backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Jenis Strawberry yang Umum Ditemukan di Indonesia

Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro · General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 18/04/2024

10 Jenis Strawberry yang Umum Ditemukan di Indonesia

Rasa asam yang menyegarkan ditambah sedikit manis dan warna merah merona membuat strawberry menjadi buah yang banyak disukai. Ternyata buah yang tumbuh di area dingin ini memiliki beragam jenis dengan karakteristik yang berbeda. Berikut ini jenis strawberry yang perlu Anda ketahui.

Macam-macam strawberry

Strawberry (stroberi) merupakan sumber vitamin C yang tinggi, dalam 100 gram buah ini mengandung 58,8 gram vitamin C. 

Berkat kandungan ini, strawberry memiliki beragam manfaat, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah hipertensi, hingga menjaga kesehatan pencernaan.

Buah merah dengan bintik-bintik kecil ini memiliki banyak jenis. Perbedaan setiap jenisnya terletak pada ukuran, warna, rasa, dan ketahanan terhadap kondisi lingkungan tertentu.

Nah, berikut ini beberapa jenis strawberry yang umum Anda temukan.

1. Rosa linda

Rosa linda merupakan jenis stroberi yang umum ditemukan di Indonesia. Jenis ini paling banyak dibudidayakan di daerah Bedugul, Bali.

Meski begitu, jenis stroberi ini sebenarnya berasal dari Florida, Amerika.

Bentuk buah stroberi ini menyerupai kerucut, berukuran kecil, dan warnanya merah terang pertanda kandungan antioksidannya tinggi. Keunggulan jenis tanaman stroberi ini yaitu tahan terhadap jamur.

2. Selva

Jenis strawberry lainnya yaitu selva yang tumbuh subur di daerah Karanganyar. Tanaman strawberry ini aslinya berasal dari Italia.

Stroberi selva dikenal karena aromanya yang wangi, buahnya besar, dan rasanya manis. Selva biasanya memiliki bentuk agak memanjang dan warna merah yang cerah.

Hampir sama dengan buah stroberi lainnya, selva juga mengandung quercetin, ellagic acid, antosianin, dan kaempferol yang baik untuk kesehatan.

3. Oso grande

Oso grande merupakan jenis strawberry yang tumbuh subur di daerah Purbalingga dan berasal dari California.

Stroberi ini memiliki tekstur daging buah yang padat dan bagian tengahnya bertekstur seperti busa.

Buah yang mengandung vitamin C ini cukup populer dan banyak dikonsumsi masyarakat karena mudah dibudidayakan, dan tahan terhadap hama serta cuaca ekstrem.

4. Earlibrite (Holibert) 

stroberi sumber antioksidan

Selain dodol, Garut juga memiliki makanan khas lain yaitu stoberi holibert. Jenis buah yang juga dikembangkan di Ciwidey ini terkenal dengan rasanya yang manis dan tekstur buah yang kenyal.

Anda bisa mengenali jenis strawberry ini dengan melihat ujung buahnya yang runcing.

Strawberry paling manis jenis apa?

Dikutip dari Strawberry Plants, jenis strawberry yang paling manis adalah albion. Namun, jenis ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Strawberry paling manis yang umum ada di Indonesia yaitu strawberry Korea. Sementara itu, strawberry lokal rasanya lebih asam daripada strawberry impor.

5. Sweet Charlie

Sweet Charlie adalah salah satu varietas strawberry yang populer dan dianggap sebagai varietas yang sangat produktif dan memiliki rasa yang manis.

Varian stroberi ini dikenal karena buahnya yang besar, berwarna cerah, dan memiliki rasa yang khas. 

Jenis stroberi yang mengandung flavonoid ini juga dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi iklim, asalkan ada penyediaan air yang cukup dan sinar matahari yang memadai.

6. California

Jenis strawberry california tumbuh subur di daerah Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Uniknya, jenis ini dapat tumbuh di dataran rendah.

Namun, buah merah ini memiliki rasa yang cenderung lebih asam daripada varietas lainnya. 

7. Chandler

Chandler merupakan salah satu buah strawberry yang banyak ditemukan di Bondowoso. Meski begitu, buah ini berasal dari California, Amerika. 

Buah yang baik untuk sarapan ini memiliki ukuran cukup besar dengan tekstur yang renyah karena kandungan air yang tinggi di dalam buahnya. 

8. Nyoho

buah untuk ibu hamil

Jenis strawberry lainnya yaitu nyoho. Buah ini berasal dari Jepang dan Korea. Varian ini dikenal karena buahnya yang besar, manis, dan wangi sehingga dikenal sebagai ‘queen of strawberry’.

Stroberi nyoho memiliki bentuk yang bulat agak memanjang dan berwarna merah cerah. Rasanya manis sedikit pahit dan teksturnya lembut.

9. Hokowaze

Jenis tanaman strawberry lain yang tumbuh di Indonesia yaitu hokowaze. Buah jenis ini berasal dari Jepang bagian utara.

Jenis stroberi ini dikenal tahan terhadap cuaca ekstrem dan hama sehingga menghasilkan jumlah panen yang tinggi.

Buah yang mengandung banyak air ini juga rasanya lezat, wanginya cukup tajam, serta daging buahnya lunak. 

10. Tristar

Strawberry tristar berasal dari Amerika. Buah tristar cenderung kecil hingga sedang, tetapi rasanya sangat manis dan lezat. Selain itu, aroma yang cukup tajam membuat jenis ini cukup populer di pasaran.

Jenis buah rendah gula ini juga biasanya cukup tahan terhadap penyakit dan kondisi lingkungan yang tidak ideal. Hal ini membuat jenis strawberry ini mudah dipanen dalam jumlah besar.

Nah, itu tadi merupakan macam-macam strawberry yang umum ditemukan di Indonesia. Jenis mana yang tertarik Anda coba atau menjadi favorit Anda?

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Patricia Lukas Goentoro

General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 18/04/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan