home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Sendi Rahang Sakit? Cari Tahu Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Nyeri sendi dapat terjadi pada bagian tubuh mana pun, termasuk rahang. Masalah ini tentu bisa mengganggu aktivitas harian Anda, seperti berbicara dan makan. Cari tahu apa penyebab, gejala, dan cara mengatasi sakit sendi rahang lewat artikel di bawah ini.

Berbagai penyebab sendi rahang terasa sakit

rahang sakit

Persendian rahang bekerja seperti engsel geser untuk membuka dan menutup mulut. Kerja persendian ini juga melibatkan otot, ligamen, dan tulang rahang.

Kebanyakan penyebab sakit rahang muncul akibat cedera pada otot rahang Anda. Namun, nyeri rahang juga bisa saja akibat masalah atau gangguan yang spesifik menyerang sendi penyokongnya.

Berikut beberapa penyebab yang membuat rahang sakit:

1. Temporomandibular joint disorder (TMD)

Persendian rahang memiliki nama lain yaitu sendi temporomandibular (TMJ). Persendian ini merupakan engsel yang menghubungkan rahang dengan tulang temporal yang berada di tengkorak dekat dengan telinga.

Sendi temporomandibular yang membuat Anda mampu membuka mulut dengan menggerakkan rahang ke atas, bawah, dan sisi lainnya.

Gangguan pada sendi rahang ini disebut dengan Temporomandibular Joint Disorder (TMD). Hal yang paling umum menyebabkan sendi rahang temporomandibular sakit, seperti melansir dari laman Mayo Clinic adalah:

  • Cedera fisik (benturan, jatuh, cedera olahraga) yang mengenai gigi atau rahang.
  • Stimulasi berlebih pada sendi rahang, misalnya akibat kebiasaan menggeretakkan gigi (bruxism) atau mengatupkan rahang kencang-kencang
  • Alur gigi yang tidak rata atau posisi rahang atas dan bawah yang tidak sejajar
  • Stres
  • Arthritis (radang sendi).

2. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah jenis arthritis yang menyebabkan pengapuran pada persendian terdampak. Akibatnya, sendi menjadi nyeri dan kaku sehingga sulit digerakkan. Anda kemungkinan Anda menjadi kesulitan membuka mulut lebar-lebar.

Selain menyebabkan sendi rahang sakit, osteoarthritis juga membuat rahang berbunyi berderak “krek-krek” saat digerakkan.

Kondisi ini umumnya terjadi saat tulang rawan yang seharusnya melindungi bagian ujung tulang rahang aus dan mengalami kerusakan akibat peradangan secara bertahap. Osteoarthritis pada rahang paling sering hanya menyerang satu sisi wajah.

3. Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis (RA) alias rematik adalah jenis arthritis yang menyebabkan persendian terasa nyeri, bengkak, dan kaku. Rematik seringnya muncul oleh orang lanjut usia (lansia), tapi juga bisa terjadi pada orang dewasa muda, remaja, dan anak-anak.

Saat rematik menyerang sendi rahang, Anda akan merasakan nyeri saat mengunyah dan juga menjadi kaku. Pada tahap lanjut, ada kemungkinan persendian rahang juga akan mengeluarkan bunyi saat Anda gerakkan.

Tidak seperti OA yang hanya memengaruhi satu sisi wajah, peradangan rematik memengaruhi sendi secara simetris. Gejala nyeri sendi rahang akibat rematik dapat Anda rasakan pada kedua sisi wajah.

Tanda gejala rahang sakit pertanda penyakit

kesehatan mulut dan gigi

Gejala nyeri sendi rahang yang paling umum adalah rasa sakit yang terasa pada area sekitar wajah bawah. Gejala lain yang biasanya timbul adalah:

  • Nyeri ringan sampai parah.
  • Rasa sakit pada bagian dalam dan sekitar telinga.
  • Telinga menjadi sakit juga berdenging.
  • Kesulitan mengunyah atau tidak nyaman saat mengunyah.
  • Nyeri saat menggigit.
  • Sendi rahang terasa kaku atau terkunci sehingga sulit untuk membuka atau menutup mulut.
  • Sakit pada bagian wajah sampai ke bagian rahang.
  • Ada bunyi “klik” atau “krek” saat membuka dan menutup rahang.
  • Pembengkakan pada bagian wajah.
  • Wajah menjadi lebih sensitif, yang meliputi rahang, leher, serta telinga.
  • Wajah yang terlihat lelah.

Namun, perlu Anda ingat kembali jika gejala yang dialami setiap orang dapat bervariasi tergantung dengan penyebabnya. Sebaiknya konsultasikan ke dokter jika Anda merasa sendi rahang sakit tapi tidak yakin apa yang menyebabkannya.

Cara mengatasi sendi rahang sakit

delirium adalah

Sebagian besar kasus nyeri sendi rahang, terutama yang taraf ringan, bisa hilang dengan sendirinya. Apabila sendi rahang masih terasa sakit, sebaiknya Anda segera melakukan sesuatu untuk meredakan nyeri itu. Apalagi jika nyeri jstru bertambah buruk.

