8 Manfaat Buah Kelengkeng yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Meskipun berukuran kecil, ternyata buah kelengkeng punya banyak manfaat yang luar biasa loh bagi kesehatan tubuh. Si kecil nan imut ini juga banyak digemari karena memang memiliki rasa yang manis dan nikmat. Buah ini sering disebut sebagai “saudaranya buah leci” karena bentuk, rasa, dan ukuran sangat mirip dengan buah leci. Perbedaan yang mencolok hanya pada warna dan tekstur kulitnya saja – buah kelengkeng memiliki warna kulit cokelat dengan tekstur yang lebih halus. Simak manfaat buah kelengkeng berikut ini.

1. Kaya vitamin C

Buah kelengkeng mengandung vitamin C sebanyak 84 miligram per 3.5 ons loh! Jumlah ini mampu memenuhi 93 persen kebutuhan asupan vitamin C harian seorang pria, dan lebih dari 100 persen kebutuhan harian wanita.

2. Memperkuat tulang

Sebuah penelitian yang diterbitkan di tahun 2013 dalam “Maturitas” melaporkan jika wanita menopause yang kekurangan mineral seperti tembaga di dalam tubuh secara signifikan akan lebih mungkin mengalami risiko terkena osteoporosis dengan bertambahnya usia mereka. Idealnya, orang dewasa harus memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga sebanyak 900 mikrogram setiap hari.

Oleh karena itu orang dewasa disarankan mengonsumsi buah kelengkeng segar sekitar 3,5 ons per hari yang mana mengandung 807 mikrogram mineral. Artinya, mengonsumsi buah kelengkeng mampu memenuhi kebutuhan tembaga hampir 90 persen dari angka kecukupan gizi per hari.

3. Baik untuk mata

Riboflavin merupakan jenis vitamin penting yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks. Seorang pria perlu asupan 1,3 mg vitamin ini setiap hari, sementara perempuan 1,1 mg. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2005 dalam “Archives of Ophthalmology”, tidak mengkonsumsi riboflavin dalam jumlah yang memadai dapat meningkatkan risiko gangguan mata, khususnya katarak. Sedangkan dengan mengonsumsi 3,5 ons kelengkeng kering bisa memenuhi kebutuhan asupan riboflavin sebanyak 38 persen untuk pria dan 45 persen untuk wanita berdasarkan angka kecukupan gizi per hari.

4. Manfaat untuk kecantikan dan performa seksual

Mengonsumsi buah kelengkeng bisa membuat kulit lebih bersinar dan manis. Bahkan bagi masyarakat Tiongkok, mengonsumsi kelengkeng tidak hanya baik untuk kulit, namun juga bisa digunakan sebagai obat kuat alami agar tahan dalam berhubungan seksual. Buah kelengkeng juga sangat dianjurkan dikonsumsi bagi wanita Tiongkok karena tidak hanya memberikan manfaat bagi kecantikan namun juga bermanfaat untuk kepuasaan seksual – sudah menjadi tradisi turun temurun selama 2000 tahun lalu.

5. Membantu program diet

Buah kelengkeng memiliki kandungan lemak dan protein yang relatif rendah. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan buah ini sebagai menu makanan diet. Setengah cangkir lengkeng hanya mengandung 35 kalori sehingga direkomendasikan bagi Anda yang menjalani program diet rendah kalori.

6. Sumber energi

Meskipun kelengkeng memiliki kandungan lemak dan kalori yang cukup rendah, tapi ternyata buah ini banyak mengandung karbohidrat kompleks loh! Hal ini membuat tubuh terpenuhi asupan karbohidratnya sehingga mampu meningkatkan stamina.

7. Menyembuhkan luka

Manfaat buah kelengkeng yang lain yaitu dapat membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dikarenankan buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

8. Mengurangi stres

Manfaat buah kelengkeng lainnya, ternyata buah ini memiliki kandungan zat anti depresan.  Oleh karena itu mengonsumsi buah kelengkeng mampu memberikan efek ketenangan saraf dan mencegah terjadinya rasa lelah yang berlebihan dan terhindar dari masalah insomnia.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Dari Mana Lemak Dagu Berasal? Bisakah Dihilangkan?

Jika Anda berkaca, mungkin Anda melihat dagu Anda yang berlipat. Lipatan itu diakibatkan oleh lemak dagu. Sebenarnya, dari mana lemak dagu berasal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Saat sarapan, yang penting bukan porsinya, tapi apa yang kita makan. Pastikan salah satu (atau lebih) makanan ini ada di menu makan Anda setiap pagi.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

5 Kreasi Resep Bubur yang Nikmat untuk Sarapan dan Selingan Sore Hari

Bubur termasuk sajian favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, bubur juga mudah dibuat. Yuk, coba beberapa resep bubur ini di rumah!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Resep Sehat, Nutrisi 21 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

Ragam Manfaat Makan Buah Markisa untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa asam manis yang khas dan menyegarkan, ternyata buah markisa memiliki banyak manfaat kesehatan loh! Simak ulasannya berikut ini:

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
panduan diet bebas gula

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
manfaat terong

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
gula dalam buah

Kandungan Gula Dalam Buah, Apa Efeknya Bagi Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 23 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit