home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Bagian Tubuh Mana yang Akan Kehilangan Lemak Lebih Dulu?

Bagian Tubuh Mana yang Akan Kehilangan Lemak Lebih Dulu?

Semua orang memiliki cadangan lemaknya masing-masing. Jangan salah, meskipun orang kurus sekalipun, mereka juga mempunyai cadangan lemak di dalam tubuhnya. Cadangan lemak didapatkan dari makanan-makanan yang berkalori yang sisa dan tidak dicerna oleh tubuh untuk energi, sehingga tubuh menyimpannya di dalam sel lemak. Ketika seseorang mengalami kekurangan gula di dalam tubuhnya, cadangan lemak ini berperan untuk menggantikan gula menjadi bahan dasar energi.

Pada orang yang gemuk, cadangan lemak yang dimilikinya lebih banyak hingga terlihat menumpuk di berbagai bagian, seperti di leher, lengan, perut, pinggul, serta paha. Titik-titik tersebutlah yang cenderung menjadi tempat cadangan lemak disimpan di dalam tubuh. Lalu dari bagian-bagian tersebut, bagian tubuh mana yang akan menyusut terlebih dahulu?

Tubuh tidak bisa bakar lemak di bagian paha atau perut saja

Sebuah penelitian lama yang telah dilakukan pada tahun 1971 yang melakukan riset pada kelompok pemain tenis membuktikan bahwa pada para pemain tenis tersebut tidak ditemukan adanya perbedaan lemak subkutan (lemak yang berada di bawah kulit) yang ada di lengan kanan atau kiri mereka. Padahal, salah satu lengan mereka selalu digunakan untuk bermain tenis.

Penelitian lain yang juga membuktikan bahwa tubuh tidak bisa bakar lemak pada satu bagian saja, yaitu penelitian baru yang melibatkan banyak 104 orang yang melihat jumlah lemak subkutan melalui MRI Scan (Magnetic Resonance Imaging Scan). Semua responden yang ikut dalam studi ini adalah olahragawan yang sering menggunakan salah satu lengannya untuk berolahraga. Hasil yang sama didapatkan juga dari penelitian ini yaitu, lemak yang dibakar oleh tubuh adalah lemak keseluruhan, sedangkan lemak yang ada di lengan kanan ataupun kiri hampir sama jumlahnya.

Mengapa tubuh kita harus bakar lemak secara keseluruhan?

Sebenarnya sel-sel lemak yang mengandung cadangan lemak tersebut tersebar di seluruh bagian tubuh. Namun memang, pada laki-laki sel-sel ini cenderung banyak disimpan di sekitar perut dan membuat perut laki-laki menjadi buncit. Sedangkan pada wanita sel-sel ini justru lebih banyak menumpuk di bagian panggul dan paha, sehingga hampir sebagian besar wanita memiliki bentuk tubuh seperti buah pir – lebih besar di bagian panggul dibandingkan dengan bagian atas tubuh.

Hal ini berkaitan dengan hormon reproduksi yang dimiliki masing-masing. Laki-laki mempunyai hormon terstoteron dan wanita memiliki hormon estrogen, kedua hormon ini bertanggung jawab akan penyimpangan lemak di tubuh.

Karena sel-sel lemak tersebar di seluruh bagian tubuh, maka saat Anda melakukan olahraga, tubuh akan secara alami memakai semua cadangan lemak yang tersebar di seluruh bagian tubuh tersebut untuk dipakai sebagai sumber energi. Cadangan lemak yang ada di dalam sel lemak tersebut disebut sebagai trigliserida. Saat tubuh kekurangan energi, seperti ketika sedang berolahraga, trigliserida akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah, lalu diubah menjadi gliserol atau gula otot untuk diubah menjadi energi di otot. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tubuh akan bakar lemak secara keseluruhan, tidak membakarnya pada bagian tubuh yang spesifik saja.

Lemak bagian mana yang akan terbakar lebih dulu?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, masing-masing individu memiliki kecenderungan tersendiri dalam hal penumpukan lemak. Pada laki-laki, lemak cenderung disimpan di perut dan wanita di bagian panggul atau bawah tubuh. Hal ini berlaku juga dalam proses pembakaran lemak. Jika seseorang cenderung menyimpan lemak pada perutnya terlebih dahulu, maka tubuh akan bakar lemak pada bagian tersebut, begitu juga pada seseorang yang menyimpan lemak pada panggul terlebih dahulu.

Oleh karena itu, apabila Anda melakukan olahraga dengan teratur dan rutin, maka lemak-lemak yang berlebihan akan dibakar pelan-pelan oleh tubuh. Sehingga tidak ada lagi bagian tubuh yang kelihatan berlipat karena tumpukan lemak. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menganjurkan bagi orang dewasa untuk melakukan setidaknya 2,5-3 jam olahraga dengan intensitas sedang setiap minggunya untuk mencegah lemak menumpuk di bagian tubuh.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Medical Daily. (2017). Why You Can’t Target A Single Body Part For Weight Loss. [online] Available at: http://www.medicaldaily.com/weight-loss-whole-body-thing-and-spot-reducing-fat-doesnt-work-317930  [Accessed 23 Jan. 2017].

Rush, M. (2017). What Parts of the Body Lose Fat First?. [online] LIVESTRONG.COM. Available at: http://www.livestrong.com/article/333182-what-parts-of-the-body-lose-fat-first/  [Accessed 23 Jan. 2017].

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 21/12/2020
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x