Berikut cara mengatasi rahang sakit yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan kompres panas atau dingin

Rendam handuk atau waslap tipis dalam air hangat, peras kelebihan airnya, dan tempelkan pada bagian rahang yang terasa sakit selama 10-15 menit. Anda juga bisa membuat bantal pemanas (heating pad) di rumah.

Suhu hangat membantu melebarkan pembuluh sehingga aliran darah lebih lancar menuju lokasi sakit. Hal ini dapat membantu meredakan nyeri dan mengendurkan otot serta sendi rahang yang terlalu aktif.

Sementara jika rahang tampak bengkak, kompres dengan air dingin selama 10-15 menit. Suhu dingin membantu menghambat produksi zat pemicu radang dan mengempiskan bengkak.

Berikan jeda sekitar 20 menit sebelum Anda mengompres ulang jika merasa perlu.

2. Konsumsi obat pereda nyeri

Agar aktivitas harian Anda tidak terganggu, ada berbagai pilihan obat pereda nyeri yang bisa Anda konsumsi.

Apabila Anda memilih obat minum, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini akibat pemberian obat bisa bergantung dengan area yang sakit serta tingkat keparahan. Beberapa pilihat obat pereda rahang sakit yang dapat Anda beli di apotek tanpa resep adalah:

Jika rasa sakit pada sendi rahang termasuk berat, dokter dapat meresepkan pereda nyeri golongan opioid kuat seperti kodein, fentanyl, dan oksikodon.

3. Pijat

Pijat wajah menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi nyeri sendi rahang taraf ringan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Gunakan jari telunjuk dan jari tengah.
  • Tekan bagian yang sakit dengan jari tersebut pada bagian rahang Anda.
  • Lakukan gerakan memutar selama 5 sampai 10 kali rotasi.
  • Pijat juga otot-otot pada bagian sisi leher juga untuk meredakan ketegangan yang menyebabkan sendi rahang sakit.
  • Setelah itu, coba buka mulut Anda dan ulangi kembali.

Agar manfaatnya lebih optimal tanpa efek samping lanjutan, ada baiknya untuk berkonsultasi lebih dulu kepada terapis terpercaya.

4. Terapi fisik

Terapi fisik merupakan salah satu komponen terpenting dalam perawatan nyeri sendi rahang. Tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan gerakan rahang menjadi normal kembali dan meredakan rasa sakit. Latihan untuk nyeri sendi rahang dapat membantu:

  • menguatkan otot rahang,
  • meregangkan rahang,
  • merelaksasikan rahang,
  • meningkatkan pergerakan rahang,
  • mendukung penyembuhan rahang sakit.

Menurut National Health Service, contoh terapi fisik yang biasanya pasien dengan sendi rahang sakit jalani adalah:

  • Gerakan membuka mulut. Cobalah berdiri di depan cermin dan buka mulut Anda. Tahan rahang atas dan bawah sejajar, tapi jangan memaksa. Lakukan selama 30 detik, beberapa kali.
  • Gerakan menyamping. Anda bisa melakukan gerakan ini berdiri atau duduk. Kemudian, buka mulut sekitar 1 cm dan gerakan rahang bawah ke sisi kanan dan kiri. Saat melakukan gerakan ini jangan memaksakan diri, sesuaikan saja dengan kemampuan rahang Anda. Setiap sisinya, tahan 30 detik dan lakukan pengulangan.
  • Mulut terbuka sejajar. Lakukan dengan posisi duduk atau berdiri. Letakkan ujung lidah Anda pada langit-langit mulut, lalu buka mulut Anda semampu Anda. Tahan selama 30 detik, lalu tutup mulut Anda. Ulangi gerakan tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Physical therapy for temporomandibular disorders. (n.d.). Retrieved May 10, 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/hw209438.

Haketa, T., Kino, K., Sugisaki, M., Takaoka, M., & Ohta, T. (2010).Randomized clinical trial of treatment for tmj disc displacement. Journal of Dental Research, 89(11), 1259-1263. doi:10.1177/0022034510378424.

Tmj disorders. (2018, December 28). Retrieved May 10, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tmj/symptoms-causes/syc-20350941.

Temporomandibular joint (TMJ) exercises. (2019, October). Retrieved from https://www.kch.nhs.uk/Doc/pl%20-%20868.1%20-%20temporomandibular%20joint%20(tmj)%20exercises.pdf.

Rheumatoid arthritis. (2019, March 01). Retrieved May 11, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/rheumatoid-arthritis/symptoms-causes/syc-20353648.

Osteoarthritis. (2020, February 22). Retrieved May 11, 2021, from https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/osteoarthritis/symptoms-causes/syc-20351925.

Publishing, H. (n.d.). What could cause my sudden jaw pain? Retrieved May 10, 2021, from https://www.health.harvard.edu/pain/what-could-cause-my-sudden-jaw-pain.

Rheumatoid arthritis. (2021, May 05). Retrieved May 10, 2021, from https://www.niams.nih.gov/health-topics/rheumatoid-arthritis#tab-symptoms.

Sodhi, A., Naik, S., Pai, A., & Anuradha, A. (2015). Rheumatoid arthritis affecting temporomandibular jointContemporary clinical dentistry6(1), 124–127. https://doi.org/10.4103/0976-237X.149308.

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Aprinda Puji Diperbarui 7 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x