home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Penyebab Nyeri Lutut Parah dan Tak Tertahankan

5 Penyebab Nyeri Lutut Parah dan Tak Tertahankan

Setiap orang mungkin mengalami masalah lutut setidaknya satu kali dalam hidup, namun biasanya hanya berupa nyeri ringan saja. Bagaimana jika nyeri lutut yang Anda alami sakitnya tak tertahankan? Simak berbagai penyebab nyeri lutut yang parah, agar Anda dapat mengendalikannya dengan lebih baik.

Penyebab nyeri lutut parah

1. Cedera lutut

Cedera lutut bisa terjadi kapanpun dalam hidup Anda. Ini dapat memengaruhi ligamen dan tendon di sekitar sendi lutut, dan tulang serta ligamen yang membentuk sendi lutut. Beberapa cedera penyebab nyeri lutut parah termasuk:

Cedera ACL

ACL adalah singkatan dari Anterior Cruciate Ligament, yaitu salah satu dari empat ligamen yang menghubungkan tulang kering dengan tulang paha. Cedera ACL adalah robekan pada ligamen ini. Cedera ACL biasanya terjadi pada orang yang bermain olahraga yang memerlukan perubahan arah yang mendadak, seperti bola basket, sepak bola, atau bola voli. Wanita lebih cenderung untuk mengalami cedera ACL daripada pria.

Patah tulang

Saat Anda mengalami kecelakaan, seperti terjatuh dari pohon atau tangga, atau kecelakaan lalu lintas, Anda bisa mengalami patah tulang. Orang yang menderita osteoporosis lebih cenderung untuk mengalami patah tulang daripada orang pada umumnya.

Bursitis lutut

Beberapa gerakan lutut yang repetitif menyebabkan penumpukan cairan di atas sendi lutut. Ini memperparah nyeri saat Anda menekuk lutut sepenuhnya. Bursitis lutut memengaruhi orang dengan pekerjaan tertentu seperti pesepakbola.

Tendinitis patella

Tendinitis patella adalah masalah pada tendon patella. Tendon patella adalah sekelompok jaringan fibrosa yang menghubungkan otot quadriceps di bagian depan tulang paha dengan tulang kering. Orang yang bermain olahraga dengan lompatan seperti bola basket dan bola voli lebih beresiko tinggi untuk kondisi ini.

2. Arthritis

Arthritis adalah penyebab umum nyeri lutut parah. Berikut adalah beberapa jenis arthritis:

Osteoarthritis

Dengan bertambahnya usia atau penggunaan yang berlebihan, lutut menjadi kurang fleksibel, kaku dan terasa nyeri. Rasa sakit ini bisa memburuk saat Anda menumpukan beban pada lutut. Osteoarthritis juga dapat menyebabkan pembengkakan yang dipenuhi cairan di bagian belakang lutut, yang terasa sangat menyakitkan.

Rheumatoid arthritis

Rheumatoid arthritis terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Kondisi ini bisa terjadi pada setiap sendi tubuh. Rheumatoid arthritis adalah penyakit kronis tetapi bisa menjadi parah.

Arthritis akibat infeksi

Ini terjadi saat lutut Anda terinfeksi. Anda bisa mengalami demam, kemudian lutut Anda akan menjadi bengkak, panas, dan terasa menyakitkan. Anda mungkin harus menguras cairan yang menumpuk dalam lutut sebelum meminum antibiotik. Dalam beberapa kasus, operasi diperlukan.

3. Masalah mekanis

Tubuh kendur

Seiring waktu dan usia, tulang dan tulang rawan bisa mengalami degenerasi. Beberapa tulang atau tulang rawan bisa pecah dan mengambang di tempat sendi. Rasa nyeri bisa timbul saat Anda menggerakkan lutut.

Dislokasi

Tulang yang disebut patella bergeser dari posisinya, dan terjadilah dislokasi tempurung lutut. Kondisi ini biasanya terjadi di bagian depan kaki dan lebih cendrung untuk dialami wanita daripada pria. Lutut akan menjadi bengkak dan Anda akan merasakan sakit dan mungkin tidak bisa berjalan.

Nyeri pinggul atau telapak kaki

Terkadang saat Anda mengalami nyeri pinggul atau telapak kaki, Anda akan mengubah gaya berjalan Anda untuk menghindari rasa sakit. Ini dapat berdampak pada sendi lutut.

4. Asam urat

Saat Anda memiliki penyakit asam urat, lutut Anda bisa menjadi merah, panas, dan Anda bisa mengalami nyeri parah.

Saat tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat dan membentuk kristal di sendi, lutut bisa meradang dan terasa menyakitkan. Anda mungkin tidak bisa berjalan dengan normal, bahkan mungkin tidak bisa menggerakkan lutut. Untuk mengobati asam urat, Anda mungkin dianjurkan untuk menggunakan kompres dingin dan obat-obatan.

5. Penyakit Osgood-Schlatter

Ini adalah penyakit yang biasa terjadi pada remaja dan anak muda. Jika Anda mengalami nyeri, bengkak, dan sakit di area di bawah tempurung lutut, maka kemungkinan Anda terkena penyakit Osgood-Schlatter.

Penyakit Osgood-Schlatter terjadi saat tulang di bagian atas kaki bawah mengalami patah. Bermain olahraga bisa mengakibatkan penyakit ini. Anda mungkin akan dianjurkan untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit dan mengurangi aktivitas untuk meredakan nyeri akibat penyakit ini.

Masalah-masalah yang tercantum di atas adalah penyebab umum nyeri lutut parah. Begitu Anda mengalami nyeri lutut, Anda harus menemui dokter. Dokter dapat menjelaskan penyebab nyeri Anda dan mencari cara untuk mengobati dan menghindari kondisi tersebut supaya Anda tidak mengalaminya lagi.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber
  1. Knee pain. http://www.nhs.uk/Conditions/knee-pain/Pages/Introduction.aspx. Accessed November 27, 2016.
  2. What’s Causing Your Knee Pain?. http://www.webmd.com/pain-management/knee-pain/knee-pain-causes?page=1. Accessed November 27, 2016.
  3. Knee pain. Symptoms and causes. http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/knee-pain/symptoms-causes/dxc-20190116. Accessed November 27, 2016.
  4. Anterior cruciate ligament (ACL) injury. https://medlineplus.gov/ency/article/001074.htm. Accessed November 27, 2016.
  5. Kneecap dislocation. https://medlineplus.gov/ency/article/001070.htm. Accessed November 27,
    2016.
Foto Penulis
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi Diperbarui 04/11/2020
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
x