Birthday Blues, Rasa Sedih pada Hari Ulang Tahun

Birthday Blues, Rasa Sedih pada Hari Ulang Tahun

Bagi sebagian besar orang, ulang tahun menjadi salah satu momen yang dinantikan bahkan sejak jauh-jauh hari. Namun, rupanya tidak sedikit pula yang merasa sedih jika hari ulang tahun datang. Perasaan ini disebut birthday blues atau birthday depression.

Nah, apakah Anda juga mengalaminya? Simak tanda-tanda hingga penanganannya dalam informasi berikut.

Apa itu birthday blues?

Birthday blues atau birthday depression adalah kondisi ketika seseorang merasa sedih pada hari ulang tahunnya sendiri.

Kondisi ini bahkan bisa terjadi beberapa hari sebelum hari ulang tahun datang. Selain sedih, birthday blues juga datang dalam bentuk rasa gugup dan cemas.

Bahkan, beberapa orang bisa mengalami stres yang jika terus dibiarkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Penyebab birthday blues

Bunuh diri covid-19

Bukan tanpa alasan, perasaan sedih ini tentu didorong oleh berbagai hal dan mungkin berbeda pada setiap orang. Beberapa penyebabnya yakni sebagai berikut.

1. Bertambah tua

Tidak dapat dipungkiri bahwa ulang tahun menjadi suatu momen ketika seseorang merasa bertambah tua.

Dengan bertambahnya usia, tanggung jawab serta permasalahan dalam hidup pun semakin beragam, mulai dari pekerjaan, munculnya tanda-tanda penuaan, dan masih banyak lagi.

Hal ini menimbulkan rasa sedih yang akhirnya berkembang menjadi birthday blues.

2. Kurangnya perhatian dari orang lain

Ulang tahun kerap dikaitkan dengan perayaan, ucapan dari orang-orang sekitar, hingga hadiah yang berlimpah.

Namun, jika hal itu tidak terjadi, Anda jadi mengalami kekecewaan yang tinggi hingga muncullah birthday blues. Kondisi ini kerap membuat seseorang merasa kurang diperhatikan dan dicintai.

3. Tekanan sosial

Saat membuka media sosial, Anda mungkin kerap melihat perayaan ulang tahun seseorang yang berlangsung meriah dan didatangi banyak orang.

Namun, ketika Anda mencoba merayakannya dan sadar bahwa itu tidak semeriah mereka, ini mungkin memicu perasaan kecewa dan membuat Anda merasakan birthday blues.

4. Harapan yang belum tercapai

Hari ulang tahun kerap kali dijadikan momen untuk melihat sejauh mana Anda berada saat ini.

Anda mungkin akan mengingat pencapaian apa saja yang sudah berhasil diraih. Ketika menyadari pencapaian Anda belum sesuai rencana, perasaan stres itu akan muncul.

Anda mungkin akan merasa kecewa pada diri sendiri dan menganggap bahwa diri sendiri tidak berharga

5. Merasa sendirian

Tidak semua orang bisa merayakan ulang tahun dengan pacar, teman, atau bahkan keluarga. Ini membuat beberapa orang merasa kesepian.

Hal ini dapat terlihat saat pandemi COVID-19 lalu. Banyak orang melewati ulang tahun atau peristiwa besar dalam hidupnya tanpa berbagi dengan orang terdekat sehingga meningkatkan risiko stres dan depresi.

Bagaimana cara mencegah birthday blues?

Meskipun banyak orang tidak menyukai ulang tahun, alangkah lebih baik jika Anda tidak merasakan kesedihan di hari tersebut. Jika Anda merasakannya, cobalah untuk melakukan hal berikut:

1. Jangan berekspektasi tinggi

Saat ulang tahun, Anda mungkin berharap akan ada banyak orang yang memberi ucapan atau hadiah. Ketika itu tidak terjadi, kekecewaan akan muncul.

Untuk menghindarinya, Anda perlu menurunkan ekspektasi tersebut dan bersyukurlah atas apa yang diberikan orang-orang di sekitar, sekecil apa pun itu.

2. Buat rencana secukupnya

Menjadikan ulang tahun hari spesial sering kali membuat Anda merencakan banyak hal menyenangkan dalam satu waktu.

Namun, jagalah supaya rencana tersebut masih berada dalam batasannya. Pasalnya, jika beberapa rencana tidak terpenuhi, ini bisa membuat Anda kecewa.

