Kupas Tuntas Manfaat Vitamin B1 (Tiamin) Plus Sumber Makanan Terbaiknya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Vitamin B1, sering juga disebut tiamin, berperan penting untuk mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Jadi kalau Anda kekurangan vitamin B1, tubuh akan cepat lelah dan tidak bertenaga. Memangnya apa saja manfaat vitamin B1 dan dari mana saja vitamin ini bisa didapatkan? Yuk, cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Vitamin B1 itu apa, sih?

Vitamin B1 atau tiamin adalah jenis vitamin B yang berfungsi untuk mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Karena vitamin B1 larut air, vitamin ini akan dibawa oleh aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Khususnya untuk menjaga fungsi sistem saraf, jantung, dan otot agar bekerja dengan baik.

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bisa disebut vitamin B1, vitamin B2, hingga vitamin B12? Faktanya, vitamin B1 adalah jenis vitamin B pertama yang ditemukan oleh para ilmuwan. Karena itulah, jenis vitamin B ini diberikan angka satu untuk membedakannya dengan jenis vitamin B yang lain.

Apa saja manfaat vitamin B1 untuk kesehatan?

meningkatkan fungsi kognitif otak memperkuat memori

Manfaat vitamin B1 yang paling penting adalah membantu mencegah komplikasi pada organ tubuh, terutama pada sistem saraf, otak, jantung, lambung, dan usus. Pasalnya, vitamin B1 ini akan diserap oleh elektrolit untuk menjaga fungsi sel-sel otot dan saraf tubuh.

Selain itu, berbagai manfaat vitamin B1 adalah:

1. Mencegah beri-beri

Manfaat vitamin B1 paling penting untuk mencegah penyakit beri-beri. Penyakit ini terjadi karena tubuh tidak dapat mengubah asupan karbohidrat dari makanan menjadi energi. Akibatnya, hal ini memicu penumpukan asam piruvat dalam aliran darah dan menyebabkan beri-beri.

Gejala penyakit beri-beri meliputi penurunan fungsi otot, sesak napas, detak jantung meningkat, kaki bengkak, mual, hingga sulit berbicara. Penyakit ini sering kali memicu masalah kesehatan lainnya, termasuk gangguan jantung dan sistem pencernaan.

2. Meningkatkan fungsi kognitif pada penderita Alzheimer

Dikutip dari Livescience, vitamin B1 dapat membantu memperbaiki fungsi otak, khususnya pada penderita penyakit Alzheimer. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Vietnamese American Medical Research Foundation yang melaporkan bahwa asupan vitamin B1 dapat meningkatkan fungsi kognitif pada pasien Alzheimer.

3. Mengurangi stres

Tiamin alias vitamin B1 sering disebut sebagai vitamin antistres. Menurut dr. Sherry Ross, seorang spesialis kandungan sekaligus ahli kesehatan wanita dari Providence Saint John’s Health Center di Santa Monica, California, asupan tiamin dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres.

Dengan asupan vitamin B1 yang cukup, orang yang mudah stres akan merasa lebih tenang, berpikir positif, dan lebih sanggup melawan stres yang mengganggu pikirannya.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Banyak atlet yang mengandalkan suplemen tiamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain menjaga sistem imun tubuh, manfaat vitamin B1 dalam bentuk suplemen juga dapat membantu meringankan berbagai penyakit yang meliputi:

  • HIV/ AIDS
  • Sariawan
  • Katarak
  • Glaukoma dan gangguan penglihatan lainnya
  • Kanker serviks
  • Diabetes
  • Stres
  • Penyakit jantung
  • Gangguan ginjal pada pasien diabetes tipe 2
  • Mabuk
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Meski demikian, manfaat vitamin B1 untuk mencegah atau meringankan penyakit-penyakit yang disebutkan di atas masih harus diteliti lebih lanjut oleh para ahli untuk membuktikannya.

Berbagai sumber makanan terbaik yang memberikan manfaat vitamin B1

vitamin supaya cepat hamil

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan vitamin B1 harian orang dewasa (usia 16 sampai 49 tahun) berkisar antara 1,1 sampai 1,4 miligram.

Meskipun jumlahnya sangat sedikit, Anda mungkin saja mengalami kekurangan vitamin B1. Apalagi kalau Anda terkena diabetes atau HIV/AIDS, menggunakan obat diuretik dalam dosis tinggi, kecanduan alkohol, atau berusia lanjut.

Vitamin B1 juga tidak diproduksi ataupun disimpan dalam tubuh. Karena itulah, Anda membutuhkan asupan vitamin B1 dari luar yang berasal dari makanan.

Beragam makanan sumber vitamin B1 meliputi:

  • Daging
  • Telur
  • Kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil
  • Gandum utuh yang diperkaya vitamin B1 seperti sereal, roti, dan pasta
  • Nasi
  • Sayur dan buah-buahan seperti kembang kol, jeruk, dan kentang

Supaya manfaat vitamin B1 ini dapat diserap secara maksimal, hindari minum teh dan kopi bersamaan dengan makan makanan sumber vitamin B1. Pasalnya, teh dan kopi mengandung tanin, bahan kimia yang dapat mengganggu penyerapan vitamin B1 dalam tubuh.

Selain lewat makanan, Anda juga bisa meraup manfaat vitamin B1 lewat suplemen. Akan tetapi, konsultasikan dulu ke dokter untuk mengetahui dosis yang tepat buat Anda.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mie Instan atau Nasi: Mana yang Bikin Lebih Cepat Gemuk?

Saat ingin menjaga atau menurunkan berat badan, Anda mungkin bingung memilih mana yang lebih baik: nasi putih atau mie instan. Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

5 Sumber Makanan Sehari-hari yang Mengandung Biotin

Biotin (vitamin B7) bermanfaat untuk menghasilkan energi pada tubuh. Apa saja makanan sehat yang mengandung biotin? Cari tahu di sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Rasanya Memang Lezat, Tapi Apakah Selai Cokelat Kacang Sehat?

Banyak orang suka makan roti dengan olesan selai kacang cokelat saat sarapan. Namun, apa dampaknya untuk kesehatan? Apakah menyehatkan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Fakta Gizi, Nutrisi 17 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Daftar Makanan untuk Atasi Kekurangan Sel Darah Putih

Leukosit yang rendah bisa membuat Anda rentan kena infeksi. Makanan penambah sel darah putih bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan leukosit Anda.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Kelainan Darah, Kelainan Sel Darah Putih 16 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit


Direkomendasikan untuk Anda

bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
daging angsa

Belum Banyak Diketahui, Inilah Manfaat Daging Angsa dan Kandungan Gizinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
resep membuat bakwan

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
dampak buruk minum bubble tea

Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Doyan Minum Bubble Tea

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Dipublikasikan tanggal: 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit