home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sama-sama Baik bagi Usus, Apa Beda Probiotik dan Prebiotik?

Sama-sama Baik bagi Usus, Apa Beda Probiotik dan Prebiotik?

“Probiotik” dan “prebiotik” merupakan dua istilah yang tidak asing tentang makanan sehat. Keduanya sama-sama penting untuk kesehatan dan memiliki manfaat bagi sistem pencernaan, khususnya usus. Apa sebenarnya perbedaan kedua nutrisi tersebut?

Perbedaan probiotik dan prebiotik

jenis bakteri baik dalam perut usus pria

Saluran pencernaan Anda merupakan tempat tinggal bagi triliunan mikroorganisme, terutama bakteri. Pada dinding usus, ribuan spesies bakteri usus dan mikroorganisme ini membentuk suatu lingkungan hidup kecil yang disebut mikrobioma.

Mikrobioma berperan besar dalam kesehatan fisik dan psikis. Semakin baik lingkungan hidup usus, semakin sehat pula tubuh Anda. Cara terbaiknya yakni dengan menjaga populasi bakteri baik di dalam usus.

Di sinilah peran probiotik dan prebiotik. Di bawah ini perbedaan keduanya dan manfaatnya bagi tubuh Anda.

1. Probiotik

Probiotik yaitu bakteri hidup yang ditemukan pada usus manusia, makanan, dan suplemen tertentu. Bakteri-bakteri baik ini menguntungkan pencernaan serta membantu melindungi Anda dari bakteri jahat dan jamur berbahaya yang ada di dalam usus.

Sebuah penelitian dalam jurnal Gastroenterology & Hepatology membuktikan bahwa probiotik memberikan banyak manfaat. Contohnya yakni memperkuat kekebalan tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan mencegah obesitas.

Beberapa jenis bakteri usus juga membentuk asam lemak rantai pendek. Asam lemak rantai pendek merupakan sumber nutrisi utama bagi sel yang menyusun dinding usus besar. Zat ini memperkuat lapisan usus besar dalam menghalau mikroba berbahaya.

2. Prebiotik

Prebiotik yaitu sejenis serat dari tanaman yang tidak bisa dicerna oleh tubuh manusia. Oleh karena tubuh tidak dapat mencernanya, prebiotik akan langsung bergerak menuju saluran pencernaan bagian bawah dan berinteraksi dengan probiotik.

Prebiotik berfungsi sebagai sumber makanan bagi bakteri, ragi, dan berbagai mikroba bermanfaat dalam usus besar Anda. Ibarat pupuk, jenis karbohidrat kompleks ini mendorong pertumbuhan mikroba dan menyuburkan mikrobioma.

Keberadaan prebiotik membantu bakteri usus untuk menghasilkan asam lemak rantai pendek yang penting bagi sel-sel usus besar. Zat gizi ini juga dapat terserap oleh darah dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Sumber probiotik dan prebiotik di sekitar Anda

fungsi dan cara kerja usus besar

Probiotik serta prebiotik kini banyak tersedia dalam bentuk suplemen. Meski demikian, suplemen sebaiknya tidak menjadi sumber pertama Anda untuk mendapatkan asupan keduanya.

Sebelum mencari suplemen probiotik ataupun prebiotik, Anda bisa mendapatkan keduanya dari makanan sehari-hari. Berikut beberapa contohnya.

1. Sumber probiotik

Probiotik umumnya terkandung dalam makanan yang difermentasi. Tergantung bahan dasar dan produk akhir yang diinginkan, proses fermentasi makanan dapat melibatkan bakteri Bacillus, Lactobacillus, Streptococcus, Lactococcus, dan lain-lain.

Sumber probiotik yang bisa Anda temukan sehari-hari di antaranya:

  • yogurt,
  • kefir,
  • tempe,
  • miso,
  • kimchi,
  • sauerkraut,
  • acar,
  • kombucha,
  • natto, serta
  • keju cheddar, mozzarella, dan keju cottage.

2. Sumber prebiotik

Probiotik dan prebiotik berasal dari sumber yang berbeda. Jika probiotik berasal dari makanan fermentasi, prebiotik justru lebih banyak pada sayuran, buah, dan biji-bijian. Pasalnya, kelompok makanan ini biasanya mengandung pati resisten.

Contoh makanan yang mengandung prebiotik yakni:

  • apel,
  • pisang,
  • berbagai macam berry,
  • bawang putih,
  • bawang bombai,
  • daun bawang,
  • asparagus,
  • sayuran hijau,
  • tomat,
  • kedelai,
  • jelai (barley),
  • gandum dan oat,
  • biji rami (flaxseed), dan
  • rumput laut.

Perhatikan ini saat mengonsumsi probiotik dan prebiotik

anatomi dan fungsi usus besar

Konsumsi probiotik serta prebiotik dalam waktu bersamaan disebut terapi mikrobioma. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa terapi ini cukup efektif untuk mengatasi diare, sindrom iritasi usus besar (IBS), pilek, hingga obesitas.

Tidak hanya itu, konsumsi keduanya terbukti ampuh meringankan gejala radang sendi serta berpotensi mencegah penyebaran kanker. Hal ini mungkin berkaitan dengan manfaat bakteri usus yang begitu besar bagi kesehatan secara menyeluruh.

Akan tetapi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengingatkan adanya risiko konsumsi probiotik dan prebiotik secara bersamaan. Mereka melaporkan beberapa kasus efek samping pada orang yang menjalani terapi mikrobioma.

Efek samping umum yang muncul meliputi penumpukan gas, perut kembung, sembelit, penurunan nafsu makan, dan perubahan konsistensi feses. Berbagai keluhan ini umumnya muncul pada awal seseorang menjalani terapi mikrobioma.

Efek samping tersebut umumnya berbahaya. Namun, ada satu efek samping yang cukup berbahaya, yaitu reaksi alergi. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami ruam atau sakit perut parah setelah mengonsumsi probiotik.

Terlepas dari risiko efek samping tersebut, probiotik dan prebiotik mempunyai manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Pastikan Anda menyertakan keduanya dalam menu harian untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Prebiotics vs. Probiotics: What’s the Difference?. (2020). Retrieved 21 May 2021, from https://health.clevelandclinic.org/prebiotics-vs-probiotics-whats-the-difference/

Prebiotics, probiotics and your health. (2021). Retrieved 21 May 2021, from https://www.mayoclinic.org/prebiotics-probiotics-and-your-health/art-20390058

Prebiotics and Probiotics: Creating a Healthier You. (2020). Retrieved 21 May 2021, from https://www.eatright.org/food/vitamins-and-supplements/nutrient-rich-foods/prebiotics-and-probiotics-creating-a-healthier-you

Probiotics and Prebiotics: What’s the Difference?. (2020). Retrieved 21 May 2021, from https://www.healthline.com/nutrition/probiotics-and-prebiotics

How to get more probiotics. (2020). Retrieved 21 May 2021, from https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/how-to-get-more-probiotics

Probiotics: What You Need To Know. (2019). Retrieved 21 May 2021, fromRetrieved 21 May 2021, from https://www.nccih.nih.gov/health/probiotics-what-you-need-to-know

Quigley E. M. (2013). Gut bacteria in health and disease. Gastroenterology & hepatology, 9(9), 560–569.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 3 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x