home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Benarkah Minyak Ikan Bisa Menyebabkan Kanker Prostat?

Benarkah Minyak Ikan Bisa Menyebabkan Kanker Prostat?

Telah banyak penelitian yang menyatakan dan membuktikan bahwa minyak ikan sangat bermanfaat bagi kesehatan, apalagi untuk perkembangan kognitif dan otak anak. Minyak ikan biasanya didapatkan dari jenis ikan tuna, salmon, dan trout. Sekarang ini, minyak ikan lebih banyak dikemas dalam kapsul sehingga lebih sering disebut sebagai suplementasi. Tetapi sebuah penelitian baru menyatakan bahwa suplementasi minyak ikan yang dikonsumsi terlalu banyak oleh laki-laki dewasa bisa menyebabkan peningkatan risiko kanker prostat. Bagaimana bisa? Lalu, apakah kita harus membatasi konsumsi ikan?

Kanker prostat, kanker yang banyak dialami laki-laki di dunia

Kanker prostat adalah jenis kanker yang sering dialami oleh banyak kaum laki-laki di dunia. Menurut WHO, kanker prostat dialami sebanyak 1,1 juta laki-laki di dunia pada tahun 2012, setidaknya mempengaruhi 15% dari total laki-laki yang ada di dunia. Walaupun sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker prostat, tetapi para ahli menyatakan bahwa terdapat berbagai faktor risiko yang dapat memicu kejadian kanker prostat, yaitu:

  • Umur. Kanker prostat sangat jarang ditemukan pada laki-laki yang berusia di bawah 45 tahun dan lebih sering terjadi pada laki-laki yang sudah memasuki usia lebih dari 50 tahun.
  • Genetik. Orang yang memiliki riwayat penyakit kanker prostat dalam keluarganya makan lebih berisiko untuk mengalami kanker prostat juga.
  • Diet. Makanan sangat mempengaruhi apa yang terjadi di dalam tubuh, termasuk memicu pertumbuhan kanker.
  • Obesitas. Laki-laki yang mempunyai berat badan berlebih berpeluang lebih besar untuk mengalami kanker prostat.
  • Penyakit kelamin. Perilaku seksual yang tidak sehat, atau sering melakukan hubungan seksual yang tidak aman juga bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Orang yang mengidap gonore lebih berisiko terkena kanker prostat.

Penelitian tentang suplemen minyak ikan dan risiko kanker prostat

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di dalam Journal of National Cancer Institute, meneliti kadar asam lemak omega 3 pada 35 ribu laki-laki yang berusia lebih dari 50 tahun di Amerika Serikat. Penelitian ini mencatat seluruh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh para responden tersebut. Kemudian, di dalam penelitian diketahui bahwa terdapat sebanyak 800 laki-laki yang diagnosis penyakit prostat dan 1.400 laki-laki yang tidak memiliki penyakit tersebut. Lalu peneliti membandingkan kedua kelompok tersebut dengan melihat kadar asam lemak omega-3 dari hasil pemeriksaan darahnya.

Hasil pemeriksaan darah tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang terdiagnosis terkena penyakit kanker prostat, memiliki tingkat asam lemak omega 3 yang lebih tinggi di dalam darahnya dibandingkan dengan kelompok yang tidak menderita kanker prostat. Selain itu, para peneliti juga menyimpulkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak ikan terlalu banyak, berisiko mengalami kanker prostat 3 kali lebih tinggi untuk mengalami kanker prostat.

Para peneliti juga menemukan bahwa pada kelompok yang terkena penyakit kanker prostat lebih banyak yang mengonsumsi minyak ikan yang berasal dari suplemen, yaitu sebesar 43%, bukan dari sumber makanannya langsung, seperti ikan tuna, ikan salmon, dan ikan trout.

Apa hubungan minyak ikan dengan kanker prostat?

Minyak ikan dikenal sebagai anti-inflamasi dan baik untuk menjaga kesehatan jantung. Tetapi, berbeda dalam penelitian yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa justru mengonsumsi minyak ikan meningkatkan risiko kanker prostat. Lalu apakah minyak ikan tidak benar-benar sehat?

Sampai saat ini para peneliti juga masih belum mengetahui apa hubungan dari keduanya. Tetapi mereka menyatakan bahwa hal ini bukan penyebab-akibat, sehingga minyak ikan bukanlah yang menyebabkan kanker prostat terjadi. Namun para peneliti menyimpulkan bahwa asam lemak omega-3 yang terkandung di dalam minyak ikan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi DNA, yang mungkin bisa menyebabkan mutasi dan kemudian terjadilah kanker. Hal ini tentu saja belum jelas dan masih harus diteliti lebih lanjut. Oleh karena itu, para peneliti tidak menyarankan para laki-laki untuk mengurangi dan membatasi konsumsi ikan yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan.

Suplemen minyak ikan bukan makanan yang paling baik

Sebagian besar orang yang mengonsumsi minyak ikan mungkin lebih banyak mendapatkannya dari suplemen, bukan dari sumber makanannya langsung. Hal ini tentu saja berbeda, karena makanan asli masih lebih baik daripada suplemen atau obat-obatan yang mengandung berbagai multivitamin. Jika Anda masih bisa mengonsumsi minyak ikan dari sumber makanannya langsung, maka hindari suplemen dan multivitamin yang juga akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika terlalu banyak dikonsumsi.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Brasky, T., Darke, A., Song, X., Tangen, C., Goodman, P., Thompson, I., Meyskens, F., Goodman, G., Minasian, L., Parnes, H., Klein, E. and Kristal, A. (2013). Plasma Phospholipid Fatty Acids and Prostate Cancer Risk in the SELECT Trial. JNCI Journal of the National Cancer Institute, 105(15), pp.1132-1141.

Cancer.org. (2016). Omega-3 Fatty Acids Linked to Increase in Prostate Cancer Risk. [online] Available at: http://www.cancer.org/cancer/news/omega-3-fatty-acids-linked-to-increase-in-prostate-cancer-risk  [Accessed 20 Nov. 2016].

Reinberg, S. (2016). Too Much Fish Oil Might Boost Prostate Cancer Risk, Study Says. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/prostate-cancer/news/20130710/too-much-fish-oil-might-boost-prostate-cancer-risk-study-says  [Accessed 20 Nov. 2016].

Wcrf.org. (2016). Prostate cancer statistics | World Cancer Research Fund International. [online] Available at: http://www.wcrf.org/int/cancer-facts-figures/data-specific-cancers/prostate-cancer-statistics  [Accessed 20 Nov. 2016].

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 29/11/2016
x