home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Prostat pada Usia Muda

Kenali Penyebab dan Gejala Kanker Prostat pada Usia Muda

Kanker prostat merupakan jenis penyakit kanker yang sering terjadi pada pria, terutama pria lanjut usia (lansia) atau di atas usia 65 tahun. Meski demikian, kanker prostat juga bisa terjadi pada pria yang lebih muda atau di bawah 50 tahun. Lantas, apa penyebab dan gejala kanker prostat pada usia muda? Apakah ada cara mencegahnya?

Seberapa umum kanker prostat terjadi pada pria muda?

Kanker prostat memang erat kaitannya dengan penyakit lansia. Pasalnya, risiko penyakit ini semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia. Bahkan, American Cancer Society menyebutkan, enam dari sepuluh kasus kanker prostat ditemukan pada pria berusia di atas 65 tahun.

Namun, penyakit kanker prostat juga bisa terjadi pada pria yang lebih muda.

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of the Chinese Medical Association, satu persen dari total kasus kanker prostat merupakan pasien yang berusia lebih muda, yaitu di bawah 50 tahun. Adapun rata-rata dari pasien tersebut didiagnosis memiliki kanker prostat berjenis adenokarsinoma.

Bahkan, penelitian lain pada 2019 menunjukkan, jumlah penderita kanker prostat terus meningkat pada remaja dan dewasa muda di berbagai negara. Kasusnya tercatat meningkat secara stabil, sekitar dua persen per tahun, sejak 1990 di seluruh kelompok usia antara 15-40 tahun.

Meski demikian, kasus kanker prostat pada pria muda ini masih sangat jarang terjadi. Dari 100.000 pria di bawah usia 35 tahun, hanya 0,2 yang mengalami kanker prostat, sedangkan pada usia 70 tahun, rata-rata kasusnya bisa mencapai 800 dari 100.000 orang.

Meski jarang terjadi, kanker prostat di usia muda tetap perlu diwaspadai. Apalagi, beberapa kasus kanker prostat pada pria muda ditemukan dalam kondisi stadium kanker prostat lanjut.

Penyebab kanker prostat pada usia muda

Kanker prostat terjadi ketika adanya sel abnormal yang tumbuh dan tidak terkontrol di kelenjar prostat. Pertumbuhan sel abnormal ini umumnya disebabkan oleh mutasi genetik yang dapat diwariskan dari orangtua atau yang berkembang dengan sendirinya (bukan keturunan).

Meski demikian, penyebab kanker prostat pada usia muda belum diketahui secara pasti. Para peneliti menduga, kanker prostat bisa ditemukan pada pria muda karena tumor di dalamnya berkembang dengan cepat.

Sementara dugaan lainnya karena meningkatnya angka kesadaran para pria untuk melakukan skrining kanker prostat, seperti tes PSA, lebih dini. Namun, beberapa faktor lain juga disebut berperan dalam menumbuhkan sel kanker di kelenjar prostat. Faktor-faktor tersebut, yaitu:

1. Keturunan atau riwayat keluarga

Salah satu penyebab kanker prostat yang mungkin terjadi, yaitu mutasi genetik yang diturunkan dari keluarga. Pada pria muda yang mendapat diagnosis kanker prostat umumnya ditemukan mutasi genetik HOXB13, yang didapat dari orangtua.

Meski demikian, kasus mutasi genetik ini sangat jarang, sehingga kasus kanker prostat pada usia yang lebih muda pun jarang ditemukan.

2. Obesitas dan pola hidup yang tidak sehat

Kegemukan atau obesitas memang kerap menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Pada kanker prostat, obesitas disebut dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat agresif atau stadium lanjut.

Pada anak muda, obesitas memang kerap terjadi. Hal ini umumnya terkait dengan gaya hidup yang buruk, seperti kurang gerak atau pola makan yang tidak sehat.

Selain yang disebutkan di atas, beberapa faktor lain pun disebut dapat menjadi penyebab kanker prostat pada usia muda, seperti infeksi HPV, atau paparan zat dari lingkungan.

Gejala-gejala kanker prostat pada usia muda

Pasien kanker prostat yang berusia lebih muda atau di bawah 50 tahun lebih jarang menunjukkan gejala awal. Namun, pada beberapa kasus, gejala kanker prostat mungkin dirasakan ringan dan semakin memburuk secara bertahap.

Beberapa gejala yang mungkin dirasakan, seperti nyeri pada perut bagian bawah, aliran urine yang melemah, atau sering buang air kecil pada malam hari (nokturia). Adapun gejala-gejala ini umumnya sama dengan yang terjadi pada pasien kanker prostat lansia.

Selain gejala, tingkat PSA, kemungkinan hidup, stadium, dan jenis pengobatan kanker prostat pada usia muda pun umumnya sama. Konsultasikan dengan dokter bila Anda merasakan gejala tertentu pada prostat Anda.

Bagaimana mencegah kanker prostat pada usia muda?

Didiagnosis memiliki kanker prostat saat masih muda sama berbahayanya dengan yang terjadi pada orang lebih tua. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan upaya pencegahan kanker prostat sedini mungkin agar terhindar dari penyakit ini. Beberapa upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan sejak kini, yaitu:

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang.
  • Jaga berat badan.
  • Berolahraga rutin.
  • Hindari merokok.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

American Cancer Society. 2020. What Causes Prostate Cancer? https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/causes-risks-prevention/what-causes.html. Accessed July 24, 2020.

American Cancer Society. 2020. Prostate Cancer Risk Factors. https://www.cancer.org/cancer/prostate-cancer/causes-risks-prevention/risk-factors.html. Accessed July 24, 2020.

Mayo Clinic. 2020. Prostate cancer prevention: Ways to reduce your risk. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/prostate-cancer/in-depth/prostate-cancer-prevention/art-20045641. Accessed July 24, 2020.

University of Michigan Health System. (2014). Prostate cancer in young men: More frequent, more aggressive?. ScienceDaily. www.sciencedaily.com/releases/2014/07/140715165931.htm.

Gupta, S., Gupta, A., Saini, A. K., Majumder, K., Sinha, K., & Chahal, A. (2017). Prostate Cancer: How Young is too Young?. Current urology9(4), 212–215. https://doi.org/10.1159/000447143.

Hussein, S., Satturwar, S., & Van der Kwast, T. (Young-age prostate cancer.

Dimitropoluo, P., Lophatananon, A., Eaaton, D., et al. (2008). Sexual activity and prostate cancer risk in men diagnosed at a younger age. BJUI. 103(2):178-185. https://doi.org/10.1111/j.1464-410X.2008.08030.x.

Kuo, J., et al. (2017). Prostate cancer in young adults—Seventeen-year clinical experience of a single center.
Journal of the Chinese Medical Association. 80(1): 39-43. https://doi.org/10.1016/j.jcma.2016.10.004.

Bleyer, A., Spreafico, F. & Barr, R. (2019). Prostate cancer in young men: An emerging young adult and older adolescent challenge. CS Journals. 126(1): 46-57. https://doi.org/10.1002/cncr.32498.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Ihda Fadila
Tanggal diperbarui 12/08/2020
x