Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya
ask-doctor-icon

Tanya Dokter Gratis

Kirimkan pertanyaan atau pendapatmu di sini!

Sikap Ambisius untuk Gapai Sukses, Kenali Penyebab dan Ciri-Cirinya

Sikap Ambisius untuk Gapai Sukses, Kenali Penyebab dan Ciri-Cirinya

Sifat ambisius sering dikaitkan dengan tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. Memang, orang-orang yang memiliki karakter ini selalu memiliki tekad dan semangat yang tinggi dalam setiap pekerjaannya.

Lantas, mengapa ada orang-orang yang lebih ambisius daripada orang lainnya? Apakah sifat ini benar-benar bisa memberikan dampak yang positif?

Mengapa ada orang yang ambisius?

efek kerja shift malam

Ambisius didefinisikan sebagai sikap juang yang gigih untuk bisa mencapai sukses. Orang-orang yang memiliki ambisi umumnya sudah punya tujuan yang pasti akan arah hidupnya.

Ketika mengerjakan sesuatu, kebanyakan orang hanya berfokus pada hasil yang baik sembari mendapatkan ilmu yang baik untuk pengembangan keterampilan dan kompetensi diri di tengah prosesnya.

Sementara itu, ambisi sering kali berkaitan dengan materi, prestasi, dan prestise. Orang ambisius berusaha melakukan pekerjaannya dengan optimal supaya mereka bisa mendapatkan tujuan yang diinginkan, baik itu berupa upah yang lebih baik atau mencapai posisi yang lebih bergengsi.

Ada beberapa hal yang membuat seseorang bersikap lebih ambisius daripada orang-orang di sekitarnya. Salah satunya, sikap ini muncul dari perasaan takut diremehkan orang lain.

Mungkin, selama ini ia sering diragukan, dianggap tidak mampu, atau kerap mendapat penolakan. Hasilnya, ia jadi terdorong untuk membuktikan kepada orang lain yang pernah mengecewakannya bahwa mereka salah.

Ada pula yang ambisius karena insecure dengan orang lain. Mereka yang termasuk dalam kelompok ini terus merasa takut tertinggal dari orang lain atau berada di situasi yang sangat kompetitif. Alhasil, muncul keinginan untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

Orang-orang dengan ego yang besar dan berani juga biasanya lebih ambisius. Ego mereka memberi keyakinan bahwa mereka pantas mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Ditambah dengan keberanian, mereka tak ragu untuk mengejar tujuan yang besar.

Menariknya, anak bungsu cenderung memiliki sifat ini. Bisa jadi, anak bungsu sering dibandingkan dengan kakak-kakaknya yang lebih terampil dan cakap.

Karena itulah, mereka berusaha bekerja atau belajar lebih giat demi menunjukkan bahwa mereka juga tak kalah mampu.

Ciri-ciri orang ambisius

iri kesuksesan pasangan

Orang yang berambisi tinggi biasanya terlihat lebih menonjol daripada rekan-rekannya. Berikut beberapa cirinya.

1. Selalu punya tujuan

Seperti yang telah disebutkan, orang-orang ambisius selalu memiliki tujuan dalam setiap tindakannya.

Bahkan, mereka sudah punya rencana akan hal-hal apa yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan dan bagaimana cara mewujudkannya.

2. Selalu ingin jadi yang terbaik

Orang-orang yang berambisi juga cenderung perfeksionis. Mereka akan memastikan semua pekerjaan sudah dilakukan dengan sempurna.

Mereka memiliki keinginan untuk mencapai prestasi yang lebih hebat dari orang lain. Bila perlu, mereka tak segan mendalami sesuatu lebih dari yang diminta demi mendapatkan pengakuan.

3. Tidak takut ambil risiko

Meski konsisten dengan tujuannya, si ambisius tidak merasa takut tatkala harus dihadapkan dengan kesulitan dan perubahan dalam hidup. Justru hal ini bisa menjadi kesempatan bagi mereka untuk mengeksplorasi dan bereksperimen.

Mereka bisa saja mengganti rencana atau strategi di tengah bekerja. Mereka tak terlalu cemas dengan adanya risiko gagal pada inovasi baru yang mereka lakukan.

4. Sigap dan profesional

Banyak orang terlena dalam zona nyaman, tapi tidak demikian bagi orang-orang yang ambisius. Mereka tidak ragu dan bersedia untuk menjajal hal-hal baru yang sekiranya dapat menjadi batu loncatan untuk mencapai kesuksesan.

Sebagai contoh, mereka tak segan bila harus pindah ke kota atau negara lain untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih tinggi.

Selain itu, mereka mungkin juga rela meninggalkan posisi yang sekarang untuk melakukan hal yang sesuai dengan passion-nya.

5. Berteman dengan sesama ambisius

Anda mungkin pernah mendengar perkataan, teman-teman terdekat Anda merupakan cerminan dari diri Anda sendiri. Hal ini ada benarnya untuk orang yang ambisius.

Orang ambisius cenderung lebih senang berteman dengan orang yang memiliki ciri-ciri serupa. Terkadang, mereka juga mendekati orang yang lebih pintar atau lebih sukses guna mendapatkan tambahan ilmu dan wawasan.

Sifat ambisius, baik atau tidak?

cara agar terlihat pintar

Dalam tingkat yang sehat, memiliki ambisi sebenarnya sangat penting. Dengan ambisi, Anda akan terdorong untuk belajar dan bekerja lebih giat yang mana ini bisa membantu Anda mencapai cita-cita.

Meski demikian, ambisi tetap harus dikendalikan. Terkadang, ambisi yang berlebihan justru malah akan menjerumuskan Anda ke dalam kegagalan atau merugikan orang lain.

Jangan terlalu terburu-buru untuk menggapai semuanya dalam waktu yang singkat. Ingatlah bahwa semuanya membutuhkan proses.

Jadi, tetap beri ruang bagi diri Anda untuk bersantai. Jangan sampai ambisi malah menyulitkan hidup atau mengganggu kesehatan mental Anda.


Stres dan butuh teman berbagi cerita?

Ayo tanya psikolog kami atau berbagi cerita bersama di Komunitas Kesehatan Mental!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Judge, T. A., & Kammeyer-Mueller, J. D. (2012). On the value of aiming high: The causes and consequences of ambitionJournal of Applied Psychology, 97(4), 758–775. Retrieved June 16, 2022.

Barsukova, O. (2016). Psychological characteristics of ambitious person. Journal Of Process Management. New Technologies4(2), 79-80. Retrieved June 16, 2022.

Should You Be More Ambitious, or Less? Psychology Today. (2022). Retrieved June 16, 2022, from https://www.psychologytoday.com/us/blog/how-do-life/202201/should-you-be-more-ambitiousor-less

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Winona Katyusha Diperbarui Jul 18
Ditinjau secara medis oleh dr. Nurul Fajriah Afiatunnisa
Next article: