Sedang Ulang Tahun Malah Depresi? Kenali Fenomena Birthday Blues

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda akan berulang tahun dalam waktu dekat? Atau bahkan hari ini Anda berulang tahun? Biasanya, mendekati hari ulang tahun Anda akan merasa senang, bahagia, dan bersemangat karena ingin menyambut usia barunya. Atau, banyak juga yang merasa senang karena bisa merayakan hari spesialnya bersama orang-orang terdekat. Namun, bagaimana jika Anda tidak merasa senang di hari ulang tahun? Bukannya senang, Anda malah merasa putus asa dan sedih saat ulang tahun akan tiba. Mungkin Anda mengalami birthday blues, yang juga dikenal dengan istilah birthday depression. Apa itu birthday blues? Apakah sindrom yang berbahaya? Simak jawabannya di sini. 

Birthday blues, ketika hari bahagia jadi terasa menyedihkan

Birthday blues adalah perasaan sedih, putus asa, depresi, dan tidak bahagia menjelang atau bahkan saat hari ulang tahun tiba. Mungkin terdengar aneh, tapi faktanya, sindrom ini benar-benar terjadi dan tidak sedikit orang yang mengalaminya. Telah banyak penelitian yang melaporkan kalau birthday blues bisa saja dialami oleh semua orang.

Pada kebanyakan kasus, sindrom ini terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Menurut berbagai studi, stres serta rasa sedih saat ulang tahun tiba diakibatkan oleh rasa takut karena semakin tua. Kebanyakan dari mereka merasa cemas dengan kehidupannya di masa tua, hingga muncul rasa depresi.

Dalam penelitian lain disebutkan kalau hal ini diakibatkan oleh masalah psikologis serta sosial dari masing-masing orang. Anda mungkin merasa akan bertambah umur, tetapi impian dan target hidup Anda belum tercapai juga sampai sekarang. Hal-hal seperti ini yang kemudian menyebabkan orang mengalami birthday blues atau depresi saat ulang tahun.

Bahkan, dalam studi tersebut diketahui jika birthday blues dapat menyebabkan angka kematian yang tinggi. Hal ini dikaitkan dengan depresi yang tak kunjung teratasi sehingga mereka yang mengalami birthday blues mengalami serangan jantung atau tekanan darah tinggi. Faktanya, memang telah terbukti kalau penyakit jantung bisa disebabkan oleh stres yang tak dikelola dengan baik.

diagnosis hiv

Bagaimana caranya agar tidak depresi atau sedih saat ulang tahun?

Jika Anda mengalami birthday blues, maka Anda bisa mengikuti tips berikut agar bisa menikmati hari ulang tahun dengan perasaan lebih enteng dan lega. 

  • Ingat selalu orang-orang yang menyayangi dan berharga bagi Anda, seperti pasangan, keluarga, dan kerabat dekat. Habiskan momen setahun sekali ini bersama mereka.
  • Berkumpul bersama orang lain. Jika Anda bosan atau tidak mau merayakan ulang tahun secara berlebihan, Anda bisa melakukan kegiatan sosial dan berbagi dengan orang yang membutuhkan. Kegiatan ini bisa membantu Anda menurunkan rasa stres yang dialami sekaligus membuat Anda lebih bersyukur. 
  • Pikirkan apa saja manfaat dan hal-hal kebaikan yang akan datang ketika usia Anda bertambah tua. Sebuah penelitian menyatakan kalau semakin tua, maka kemampuan Anda untuk menyelesaikan suatu masalah akan jadi lebih baik.
  • Anda juga bisa menghabiskan waktu dengan rutin berolahraga, pergi ke luar rumah dan menikmati alam, atau berbagai hal yang Anda sukai.
  • Buatlah target hidup yang lebih realistis dan sesuai dengan kemampuan Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Smoothing sudah menjadi cara lama untuk meluruskan rambut. Sekarang ada tren Brazilian blowout dengan metode baru. Benarkah lebih aman dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Perawatan Rambut & Kulit Kepala, Kesehatan Kulit 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

cara merangsang istri

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit