7 Cara Menghibur Orang Terdekat yang Sedang Sedih

    7 Cara Menghibur Orang Terdekat yang Sedang Sedih

    Ketika orang yang Anda sayangi tertimpa musibah atau kehilangan orang terdekatnya, hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat mereka merasa lebih baik adalah menghiburnya. Meski terdengar mudah, sebenarnya bagaimana cara yang tepat untuk menghibur orang yang sedih?

    Lakukan ini ketika orang terdekat sedang bersedih

    Meskipun emosi negatif seperti kesedihan memiliki manfaat, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara menghibur orang yang sedih dan membuatnya jadi lebih baik.

    Dengan begitu, kesedihan tidak akan berlarut-larut dan berkembang menjadi gangguan mental, seperti depresi atau kecemasan berlebih.

    Berikut cara yang dapat Anda lakukan.

    1. Pilih ucapan belasungkawa yang tepat

    sedang berduka

    Semua makhluk hidup di dunia ini memang akan mati pada akhirnya. Namun, jangan lantas menyepelekan duka yang ia alami dengan berkata, “Jangan sedih lagi, ya. Semua orang memang akan pergi pada waktunya, kok.”

    Pasalnya, kalimat ini terkesan dingin dan jelas sangat tidak sensitif terhadap musibah yang dialami orang lain.

    Kalau Anda bingung untuk berkata apa ketika dihadapkan dengan berita duka, cukup haturkan, “Turut berduka atas kehilanganmu. Semoga ia tenang di sana. Aku percaya (nama mendiang) adalah orang baik dan pasti dicintai oleh orang banyak”.

    2. Jangan ungkit dan samakan pengalaman Anda dengan dirinya

    Memang semua makhluk hidup akan mati dan Anda mungkin pernah mengalami hal yang sama. Akan tetapi, tidak bijak untuk mengungkit dan menyamaratakan pengalaman Anda dengan yang dialami olehnya.

    Hindarilah kata-kata seperti, “Kita sama. Aku dulu juga pernah sedih karena kehilangan (pasangan/anak/sahabat/orangtua), kok. Jangan terus-terusan berduka, ya.”

    Saat menghadapi dan menghibur orang sedih, sebisa mungkin tempatkan diri Anda di posisinya dan bersikap netral. Cobalah fokus pada momen duka orang yang Anda sayang dengan tidak memusatkan perhatian pada pengalaman Anda.

    Setiap musibah punya efek yang berbeda pada setiap orang. Tidak semua orang ingin kesedihan dan kehilangannya dibanding-bandingkan. Demikian pula dengan berduka dan menghadapi kehilangan, semua orang punya cara tersendiri.

    3. Kurangi berbicara, tetapi perbanyak mendengarkan

    Bila tidak tahu harus bagaimana cara menghibur orang yang sedang sedih, sebenarnya cukup luangkan waktu untuknya bercerita dan tawarkan bahu untuk bersandar.

    Jadilah pendengar yang baik dan tahan diri untuk berkomentar. Menjadi tempat curhat yang baik bisa membantu orang tersebut menghadapi dukanya.

    4. Temani ia dan coba untuk selalu ada di masa sedihnya

    Untuk menghibur orang sedih, sebaiknya jangan tinggalkan ia sendiri ketika sedang berduka. Temani dirinya untuk mengalihkan rasa galau dan kenangan negatif yang bisa menggerogoti jiwanya.

    Memang sulit untuk terus-terusan berada di sekitar orang yang sedang bersedih. Namun, Anda tidak boleh menyerah. Dukungan sepenuh hati yang Anda tawarkan bisa sangat membantunya untuk move on dan kembali bangkit menjalani hidupnya.

    5. Cobalah memberikan tawaran bantuan

    membantu pasangan depresi

    Sebaiknya, jangan katakan, “Kamu bisa beri tahu aku jika memerlukan sesuatu.” Pasalnya, ini mungkin hanyalah sebuah janji kosong yang justru membebani mereka.

    Untuk menghibur orang yang sedih, Anda dapat menawarkan secara khusus apa yang sedang dibutuhkannya dan harus ditindaklanjuti segera. Sebagai contoh, “Bolehkah aku menemani kamu tidur di rumah nanti malam?”

    Tawaran ini akan lebih membuat mereka merasa terbantu dan menyadari bahwa ada banyak orang yang tidak mau melihatnya bersedih.

    6. Mengenali tanda-tanda orang bersedih

    Walaupun sebenarnya tanda-tanda kesedihan dapat bervariasi pada setiap orang yang mengalaminya, terdapat beberapa tanda umum yang mungkin dapat dikenali. Berikut di antaranya.

    • Rasa putus asa.
    • Penurunan nafsu makan dan berat badan.
    • Hilangnya minat untuk beraktivitas.
    • Mudah marah.
    • Sulit untuk fokus.
    • Gelisah.
    • Linglung dan tidak terarah (brain fog).
    • Tampak lelah dan lesu.

    Saat tanda umum di atas dialami orang terdekat Anda, cara terbaik untuk menghibur mereka yakni tunjukkanlah empati padanya dan bersiaplah untuk menjadi sandarannya.

    7. Mengajaknya berolahraga bersama

    Ketika sedih, otot-otot mungkin terasa sedikit tegang, terutama pada bagian wajah, leher, dan bahu. Kadang, hal ini bahkan dapat membuat leher, kepala, dan punggung terasa sakit.

    Nah, satu lagi cara menghibur orang sedih yakni dengan mengajaknya berolahraga bersama. Anda dapat melakukan aktivitas fisik bersama untuk mengendurkan otot sekaligus mengurangi ketegangan di tubuh.

    Penelitian terbaru oleh Harvard TH Chan School of Public Health menunjukkan bahwa berlari selama 15 menit sehari atau jalan santai selama satu jam dapat mengurangi risiko depresi berat hingga 26 persen.

    Karena rasa sedih merupakan salah satu dari gejala depresi, olahraga yang demikian dapat Anda terapkan untuk menghibur orang yang sedang bersedih.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    10 TIps for offering real comfort to people in crisis. (2018). Retrieved 2 Juni 2022 from https://www.psychologytoday.com/us/blog/laugh-cry-live/201810/10-tips-offering-real-comfort-people-in-crisis

    Depression symptoms and warning signs. (2021). Retrieved 2 Juni 2022 from https://www.helpguide.org/articles/depression/depression-symptoms-and-warning-signs.htm

    Helping someone with depression. (2021). Retrieved 2 Juni 2022 from https://www.helpguide.org/articles/depression/helping-someone-with-depression.htm

    The difference between feeling sad and having depression. (2019). Retrieved 2 Juni 2022 from https://www.mentalhealthfirstaid.org/2019/10/the-difference-between-feeling-sad-and-having-depression/

    The least useful thing to say to someone who’s down. (2015). Retrieved 2 Juni 2022 from https://www.psychologytoday.com/us/blog/understand-other-people/201509/the-least-useful-thing-say-someone-whos-down

    The mental health benefits of exercise. (2021). Retrieved 2 Juni 2022 from https://www.helpguide.org/articles/healthy-living/the-mental-health-benefits-of-exercise.htm

    What not to do when loved one is hurting. (2018). Retrieved 2 Juni 2022 from https://www.psychologytoday.com/us/blog/understand-other-people/201805/what-not-do-when-loved-one-is-hurting

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti Diperbarui Jun 23
    Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.