Vitamin B3, Kunci Panjang Umur dan Awet Muda Anda

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Selalu terlihat muda dan panjang umur pasti akan selalu menjadi doa atau harapan ketika Anda merayakan ulang tahun. Nah, hal ini mungkin sekarang tidak hanya akan menjadi doa atau harapan di ulang tahun Anda. Menurut penelitian, vitamin B3 mampu menjadi kunci panjang umur dan awet muda Anda, lho! Bagaimana bisa? Terus lanjut baca artikel ini.

Kenapa vitamin B3 disebut sebagai kunci panjang umur?

Vitamin B memegang peranan penting bagi tubuh. Zat ini bisa membantu pertumbuhan, perkembangan serta fungsi tubuh lainnya. Salah satunya adalah vitamin B3 atau juga dikenal dengan niacin. Vitamin ini diperlukan untuk mengubah lemak, protein dan karbohidrat dari makanan yang Anda konsumsi menjadi energi yang bisa digunakan. Vitamin B3 juga membantu tubuh Anda membentuk DNA baru.

Jika Anda mengonsumsi vitamin B3 (niacin) baik melalui makanan atau suplemen, vitamin ini akan diubah menjadi dua bentuk yang berbeda yaitu nikotinamida adenin dinukleotida (NAD) dan nikotinamida adenin dinukleotida fosfat (NADP). Kedua bentuk vitamin B3 ini mampu menjadi antioksidan kuat yang bisa melindungi Anda dari kerusakan radikal bebas yang berlebihan. Lalu, apakah hal ini yang membuat vitamin B3 menjadi kunci panjang umur?

Ketika tubuh Anda menghancurkan niacin menjadi nikotinamida untuk menghasilkan energi, ada sebuah molekul yang berperan di dalam proses ini, yaitu sebuah enzim yang disebut dengan sirtuin. Sirtuin memiliki kemampuan untuk memperlambat beberapa gen di tubuh Anda yang berkontribusi pada proses penuaan.

Pada tahun 2013, seorang peneliti di University of New South Wales menemukan peningkatan kemampuan mitokondria atau pusat produksi sel ketika menyuntikkan NAD pada hewan uji coba di laboratorium. Kemampuan mitokondria dari waktu ke waktu akan berkurang dan dapat memicu proses penuaan. Para penelitian menemukan bahwa suntikan NAD bisa meningkatkan kekuatan dan mengembalikan fungsi mitokondria ke dalam bentuk ‘yang lebih muda’.

Di dalam penelitian, tikus yang berumur dua tahun diberi suntikan NAD selama satu minggu. Nah, pada akhir minggu penelitian, tikus kembali diamati dan tikus yang telah menerima suntikan NAD selama satu minggu ini menjadi lebih muda seperti usia enam bulan. Usia tikus yang berumur dua tahun menurut penelitian sama dengan usia manusia yang berumur 60 tahun. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal penelitian biologi, Journal Cell.

Rumus suntikan NAD yang diberikan untuk tikus kemudian diatur kembali untuk diuji coba pada manusia. Jika formula tersebut bekerja pada manusia, para peneliti berharap hal ini bisa mengurangi risiko diabetes, kanker, demensia, osteoporosis, arthrtis, dan penyakit jantung.

Berapa banyak vitamin B3 yang saya butuhkan?

Anda bisa mendapatkan sumber terbaik vitamin B3 yang bisa Anda temukan pada susu, kacang-kacangan, telur, ikan, daging sapi, dan ayam. Ketika Anda mengonsomsi makanan yang mengandung vitamin B3 atau pun suplemen, akan terjadi penghancuran vitamin B3 menjadi NAD. Namun, jangan berharap hasilnya akan sama dengan penelitian.

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University dan South Wales University memiliki ‘formula’ vitamin B3 yang berbeda. Kebutuhan harian vitamin B3 adalah 13 mg untuk wanita dan 17 mg untuk pria. Anda tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi vitamin B3 melebihan asupan harian yang dianjurkan tanpa pengawasan dokter. Penelitian yang menjadikan vitamin B3 menjadi kunci panjang umur ini masih perlu dikembangkan hingga menjadi sempurna dan bisa digunakan oleh manusia.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

Kalau menyangkut kesehatan kulit dan rambut, vitamin E selalu jadi idola. Padahal vitamin B untuk kecantikan tak kalah pentingnya. Untuk apa?

Ditulis oleh: Tiara Putri
Kesehatan Kulit 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

5 Gejala Neuropati yang Sering Diabaikan

Ada beberapa gejala neuropati yang sering diabaikan, padahal menjadi tanda yang patut diwaspadai. Apakah pernah mengalami deretan gejala ini?

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Konten Bersponsor
Kesehatan Otak dan Saraf, Penyakit Saraf Tepi 17 April 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Makanan Mengandung Amygdalin alias Vitamin B17

Pernah mendengar vitamin B17? Yuk, ketahui lebih dalam apa itu vitamin B17 sekaligus makanan yang mengandung nutrisi tersebut berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Fakta Gizi, Nutrisi 21 Juli 2019 . Waktu baca 4 menit

Caviplex

Caviplex adalah multivitamin. Cari tahu informasi tentang fungsi, dosis, efek samping, interaksi, dan keamanan suplemen ini di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Obat A-Z, Obat-obatan & Suplemen A-Z 15 Maret 2019 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

makanan mengandung sumber biotin

5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat inositol

6 Manfaat Vitamin B8 (Inositol), Zat Gizi untuk Mental yang Sehat

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
minum vitamin pagi atau malam

Lebih Baik Minum Vitamin Pagi Hari atau Malam Hari?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
niacinamide untuk kulit

Niacinamide untuk Kulit, Apa Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit