Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Senang Mendengarkan Lagu Sedih? Ternyata Ada Manfaatnya!

    Senang Mendengarkan Lagu Sedih? Ternyata Ada Manfaatnya!

    Ketika patah hati atau sedang down, rasanya suasana hati tidak mendukung untuk mendengar lagu-lagu ceria. Kita memilih untuk tenggelam dalam kesedihan dengan mendengarkan lagu galau atau mellow. Nah, ternyata cara ini tak sepenuhnya salah. Bahkan, mendengarkan lagu galau saat sedang sedih malah bisa memberikan manfaat, lo.

    Seperti apa manfaatnya?

    Lebih baik daripada menyimpan kesedihan dalam hati

    mengapa cinta membuat galau

    Menghilangkan rasa sedih dalam diri merupakan langkah penting dalam mengatasi stres atau kehilangan sesuatu.

    Justru bila kita tidak membiarkan emosi itu meluap, kita akan menyimpan rasa sedih sehingga memunculkan emosi negatif dan membuat perasaan kehilangan semakin besar.

    Dua peneliti dari Freie Universitat Berlin, Jerman juga memiliki persepsi yang sama dalam meneliti dampak mendengarkan lagu sedih pada diri kita.

    Berdasarkan survei yang mereka lakukan terhadap 770 orang, mendengarkan lagu galau bisa membangkitkan emosi positif seperti kedamaian dan kelembutan.

    Para peneliti mengungkapkan bahwa orang-orang mendengarkan lagu sedih untuk mengubah kesedihan menjadi rasa nyaman saat menghadapi perasaan galau.

    Namun, ada pula beberapa orang yang mendengarkannya hanya karena senang dengan musik-musik tersebut.

    Lagu sedih memiliki potensi untuk mengatur mood dan emosi negatif, serta memberikan hiburan. Artinya, lagu sedih bisa memainkan peran dalam kebahagiaan seseorang.

    Pada penelitian lainnya yang terbit tahun 2019, orang-orang yang depresi justru lebih banyak memilih untuk mendengarkan lagu sedih daripada lagu yang ceria.

    Penelitian tersebut melibatkan 76 peserta, yang mana setengahnya telah didiagnosis dengan depresi klinis atau persisten. Mereka telah mengalami depresi setidaknya selama dua tahun.

    Para peserta diminta untuk memilih di antara klip musik yang berbeda. Hasilnya, banyak peserta dengan kondisi depresi yang lebih memilih musik sedih.

    Bahkan, mereka justru mengaku merasa lebih baik dan tidak terlalu sedih setelah mendengarkannya.

    Manfaat mendengarkan lagu sedih

    menjaga kesehatan mental

    Ketika Anda mendengarkan lagu sedih yang mungkin sedang populer di radio atau TV, Anda akan merasakan beberapa manfaat berikut.

    1. Membantu mengungkapkan perasaan

    Lagu melankolis yang indah dapat menjadi perantara yang baik untuk mengungkapkan ekspresi sedih Anda.

    Sebuah teori mengungkapkan ketika emosi negatif Anda muncul, ada sebuah mekanisme dalam otak yang terpicu untuk menghambat reaksi dari perasaan tersebut. Jadi, perasaan sedih Anda tidak akan berlarut-larut.

    Bahkan, dalam sebuah penelitian pada 2014, musik yang mendayu-dayu dengan lirik sedih kerap menjadi favorit untuk didengarkan setelah putus cinta karena bisa menggambarkan kesedihan kita.

    2. Menghindari tindakan impulsif yang merugikan

    Pendengar musik mampu menyadari perbedaan antara kenyataan dan apa yang digambarkan dalam lagu. Perbedaan ini memungkinkan pendengar untuk merasakan emosi negatif dalam pikirannya tanpa membuatnya berperilaku negatif.

    Ketika mendengarkan lagu sedih, pendengarnya akan mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan.

    Caranya bukan dengan sebuah tindakan negatif yang impulsif, melainkan bisa dengan merenung atau kemudian meminta bantuan orang lain untuk menyemangatinya.

    3. Membantu refleksi diri

    Mendengarkan lagu sedih mendorong kita untuk melakukan refleksi terhadap diri sendiri.

    Dengan cara ini, lagu sedih bisa membantu pendengarnya melakukan penilaian positif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kedewasaannya.

    4. Mengubah pola pikir tentang masalah yang dihadapi

    Lagu galau atau sedih bisa memengaruhi pendengarnya dan membantunya keluar dari masalah atau kesulitan yang ia hadapi.

    Perasaan trauma atau sedih ketika mendengarkan lagu galau juga akan mengingatkan bahwa Anda pernah menghadapi masalah yang lebih buruk dan nyatanya Anda masih baik-baik saja.

    5. Membangkitkan perasaan positif

    Bersamaan dengan rasa sedih, musik melankolis bisa membuat pendengarnya mendapatkan emosi positif seperti perasaan sayang dan empati.

    Perasaan tersebut bisa membuat pendengarnya berperilaku baik dan positif serta membuatnya puas karena bisa lepas dari perasaan sedih tersebut.

    Jangan didengarkan terlalu lama

    bersedih

    Meskipun mendengarkan lagu sedih bisa membuat perasaan lebih nyaman, sebaiknya jangan terlalu lama mendengarkan lagu bernuansa galau ini. Ketika Anda sudah merasa lebih baik, segera dengarkan lagu-lagu yang lebih fun.

    Pakar hubungan, Susan Winter, mengatakan bahwa mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Adele bisa membantu kita bangkit.

    “Adele menyadari bahwa cinta merupakan hadiah yang bertahan lama. Tetapi lirik lagunya juga berisi ungkapan terima kasih dan harapan agar mantan pasangan kita berbahagia di hidupnya yang baru meskipun tanpa kita,” tutur Winter.

    Masih kata Winter, berupaya merasakan hikmah dari kesedihan yang kita alami juga bisa membantu kita lebih tenang dan lebih mudah beranjak ke babak baru.

    “Dengan mendengarkan lagu-lagu yang positif dan gembira, kebahagiaan pun akan meningkat,” tandasnya.


    Stres dan butuh teman berbagi cerita?

    Ayo tanya psikolog kami atau berbagi cerita bersama di Komunitas Kesehatan Mental!


    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Should We Beware of Sad Songs? (2015). Psychology Today. Retrieved February 18, 2022, from  https://www.psychologytoday.com/blog/longing-nostalgia/201509/should-we-beware-sad-songs

    Taruffi, L., & Koelsch, S. (2014). The paradox of music-evoked sadness: an online survey. PloS one, 9(10), e110490. Retrieved February 18, 2022.
    Yoon, S., Verona, E., Schlauch, R., Schneider, S., & Rottenberg, J. (2020). Why do depressed people prefer sad music?. Emotion (Washington, D.C.), 20(4), 613–624. Retrieved February 18, 2022.
    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Mar 15
    Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
    Next article: