4 Aturan Utama Melakukan “Cheat Day” Saat Sedang Diet

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bagi sebagian orang yang sedang diet, akhir pekan biasanya adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya, akhir pekan adalah hari di mana Anda bisa melahap hidangan yang selama diet cuma jadi angan semata. Kebebasan makan saat sedang melakukan program diet sering disebut dengan cheat day atau libur diet sehari. Beragam makanan yang selama program diet terkesan “haram”, pada saat cheat day pun bisa dengan leluasa Anda konsumsi.

Eits, tunggu dulu! Meski begitu, cheat day juga ada aturannya supaya program diet yang sudah dilakukan tidak sia-sia. Apa saja aturan cheat day? Simak dalam artikel ini.

Perlukah melakukan cheat day saat diet?

Cheat day atau libur diet sehari adalah suatu hari atau keadaan di mana kita memberikan sedikit kebebasan (tapi tetap terkendali) kepada diri sendiri dengan “mengizinkan” mengonsumsi makanan kesukaan selama satu kali seminggu. Waktu yang digunakan untuk cheat day setiap orang berbeda-beda. Ada yang menentukan hanya di akhir pekan, ada juga yang di salah satu hari tertentu.

Sampai saat ini, ada banyak perdebatan terkait cheat day. Beberapa peneliti yang kontra umumnya mengemukakan bahwa cara tersebut malah memicu pola makan yang tidak sehat dan menjebak pelaku diet menjadi lebih rakus karena sulit mengontrol makan.

Sedangkan pakar kesehatan yang pro beranggapan bahwa hal tersebut bermanfaat untuk melengkapi kekurangan kalori selama melakukan program diet yaitu pembatasan kalori. Bahkan, sebagian wanita yang sedang melakukan diet ketat mengaku melakukan cheat day sebagai salah satu bentuk hadiah akan perjuangannya menjalankan pola makan rendah lemak.

Keuntungan melakukan cheat day

Cheat day yang benar dapat meningkatkan metabolisme dan mengisi ulang glikogen yang habis sekaligus membuat tubuh tetap dalam fase membakar lemak.

Namun, kesalahan terbesar bagi sebagian orang adalah mereka umumnya menjadikan hal tersebut sebagai hari “balas dendam” dengan mengonsumsi makanan tidak sehat dalam jumlah besar. Nah, hal ini lah yang justru membuat berat tubuh tidak akan berkurang tapi bertambah.

Itu sebabnya, sebelum menjalani cheat day,  Anda harus selalu ingat prinsip kalori berlebih sama dengan simpanan lemak. Jadi, ketahuilah cara tepat melakukan cheat day agar target tubuh langsing idaman Anda mudah tercapai. Selain itu, yang tidak kalah penting, jadwalkan menu sehat untuk sebagai santapan saat hari libur diet dengan bijaksana karena tujuan cheat day adalah mempermudah diet agar meraih tubuh ideal, bukan sebaliknya.

Aturan cheat day yang benar dan aman

Berikut ini beberapa aturan cheat day yang bisa Anda perhatikan sebelum melakukannya. Dengan menerapkan aturan ini, semua makanan bisa secara aman dikonsumsi tanpa takut mengalami kenaikan berat badan.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Tidak hanya ketika diet saja, mengonsumsi makanan sehat pada dasarnya wajib untuk dilakukan setiap hari. Jadi, aturan cheat day yang pertama, pastikan Anda tetap memperhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein dan kaya serat. Pasalnya, makanan tersebut dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan namun tetap menjaga kebugaran tubuh Anda walaupun sedang melakukan diet.

2. Makan secara perlahan

Meskipun Anda bebas memakan apapun saat hari libur diet, Anda harus tetap ingat untuk memperhatikan cara makan Anda. Makanlah makanan yang Anda sukai secara perlahan dengan mengunyahnya secara perlahan-lahan sehingga Anda bisa menikmati rasa pada makanan tersebut. Selain itu, makan secara perlahan akan membuat Anda lebih cepat kenyang.

3. Memperhatikan porsi

Selain memperhatikan cara makan, Anda juga harus memperhatikan porsi makan selama melakukan cheat day. Aturan cheat day yang satu ini pada dasarnya sama saat Anda sedang melakukan program diet. Konsumsilah makanan dalam jumlah yang sedikit, tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan. Jadi, makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar. Selain meminalisir perut begah, hal tersebut juga akan membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah.

4. Buat versi sehat dari makanan favorit Anda

Anda suka pizza? Burger? Atau makanan junk food dan fast food lainnya? Tenang, kedua jenis makanan tersebut bisa Anda konsumsi saat cheat day, kok! Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Makanan yang dibuat sendiri selain lebih enak, juga lebih sehat. Jadi, jangan malas untuk bereksplorasi di dapur, ya!

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Manfaat Terong untuk Kesehatan yang Sayang Dilewatkan

Terong sering disayur, digoreng, atau dijadikan sambal. Di balik nikmatnya, ternyata ada berbagai macam manfaat terong yang sayang jika dilewatkan.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Fakta Gizi, Nutrisi 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Dari Mana Lemak Dagu Berasal? Bisakah Dihilangkan?

Jika Anda berkaca, mungkin Anda melihat dagu Anda yang berlipat. Lipatan itu diakibatkan oleh lemak dagu. Sebenarnya, dari mana lemak dagu berasal?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan, Informasi Kesehatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Ragam Manfaat Makan Buah Markisa untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa asam manis yang khas dan menyegarkan, ternyata buah markisa memiliki banyak manfaat kesehatan loh! Simak ulasannya berikut ini:

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Fakta Gizi, Nutrisi 7 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

10 Makanan Terbaik untuk Anda yang Cepat Lapar

Anda sering merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu meski sudah makan? Sudah saatnya mencoba menu makanan berikut ini agar Anda tidak cepat lapar.

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 29 November 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara mengobati sakit pinggang dengan olahraga

Berapa Lama Waktu Jogging agar Kalori Terbakar Optimal?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 26 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
pilihan beras untuk menurunkan berat badan

Beras Merah vs Beras Shirataki, Mana yang Efektif untuk Diet?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit
panduan diet bebas gula

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit