home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Aturan Utama Melakukan "Cheat Day" Saat Sedang Diet

4 Aturan Utama Melakukan "Cheat Day" Saat Sedang Diet

Bagi sebagian orang yang sedang diet, akhir pekan biasanya adalah hari yang paling ditunggu-tunggu. Pasalnya, akhir pekan adalah hari di mana Anda bisa melahap hidangan yang selama diet cuma jadi angan semata. Kebebasan makan saat sedang melakukan program diet sering disebut dengan cheat day atau libur diet sehari. Beragam makanan yang selama program diet terkesan “haram”, pada saat cheat day pun bisa dengan leluasa Anda konsumsi.

Eits, tunggu dulu! Meski begitu, cheat day juga ada aturannya supaya program diet yang sudah dilakukan tidak sia-sia. Apa saja aturan cheat day? Simak dalam artikel ini.

Perlukah melakukan cheat day saat diet?

Cheat day atau libur diet sehari adalah suatu hari atau keadaan di mana kita memberikan sedikit kebebasan (tapi tetap terkendali) kepada diri sendiri dengan “mengizinkan” mengonsumsi makanan kesukaan selama satu kali seminggu. Waktu yang digunakan untuk cheat day setiap orang berbeda-beda. Ada yang menentukan hanya di akhir pekan, ada juga yang di salah satu hari tertentu.

Sampai saat ini, ada banyak perdebatan terkait cheat day. Beberapa peneliti yang kontra umumnya mengemukakan bahwa cara tersebut malah memicu pola makan yang tidak sehat dan menjebak pelaku diet menjadi lebih rakus karena sulit mengontrol makan.

Sedangkan pakar kesehatan yang pro beranggapan bahwa hal tersebut bermanfaat untuk melengkapi kekurangan kalori selama melakukan program diet yaitu pembatasan kalori. Bahkan, sebagian wanita yang sedang melakukan diet ketat mengaku melakukan cheat day sebagai salah satu bentuk hadiah akan perjuangannya menjalankan pola makan rendah lemak.

Keuntungan melakukan cheat day

Cheat day yang benar dapat meningkatkan metabolisme dan mengisi ulang glikogen yang habis sekaligus membuat tubuh tetap dalam fase membakar lemak.

Namun, kesalahan terbesar bagi sebagian orang adalah mereka umumnya menjadikan hal tersebut sebagai hari “balas dendam” dengan mengonsumsi makanan tidak sehat dalam jumlah besar. Nah, hal ini lah yang justru membuat berat tubuh tidak akan berkurang tapi bertambah.

Itu sebabnya, sebelum menjalani cheat day, Anda harus selalu ingat prinsip kalori berlebih sama dengan simpanan lemak. Jadi, ketahuilah cara tepat melakukan cheat day agar target tubuh langsing idaman Anda mudah tercapai. Selain itu, yang tidak kalah penting, jadwalkan menu sehat untuk sebagai santapan saat hari libur diet dengan bijaksana karena tujuan cheat day adalah mempermudah diet agar meraih tubuh ideal, bukan sebaliknya.

Aturan cheat day yang benar dan aman

Berikut ini beberapa aturan cheat day yang bisa Anda perhatikan sebelum melakukannya. Dengan menerapkan aturan ini, semua makanan bisa secara aman dikonsumsi tanpa takut mengalami kenaikan berat badan.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Tidak hanya ketika diet saja, mengonsumsi makanan sehat pada dasarnya wajib untuk dilakukan setiap hari. Jadi, aturan cheat day yang pertama, pastikan Anda tetap memperhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein dan kaya serat. Pasalnya, makanan tersebut dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan namun tetap menjaga kebugaran tubuh Anda walaupun sedang melakukan diet.

2. Makan secara perlahan

Meskipun Anda bebas memakan apapun saat hari libur diet, Anda harus tetap ingat untuk memperhatikan cara makan Anda. Makanlah makanan yang Anda sukai secara perlahan dengan mengunyahnya secara perlahan-lahan sehingga Anda bisa menikmati rasa pada makanan tersebut. Selain itu, makan secara perlahan akan membuat Anda lebih cepat kenyang.

3. Memperhatikan porsi

Selain memperhatikan cara makan, Anda juga harus memperhatikan porsi makan selama melakukan cheat day. Aturan cheat day yang satu ini pada dasarnya sama saat Anda sedang melakukan program diet. Konsumsilah makanan dalam jumlah yang sedikit, tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan. Jadi, makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar. Selain meminalisir perut begah, hal tersebut juga akan membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah.

4. Buat versi sehat dari makanan favorit Anda

Anda suka pizza? Burger? Atau makanan junk food dan fast food lainnya? Tenang, kedua jenis makanan tersebut bisa Anda konsumsi saat cheat day, kok! Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Makanan yang dibuat sendiri selain lebih enak, juga lebih sehat. Jadi, jangan malas untuk bereksplorasi di dapur, ya!

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

8 Cheat Foods That Won’t Ruin Your Diet – http://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/g2464/best-cheat-foods/? Diakses pada 6 Juli 2017

The Art and Science of “Cheat Meals” – http://www.livestrong.com/article/542505-the-art-and-science-of-cheat-meals/ diakses pada 6 Juli 2017

How Many Cheat Meals Should You Have Per Week? – http://www.fitnessmagazine.com/weight-loss/eating/how-many-cheat-meals-should-you-have-per-week/ diakses pada 6 Juli 2017

How 6 Women Used Cheat Meals To Help Them Lose Weight – http://www.womenshealthmag.com/weight-loss/cheat-meals-for-weight-loss diakses pada 6 Juli 2017

How to Cheat on Your Diet and Still Lose Weight – http://www.webmd.com/diet/obesity/features/cheat-on-your-diet-and-still-lose-weight#1 diakses pada 6 Juli 2017

http://www.webmd.com/diet/a-z/cheaters-diet

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 23/11/2020
x