7 Manfaat Kacang Pecan yang Tak Kalah Menyehatkan dari Kacang Lainnya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Kacang-kacangan mengandung serat dan protein nabati tinggi yang baik untuk kesehatan. Kacang juga tinggi akan kandungan lemak sehat, vitamin dan mineral, serta antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Salah satu jenis kacang yang menyimpan segudang manfaat adalah kacang pecan. Anda mungkin lebih familiar dengan kacang tanah atau kacang almond, tapi manfaat kacang pecan juga tak kalah menakjubkan untuk kesehatan tubuh, lho!

Berbagai manfaat kacang pecan untuk kesehatan tubuh

1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Kacang pecan kaya akan antioksidan polifenol flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Bahkan, kandungan polifenol dalam kacang pecan dua kali lipat lebih tinggi daripada kacang almond, kacang mete, dan pistachio.

Selain itu, kacang pecan mengandung tinggi gamma-tokoferol Gamma-tokoferol adalah salah satu bentuk vitamin E yang baik untuk tubuh. Dilansir dari laman Health, dua penelitian berbeda menunjukkan bahwa tingginya kadar gamma-tokoferol pada makanan olahan kacang pecan dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol yang menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Maka tak heran bila kacang pecan ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan tulang dan kulit

Kacang pecan mengandung berbagai mineral yang diperlukan oleh tubuh. Sebut saja thiamin, seng, mangan, dan tembaga. Setiap 30 gram kacang pecan dapat memenuhi 60 persen asupan mangan harian dan 40 persen asupan tembaga harian tubuh. Apa manfaatnya?

Mangan membantu mengatur gula darah dan menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, mineral yang satu ini juga membantu membentuk kolagen, protein khusus yang dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap kenyal dan elastis.

Manfaat kacang pecan untuk kesehatan kulit ini ternyata tidak hanya datang dari mangan saja. Kacang pecan mengandung asam ellagic, vitamin A, dan vitamin E yang terbukti ampuh melawan radikal bebas penyebab penuaan kulit.

Sementara itu, kandungan tembaga di dalam kacang pecan dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah, menjaga kekebalan tubuh, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, saraf, dan tulang. Menakjubkan, bukan?

3. Mencegah sembelit

Anshul Jaibharat, seorang ahli gizi, mengungkapkan bahwa kacang pecan mengandung tinggi serat yang baik untuk membantu membersihkan saluran cerna sehingga mencegah sembelit, serta menurunkan risiko wasir dan radang usus.

4. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang diet, kacang pecan adalah pilihan camilan sore yang tepat. Ya! Salah satu manfaat kacang pecan yang tak kalah menakjubkan adalah membantu menurunkan berat badan.

Pasalnya, kacang pecan mengandung beberapa kelompok vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, thiamin, asam pantotenat, vitamin B6, dan folat yang semuanya membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Hal inilah yang juga membuat kacang pecan lebih lama dicerna dalam perut sehingga membuat Anda kenyang lebih lama. Alhasil, Anda menjadi tidak tergoda untuk makan lebih banyak demi memuaskan hasrat perut.

5. Mencegah peradangan

Sebuah studi membuktikan bahwa asupan magnesium pada kacang pecan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, salah satunya pada dinding arteri.

Berkurangnya peradangan pada dinding arteri secara tidak lansung dapat menurunkan risiko arthritis, penyakit Alzheimer, penyakit kardiovaskular, dan penyakit peradangan lainnya.

6. Mencegah rambut rontok

Manfaat kacang pecan yang satu ini mungkin dibutuhkan oleh Anda yang sedang berjuang mengatasi rambut rontok, juga kaum pria yang rentan mengalami kebotakan.

Kacang pecan mengandung asam amino L-arginin yang dapat mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, asam amino tersebut juga mampu meningkatkan elastisitas pada dinding arteri sehingga membuat laju aliran darah ke akar rambut jadi lebih lancar. Pasokan darah segar ke kulit kepala memabantu pertumbuhan rambut jadi lebih maksimal dan membuat kulit kepala lebih sehat.

7. Menurunkan risiko kanker

Manfaat kacang pecan yang tak kalah penting adalah mampu melindungi tubuh dari risiko kanker. Asam ellagic pada kacang pecan dapat menghambat pengikatan DNA karsinogen penyebab kanker, di antaranya nitrosamin dan hidrokarbon aromatik polisiklik.

Kacang pecan mengandung asam oleat, yaitu asam lemak yang terbukti mampu menurunkan risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kandungan serat pada kacang pecan dapat membersihkan pencernaan sehingga terhindar dari risiko kanker usus.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Ragam Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Walaupun digoreng, Anda bisa membuat bakwan yang enak, gurih, dan lebih sehat. Simak beragam resep membuat bakwan yang mudah berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Resep Sehat, Nutrisi 24 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Benarkah Rutin Makan Ikan Turunkan Risiko Stroke dan Gagal Jantung?

Ikan sering jadi lauk makan nasi sehari-hari orang Indonesia. Psstt... Makan ikan dua kali seminggu ternyata bantu turunkan risiko penyakit jantung, lho!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Jantung 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Masalah Kesehatan yang Mungkin Muncul Akibat Doyan Minum Bubble Tea

Boleh saja minum bubble tea, tapi kalau terlalu sering, waspada bahayanya bagi kesehatan. Bagaimana agar tetap sehat meski doyan bubble tea?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Ivena
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

Mie Instan atau Nasi: Mana yang Bikin Lebih Cepat Gemuk?

Saat ingin menjaga atau menurunkan berat badan, Anda mungkin bingung memilih mana yang lebih baik: nasi putih atau mie instan. Simak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 20 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

patah hati menyebabkan kematian

Benarkah Patah Hati Dapat Sebabkan Kematian?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
bakteri asam laktat

5 Makanan dan Minuman Sehat yang Mengandung Bakteri Asam Laktat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit
manfaat belimbing

9 Manfaat Kesehatan dari Makan Buah Belimbing

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
daging angsa

Belum Banyak Diketahui, Inilah Manfaat Daging Angsa dan Kandungan Gizinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit