Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Merasa Tidak Punya Hobi? Cari Tahu Passion Anda dengan 4 Cara Ini

Merasa Tidak Punya Hobi? Cari Tahu Passion Anda dengan 4 Cara Ini

Hobi sangat penting untuk kesejahteraan Anda. Menyisakan waktu untuk melakukan hal-hal kesukaan bisa memberikan banyak manfaat, baik secara fisik maupun emosional. Beberapa hobi juga bisa mengurangi stres dan melatih sisi kreativitas diri. Namun, ternyata ada orang-orang yang tidak punya hobi.

Apa penyebabnya dan bagaimana cara menemukan hobi yang tepat untuk Anda?

Mengapa ada orang yang tidak punya hobi?

Posisi membaca yang benar

Kebanyakan orang memiliki hobi atau aktivitas tertentu yang menjadi favorit. Rasanya hampir semua kegiatan bisa menjadi hobi, mulai dari yang umum seperti membaca buku atau memasak hingga mengoleksi barang yang cukup unik seperti lilin aneka bentuk.

Melakukan hobi bisa mengalihkan Anda dari rasa bosan, menjadi penghibur saat Anda sedih, dan bahkan Anda juga dapat menghasilkan keuntungan dari hobi yang Anda geluti.

Kendati demikian, tak semua orang punya kegemaran. Ada pula orang yang tidak punya hobi sama sekali.

Bukannya benar-benar tidak ingin mencoba mendalami kegiatan tertentu, justru mereka kerap berusaha mencari kegiatan yang sekiranya akan mereka senangi.

Biar telah menemukannya, rasa antusias untuk melakukan kegiatan itu seringnya cuma bertahan sementara.

Suatu hari mereka bisa saja terlihat sangat menggebu-gebu saat menggeluti hobi fotografinya. Namun, pada hari-hari berikutnya, mereka tak lagi menunjukkan ketertarikan pada bidang tersebut.

Bila Anda termasuk orang-orang tersebut, terdapat berbagai kemungkinan mengapa hal ini bisa terjadi. Salah satunya yakni faktor kesibukan dalam pekerjaan atau kegiatan sekolah.

Banyaknya tanggung jawab yang harus dikerjakan dapat membuat Anda jadi tak punya waktu untuk diri sendiri. Jangankan mendaftar kursus bahasa asing, bisa punya waktu istirahat pada akhir pekan tanpa diteror pekerjaan saja sudah cukup.

Penyebab lainnya, kegiatan-kegiatan yang telah Anda coba sebelumnya mungkin belum cukup banyak dan bervariasi. Barangkali, Anda belum mendapatkan kesempatan untuk mencoba hal-hal di luar zona nyaman Anda.

Terkadang, ada orang-orang yang bersikeras untuk menggeluti banyak hobi pada saat yang bersamaan. Akibatnya, mereka kewalahan saat mengatur waktu agar bisa melakukan semuanya.

Lantas, bagaimana caranya menemukan hobi yang tepat?

olahraga lari, berlari, jogging

Bagi beberapa orang, mencari kegemaran tidaklah semudah yang dikatakan. Seperti menemukan passion, butuh proses yang bertahap sampai akhirnya Anda bisa memutuskan untuk berkomitmen pada suatu hobi.

Meski demikian, ada beberapa cara yang dapat membantu Anda menemukan kegemaran yang sesuai.

1. Mulai secara bertahap

Anda tak perlu langsung mencoba hal-hal yang berbeda pada satu waktu. Lebih baik, pilih satu kegiatan yang lebih dulu menarik minat Anda, lalu mulailah melakukannya dengan perlahan.

Misalnya, Anda ingin belajar melukis. Sisakan waktu setidaknya setengah jam setiap beberapa hari untuk menjelajahi kegiatan ini. Lama-kelamaan, Anda dapat menentukan apakah Anda menyukainya atau tidak.

2. Catat hal-hal yang Anda senangi

Pikirkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan hal kesukaan Anda, lalu tambahkan pada catatan Anda. Misalnya, Anda senang melihat kerajinan keramik, mungkin Anda bisa berencana mendaftar kursus membuat keramik di kemudian hari.

Ketika sudah memulai kegiatan yang Anda pilih, tuliskan juga bagaimana pengalaman Anda selama menjalaninya. Buat daftar mengenai kelebihan dan kekurangan yang Anda rasakan dari kegiatan tersebut. Dari sini, Anda bisa mengetahui hal apa yang paling Anda sukai.

3. Atur prioritas

Sulit untuk menggeluti banyak hobi pada saat yang sama. Oleh karena itu, coba atur kembali prioritas Anda. Tentukan kegiatan apa yang ingin Anda jadikan sebagai hobi utama yang sekiranya bisa Anda lakukan lebih sering.

Sementara itu, kegiatan lainnya bisa Anda lakukan sebagai hobi sampingan untuk mengisi waktu di saat-saat tertentu.

4. Sesuaikan hobi dengan kepribadian Anda

perbedaan yoga dan meditasi

Kecenderungan setiap orang dalam memilih hobi ternyata dapat dipengaruhi oleh kepribadiannya. Hal ini juga perlu menjadi pertimbangan Anda dalam memilih atau melakukan hobi.

Bila Anda merupakan seorang ekstrover yang senang bergaul dan berkenalan dengan orang-orang baru, ikutilah kegiatan yang melibatkan banyak orang misalnya dengan datang ke kelas grup.

Sementara bila Anda lebih senang menyendiri dan berdiam diri di rumah, mungkin hobi semacam koleksi benda bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ingat, janganlah berkecil hati jika pada akhirnya Anda tetap belum menemukan hobi yang diminati. Sesungguhnya, hobi harus dilakukan dengan senang hati dan tanpa paksaan.

Jadi, jangan terlalu menekan diri Anda untuk menggeluti kegiatan yang tidak terlalu Anda sukai.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lost Hobbies and How to Find Them. (2021). MIT Graduate Admissions. Retrieved February 25, 2022, from https://gradadmissions.mit.edu/blog/lost-hobbies-and-how-find-them

Six Reasons to Get a Hobby. (2015). Psychology Today. Retrieved February 25, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/happy-trails/201509/six-reasons-get-hobby

Will I Ever Find My Passion? (2021). Psychology Today. Retrieved February 25, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/how-do-life/202106/will-i-ever-find-my-passion

Hobbies are Good for You: How to Find One That Fits Your Personality. (n.d.). Lifehack. Retrieved February 25, 2022, from https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/hobbies-are-good-for-you-how-find-one-that-fits-your-personality.html

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Mar 24
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.