anda perlu cermat dalam melakukannya. Pertama-tama, bungkuslah ikan dalam kantung plastik. Pastikan kantung plastik yang Anda gunakan tidak bocor untuk mencegah bakteri masuk dan merusak ikan.

Masukkan plastik ke dalam wadah berisi air dingin. Gantilah air setiap 30 menit sekali hingga ikan tidak lagi beku. Satu kilogram ikan beku mungkin membutuhkan waktu 2 jam sebelum dapat diolah.

3. Menggunakan microwave

Untuk mencairkan ikan beku menggunakan microwave, Anda membutuhkan wadah yang aman dan tahan panas. Hindari memanaskan ikan menggunakan wadah styrofoam, karton kemasan, atau bungkus plastik yang bersentuhan langsung dengan ikan.

Masukkan ikan dalam wadah, kemudian tutuplah dengan penutup yang tidak bersentuhan langsung dengan ikan. Metode ini memang mudah dan cepat, tapi hanya disarankan untuk ikan yang akan segera dimasak.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengolah ikan beku

Ikan beku yang telah dicairkan seluruhnya harus segera diolah. Jangan memasukkan kembali ikan ke dalam kulkas karena dapat menyebabkan kontaminasi dan meningkatkan risiko keracunan makanan.

Terkadang, bagian tengah ikan mungkin terasa beku walaupun bagian lainnya telah mencair. Jangan keliru dan membiarkan ikan berada di suhu ruangan hingga bagian tengahnya tidak lagi membeku, sebab suhu permukaan ikan bisa saja telah meningkat dan bakteri dapat berlipat ganda.

Jika mencairkan ikan beku terasa merepotkan, Anda pun dapat mengolah ikan beku tanpa dihangatkan terlebih dahulu. Namun, perlu diperhatikan bahwa memasak ikan beku secara langsung tentu membutuhkan waktu yang lebih lama hingga benar-benar matang.

Dihangatkan maupun tidak, selalu cermati metode yang Anda gunakan dalam menyimpan, mempersiapkan, hingga mengolah makanan beku. Dengan begitu, Anda bisa tetap menjalani pola makan sehat dan terhindar dari risiko gangguan kesehatan akibat metode yang keliru.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Cara Menghindari Paparan Bakteri Salmonella dari Makanan

Masalah pencernaan dari mulai diare hingga tipes bisa disebabkan oleh bakteri salmonella dalam makanan, sehingga perlu dihindari. Bagaimana caranya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Infeksi, Infeksi Bakteri 16 November 2020 . Waktu baca 4 menit

4 Penyakit Akibat Makan Daging Ayam Belum Matang (Plus Ciri-cirinya)

Anda suka nekat makan daging ayam belum matang? Awas, akibatnya bisa fatal. Ini dia berbagai bahaya dan ciri-ciri daging ayam yang belum dimasak sempurna.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Sebenarnya Mengandung Racun

Tahukah bahwa singkong ternyata mengandung racun sianida yang membahayakan tubuh jika tidak diolah dengan benar? Makanan apa lagi yang ternyata beracun?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 20 Juli 2020 . Waktu baca 5 menit

Bahaya Makan Kotoran Manusia Terhadap Kesehatan Tubuh

Ada puluhan siswa dipaksa makan kotoran manusia oleh seniornya. Tindakan itu bisa mengganggu kesehatannya. Apa saja bahaya makan kotoran manusia?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan, Informasi Kesehatan 27 Februari 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

pertolongan pertama keracunan makanan

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
makan telur mentah

Makan Telur Mentah, Sehat atau Malah Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
keracunan makanan

Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 6 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
ilustrasi mual gejala dan ciri-ciri keracunan makanan

Begini Gejala bagi Tubuh Anda yang Mengalami Keracunan Makanan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit