Pro dan Kontra Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Jelly

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Diet jelly adalah salah satu cara cepat menurunkan berat badan tanpa perlu repot. Sesuai dengan namanya, Anda perlu banyak makan jelly alias agar-agar selama melakukan diet ini. Agar-agar memang tinggi serat yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama sehingga mencegah ngidam makanan yang aneh-aneh. Namun, apakah cara diet ini efektif dan benar-benar sehat? Berikut ulasannya.

Benarkah hanya perlu makan agar-agar selama diet jelly?

Tidak demikian. Agar-agar dalam diet ini lebih digunakan sebagai pengganti camilan di sela waktu makan untuk mengganjal perut. Artinya, Anda tetap perlu mengontrol asupan kalori dan mengatur porsi makan harian Anda sementara menjalani diet jelly.

Meski begitu, agar-agar yang digunakan tidak bisa sembarangan. Anda disarankan untuk makan agar-agar yang rendah kalori dan tanpa gula. Pada umumnya, agar-agar yang dibuat dari bubuk mengandung sekitar 65 kalori. Agar-agar juga termasuk makanan yang bebas lemak.

Manfaat penurunan berat badan dari diet jelly ini datang dari kandungan gelatin yang mengandung tinggi protein juga serat dari rumput laut. Setengah gelas agar yang dilarutkan (120 ml) bisa mengandung hingga 2 gram protein.

Sementara itu, beberapa jenis rumput laut, seperti rumput laut cokelat, mengandung pigmen fucoxanthin yang dapat meningkatkan kerja metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian terbitan jurnal Food Chemistry yang menemukan bahwa alginat, serat alami yang terdapat pada rumput laut cokelat, dapat membantu memperlambat lemak dalam usus hingga 75 persen.

Manfaat lain dari diet jelly

Selain berpotensi untuk menurunkan berat badan, diet jelly juga menyimpan berbagai manfaat lainnya untuk kesehatan. Antara lain:

1. Baik untuk pencernaan

Serat dari rumput laut dan kandungan glisin dalam agar-agar dapat membantu memperlancar pencernaan. Selain itu, gelatin juga dapat merangsang produksi asam lambung dan enzim-enzim perncernaan lainnya agar mempermudah makanan bergerak dalam saluran pencernaan.

Itu sebabnya makan agar dapat mencegah Anda dari risiko masalah pencernaan seperti diare dan sembelit. Kesehatan saluran cerna yang lebih baik juga pada akhirnya membantu tubuh lebih efektif mengatur dan menyimpan energi serta cadangan lemak.

Selain itu, sebuah penelitian tahun 2002 menyatakan bahwa glisin dapat mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada orang-orang yang memiliki diabetes tipe 2.

2. Bantu tidur lebih nyenyak

Glisin adalah jenis asam amino yang terkandung dalam gelatin. Sebuah penelitian tahun 2012 melaporkan bahwa asupan glisin dapat meningkatkan stamina sehingga Anda tidak mudah capek dan mengantuk pada siang hari.

Glisin juga membantu Anda tidur lebih nyenyak karena asam amino tersebut membantu merangsang otak untuk melepaskan hormon ngantuk melatonin dalam jumlah yang lebih banyak dan stabil sepanjang malam.

Namun, agar-agar hampir nol gizi

Meski tinggi serat dan cukup mengenyangkan, agar-agar bisa dikatakan sebagai makanan yang minim gizi lainnya atau bahkan sama sekali nol. Maka, Anda tetap perlu mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya dari makanan lain. Jika tidak, Anda malah akan berisiko mengalami kekurangan gizi. Minimnya kandungan gizi dalam agar justru memicu rasa lemas dan tidak bertenaga.

Selain itu, kebanyakan produk agar siap saji di pasaran mengandung gula. Asupan gula yang berlebihan akan disimpan oleh tubuh sebagai cadangan lemak. Hal ini tentu bisa berbalik menjadi bumerang bagi tujuan awal Anda berdiet, bukan?

Buat sendiri jelly sehat di rumah

Untuk menyiasati risiko tambahan gula yang tidak perlu serta menangkis kekurangan gizi selama diet jelly, ada baiknya Anda buat sendiri agar-agar di rumah.

Gunakan jelly serbuk tanpa rasa yang minim kalori dan gula, atau dari lembaran gelatin sapi yang dilarutkan di air hangat. Jangan tambahkan gula, tapi hadirkan rasa manis serta asupan nutrisi lainnya dari topping buah-buahan segar, seperti potongan mangga, jeruk, stroberi, hingga siraman yogurt sebagai sausnya.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Kenali Tanda dan Cara Mengatasi Anak Hiperaktif

Sebagai orangtua, Anda perlu tau bedanya anak yang aktif dan hiperaktif. Yuk, kenali tanda dan cara mengatasi anak hiperaktif!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Kesehatan Anak, Parenting 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

Mengapa Sebagian Orang Mudah Dihipnotis, Sementara yang Lain Tidak?

Anda mungkin waspada ketika berjalan sendirian, takut dihipnotis oleh orang tak dikenal. Tahukah Anda tidak semua orang mudah dihipnotis?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Penyakit Saraf Lainnya 4 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Manfaat Kesehatan yang Bisa Anda Dapat dari Buah Mangga

Kandungan mangga yang manis dan asam menyegarkan menjadikan buah musiman ini bintangnya rujak. Apa saja manfaat mangga untuk kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Fakta Gizi, Nutrisi 4 Maret 2021 . Waktu baca 6 menit

9 Bahaya yang Bisa Terjadi Jika Nekat Bikin Tato di Mata

Tertarik ingin mata Anda berwarna tidak hanya warna putih saja? Tato mata bisa jadi jawabannya. Sebelum lakukan, cari tahu dulu bahayanya di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Mata, Penyakit Mata 3 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara pakai termometer

Mengenal 4 Jenis Termometer yang Paling Umum, dan Cara Pakainya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu lucid dream

Sedang Mimpi Tapi Sadar? Begini Penjelasan Fenomena Lucid Dream

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit

Mata Kucing Pada Anak? Waspada Gejala Kanker Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 5 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit
berhenti minum pil kb

7 Hal yang Bisa Terjadi Pada Tubuh Jika Anda Berhenti Minum Pil KB

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Maret 2021 . Waktu baca 5 menit