3. Mulai berpikir positif tentang penuaan

Pasti ada beberapa hal tentang penuaan yang tidak Anda sukai. Namun, ingatlah bahwa ada banyak pencapaian yang berhasill Anda raih seiring bertambahnya usia.

Bertambahnya usia akan memberikan Anda lebih banyak pengalaman dan petualangan. Ingatlah hal-hal indah dalam hidup Anda sampai hari ini untuk mengatasi birthday blues.

4. Memanjakan diri

pijat refleksi saat hamil berbahaya

Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk mencegah birthday blues adalah memanjakan diri.

Ini bisa dilakukan dengan pijat refleksi untuk membuat tubuh Anda rileks, memesan makanan kesukaan Anda untuk menciptakan perasaan senang, atau menikmati suasana alam.

5. Mulai hari dengan baik

Mulailah hari ulang tahun Anda dengan hal baik seperti sarapan, lalu lanjutkan dengan aktivitas fisik sederhana atau olahraga.

Sebuah penelitian berjudul Physical Activity Dose-Response Effects on Outcomes of Depression and Anxiety membuktikan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi gejala depresi, salah satunya kesedihan.

6. Ingatkan orang lain tentang ulang tahun Anda

Tidak ada salahnya mengingatkan orang-orang di sekitar tentang ulang tahun Anda. Mereka mungkin lupa karena kesibukan atau hal lainnya.

Dengan cara ini, risiko mengalami rasa sedih karena sendirian pada hari ulang tahun akan berkurang.

Kunci bahagia pada hari ulang tahun

  • Temukan sumber kebahagiaan Anda dan lakukan apa yang Anda sukai. Pesan makanan favorit bisa jadi solusinya!
  • Ambil cuti pekerjaan dan nikmati hari spesial Anda.
  • Kontak teman-teman terdekat dan ajak mereka bertemu. Secara virtual pun tidak masalah!

Cara menghadapi seseorang yang mengalami birthday blues

Jika Anda melihat orang lain mengalami birthday blues, jangan pernah memaksa mereka untuk bahagia. Sebagai gantinya, berilah dia kata-kata penyemangat atau sarankan hiburan untuknya.

Tidak semua orang menyukai kejutan atau perayaan pada hari ulang tahunnya. Jadi, jangan langsung memberinya kejutan saat ia terlihat sedih.

Akan lebih baik jika Anda mengetahui apa yang biasa membuatnya lebih bahagia dan mencoba memberikannya.

Birthday blues adalah sesuatu hal yang wajar untuk dirasakan. Pada umumnya, perasaan ini akan menghilang dengan sendirinya.

Namun, jika Anda terus saja merasakan kesedihan, bahkan jauh sebelum hari ulang tahun, tidak ada salahnya untuk mencari bantuan profesional melalui konseling ke psikolog.

Terlebih lagi jika kesedihan yang Anda alami sampai membuat aktivitas sehari-hari jadi terganggu. Ini mungkin menandakan bahwa birthday blues kesehatan mentaltelah berdampak pada Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Birthday depression: Why birthdays are so hard. (2021). Science of People. Retrieved 5 October 2022 from https://www.scienceofpeople.com/birthday-depression/ 

Birthday depression: Why it happens & how to cope | Nobu blog. (2022). Nobu. Retrieved 5 October 2022 from https://www.nobu.ai/blog/birthday-depression/ 

Jacobson, S. (2019). Birthday blues: How milestones affect mental health. Harley Therapy™ Blog. Retrieved 5 October 2022 from https://www.harleytherapy.co.uk/counselling/birthday-blues-milestones-affect-mental-health.htm

Physical activity dose-response effects on outcomes of depression and anxiety. (2001). Retrieved 5 October 2022 from https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11427783/.

Birthday blues. (2022). Retrieved 19 October 2022, from https://n.neurology.org/content/neurology/67/2/E3.extract.jpg

Charles, S. T., Reynolds, C. A., & Gatz, M. (2001). Age-related differences and change in positive and negative affect over 23 years. Journal of Personality and Social Psychology, 80(1), 136–151. http://psycnet.apa.org/buy/2000-14236-011

7 Ways to Cope with Birthday Depression. (2017). Retrieved 19 October 2022, from https://psych2go.net/7-ways-cope-birthday-depression/

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Hillary Sekar Pawestri Diperbarui Oct 19
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.