Bagian Tubuh Mana yang Akan Kehilangan Lemak Lebih Dulu?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Semua orang memiliki cadangan lemaknya masing-masing. Jangan salah, meskipun orang kurus sekalipun, mereka juga mempunyai cadangan lemak di dalam tubuhnya. Cadangan lemak didapatkan dari makanan-makanan yang berkalori yang sisa dan tidak dicerna oleh tubuh untuk energi, sehingga tubuh menyimpannya di dalam sel lemak. Ketika seseorang mengalami kekurangan gula di dalam tubuhnya, cadangan lemak ini berperan untuk menggantikan gula menjadi bahan dasar energi.

Pada orang yang gemuk, cadangan lemak yang dimilikinya lebih banyak hingga terlihat menumpuk di berbagai bagian, seperti di leher, lengan, perut, pinggul, serta paha. Titik-titik tersebutlah yang cenderung menjadi tempat cadangan lemak disimpan di dalam tubuh. Lalu dari bagian-bagian tersebut, bagian tubuh mana yang akan menyusut terlebih dahulu?

Tubuh tidak bisa bakar lemak di bagian paha atau perut saja

Sebuah penelitian lama yang telah dilakukan pada tahun 1971 yang melakukan riset pada kelompok pemain tenis membuktikan bahwa pada para pemain tenis tersebut tidak ditemukan adanya perbedaan lemak subkutan (lemak yang berada di bawah kulit) yang ada di lengan kanan atau kiri mereka. Padahal, salah satu lengan mereka selalu digunakan untuk bermain tenis.

Penelitian lain yang juga membuktikan bahwa tubuh tidak bisa bakar lemak pada satu bagian saja, yaitu penelitian baru yang melibatkan banyak 104 orang yang melihat jumlah lemak subkutan melalui MRI Scan (Magnetic Resonance Imaging Scan). Semua responden yang ikut dalam studi ini adalah olahragawan yang sering menggunakan salah satu lengannya untuk berolahraga. Hasil yang sama didapatkan juga dari penelitian ini yaitu, lemak yang dibakar oleh tubuh adalah lemak keseluruhan, sedangkan lemak yang ada di lengan kanan ataupun kiri hampir sama jumlahnya.

Mengapa tubuh kita harus bakar lemak secara keseluruhan?

Sebenarnya sel-sel lemak yang mengandung cadangan lemak tersebut tersebar di seluruh bagian tubuh. Namun memang, pada laki-laki sel-sel ini cenderung banyak disimpan di sekitar perut dan membuat perut laki-laki menjadi buncit. Sedangkan pada wanita sel-sel ini justru lebih banyak menumpuk di bagian panggul dan paha, sehingga hampir sebagian besar wanita memiliki bentuk tubuh seperti buah pir – lebih besar di bagian panggul dibandingkan dengan bagian atas tubuh.

Hal ini berkaitan dengan hormon reproduksi yang dimiliki masing-masing. Laki-laki mempunyai hormon terstoteron dan wanita memiliki hormon estrogen, kedua hormon ini bertanggung jawab akan penyimpangan lemak di tubuh.

Karena sel-sel lemak tersebar di seluruh bagian tubuh, maka saat Anda melakukan olahraga, tubuh akan secara alami memakai semua cadangan lemak yang tersebar di seluruh bagian tubuh tersebut untuk dipakai sebagai sumber energi. Cadangan lemak yang ada di dalam sel lemak tersebut  disebut sebagai trigliserida. Saat tubuh kekurangan energi, seperti ketika sedang berolahraga, trigliserida akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah, lalu diubah menjadi gliserol atau gula otot untuk diubah menjadi energi di otot. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tubuh akan bakar lemak secara keseluruhan, tidak membakarnya pada bagian tubuh yang spesifik saja.

Lemak bagian mana yang akan terbakar lebih dulu?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masing-masing individu memiliki kecenderungan tersendiri dalam hal penumpukan lemak. Pada laki-laki, lemak cenderung disimpan di perut dan wanita di bagian panggul atau bawah tubuh. Hal ini berlaku juga dalam proses pembakaran lemak. Jika seseorang cenderung menyimpan lemak pada perutnya terlebih dahulu, maka tubuh akan bakar lemak pada bagian tersebut, begitu juga pada seseorang yang menyimpan lemak pada panggul terlebih dahulu.

Oleh karena itu, apabila Anda melakukan olahraga dengan teratur dan rutin, maka lemak-lemak yang berlebihan akan dibakar pelan-pelan oleh tubuh. Sehingga tidak ada lagi bagian tubuh yang kelihatan berlipat karena tumpukan lemak. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan bagi orang dewasa untuk melakukan  setidaknya 2,5-3 jam olahraga dengan intensitas sedang setiap minggunya untuk mencegah lemak menumpuk di bagian tubuh.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Penasaran apa manfaat kayu secang untuk kesehatan? Klik di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Tidak hanya bermanfaat bagi orang yang sehat, olahraga juga harus dilakukan oleh mantan penderita kanker. Apa saja manfaatnya? Olahraga apa yang dianjurkan?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kebugaran 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Telat haid memang bisa jadi ciri hamil, tapi bisa juga tidak. Jadi berapa lama sejak telat datang bulan bisa menjadi pertanda kehamilan. Cek di sini ya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Wanita, Menstruasi 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

7 Olahraga untuk Membantu Menambah Tinggi Badan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
apa itu kalori adalah

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
tips perawatan setelah sunat

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit