home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengenal INTP, Tipe Kepribadian Milik Albert Einstein

Mengenal INTP, Tipe Kepribadian Milik Albert Einstein

Siapa sih yang tidak tahu Albert Einstein? Ilmuwan fisika yang terkenal dengan teori relativitasnya ini ternyata memiliki tipe kepribadian INTP. Ia disebut memiliki tipe kepribadian ini karena sosoknya sebagai seorang pemikir dan jenius, tetapi cenderung pendiam dan suka menyendiri. Lalu, apa saja karakteristik lainnya? Karir apa saja yang cocok dengan INTP personality? Berikut informasi lengkapnya.

Apa arti dari INTP personality?

INTP adalah satu dari 16 tipe kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). MBTI itu sendiri adalah tes yang dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang, termasuk karir. Tes ini dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs, berdasarkan teori tipe kepribadian yang dicetuskan oleh Carl G. Jung.

Dilansir dari The Myers & Briggs Foundation, melalui tes ini, kepribadian seseorang diidentifikasi berdasarkan empat skala utama, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P). Dari skala tersebut, tipe kepribadian digambarkan dengan kode empat huruf, seperti ENTP, INFJ, dan 14 tipe lainnya, termasuk INTP.

Mengenal Empat Karakter Manusia: Yang Manakah Anda?

Berdasarkan penjelasan tersebut, INTP adalah singkatan dari introversion (I), intuition (N), thinking (T), dan perceiving (P). Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Introversion, yaitu seseorang dengan kepribadian ini bersifat introvert atau lebih suka menghabiskan waktunya sendirian. Jika berkumpul, ia lebih suka bersama dengan orang terdekatnya.
  • Intuition atau intuisi, yaitu seseorang dengan kepribadian ini cenderung memikirkan gambaran besar atau konsep dan ide daripada fokus pada detail yang kecil.
  • Thinking, yaitu seseorang dengan kepribadian ini membuat keputusan berdasarkan hal yang logis daripada memikirkan perasaan.
  • Perceiving, yaitu seseorang dengan kepribadian ini cenderung bersikap spontan dan fleksibel. Ia membiarkan opsinya tetap terbuka, serta tak menyukai hal yang terstruktur atau terencana.

Seseorang dengan kepribadian INTP kerap mendapat julukan The Thinker atau sang pemikir. Pasalnya, ia sering tenggelam dalam pikiran dan dunianya sendiri, serta cenderung sangat filosofis dan cerdas dalam mencari pemahaman.

Adapun berdasarkan data dari Ball State University, hanya ada 3,3 persen orang di dunia yang memiliki INTP personality. Selain Albert Einstein, penulis buku J.K Rowling, Presiden Amerika Serikat ke-16 Abraham Lincoln, serta pengembang teori kepribadian itu sendiri, yaitu Carl G. Jung, juga diketahui memiliki personality ini

Berbagai keunggulan kepribadian INTP

Sama seperti tipe kepribadian lainnya, seseorang dengan INTP personality memiliki tanda-tanda atau karakteristik yang khas, baik positif maupun negatif. Berikut adalah kelebihan atau karakteristik positif dari kepribadian INTP:

  • Kemampuan analisa yang baik

ukuran otak dewasa berpikir

Ia ingin memahami permasalahan secara lengkap dan fakta-fakta yang terkait dengan masalah tersebut sebelum mencari ide dan solusinya. Oleh karena itu, ia menganalisa dan melihat suatu masalah dari berbagai sudut, termasuk pengalaman masa lalu dan imajinasi akan masa depan, untuk membayangkan semua hasil potensial. Ia pun bersikap terbuka dan fleksibel terhadap semua pemikiran selama itu logis dan berdasar fakta.

  • Berpikir kreatif atau out of the box

Pemahamannya yang kompleks ini membuat ia kerap menghasilkan solusi atau ide-ide yang kreatif dan out of the box. Ia tidak terpengaruh dengan pendapat mayoritas, tetapi lebih menggunakan penalarannya.

  • Logis dan objektif

Seseorang dengan kepribadian INTP mengandalkan fakta dan pengetahuan daripada emosi saat membuat keputusan atau ide. Oleh karena itu, ia cenderung bersifat logis, objektif, dan rasional.

  • Mandiri

Meski tampak menyendiri, tetapi orang ini bisa sangat mandiri. Sifat introvertnya membuat ia cenderung independen dan sangat menekankan pada kebebasan atau otonomi pribadi.

  • Setia

Ia mungkin sulit untuk bersosialisasi dan berteman dengan banyak orang atau orang baru. Namun, ketika ia merasa nyaman dan terhubung dengan seseorang, ia akan menjadi sangat dekat dan cenderung setia pada orang tersebut, termasuk orang yang ia sayangi.

Kekurangan yang umum ditemui dari kepribadian INTP

Beberapa kekurangan yang umum ditemui dari INTP, antara lain:

  • Pendiam dan pemalu

Tidak seperti kepribadian ekstrovert, orang ini lebih suka menghabiskan waktunya sendirian. Orang ini cenderung menjadi pendiam atau pemalu saat berkumpul bersama orang lain. Ia hanya bersikap ramah dan hangat ketika bersama orang terdekatnya atau berada dalam perkumpulan kecil.

  • Sulit didekati

memulai percakapan orang pemalu dan pendiam

Sifat introvert dan menyendirinya inilah yang membuat ia cenderung menjadi pribadi yang tertutup dan sulit didekati. Ia sangat sulit membentuk pertemanan baru dan cenderung menarik diri saat mengalami stres.

  • Tidak peka atau kurang simpati

Pribadi INTP seringkali tenggelam dalam pemikirannya sendiri dan menganggap subjektivitas sebagai penghalang untuk kemajuannya. Oleh karena itu, ia kerap mengabaikan perasaan serta cenderung menjadi kurang simpati dan mudah menyinggung perasaan orang lain.

  • Skeptis

Seseorang dengan kepribadian ini mengedepankan fakta dan pengetahuan daripada emosi. Oleh karena itu, ia terkadang skeptis terhadap asumsi atau ide orang lain yang menurutnya tidak rasional dan logis. Ia pun tampak sangat pantang menyerah jika keyakinannya dipertanyakan, sehingga cenderung memperdebatkan argumen orang lain yang dianggapnya tidak logis dan rasional.

  • Sulit untuk mengkomunikasikan idenya

Pemikiran INTP seringkali rumit sehingga ia pun cenderung kesulitan untuk mengkomunikasikan idenya tersebut kepada orang lain secara sederhana.

Karir yang cocok dengan kepribadian INTP

Julukannya sebagai “sang pemikir” membuat orang dengan kepribadian ini cenderung berhasil dalam karir yang menggunakan penalaran serta pemikiran secara logis untuk menghasilkan solusi yang kreatif dan inovatif. Biasanya, orang ini tertarik pada bidang teknologi dan sains karena bekerja pada ide dan solusi daripada mengenai orang.

Beberapa jenis pekerjaan dan karir yang umumnya cocok dengan kepribadian INTP adalah:

  • Ahli kimia
  • Ahli fisika
  • Programmer komputer
  • Ilmuwan forensik
  • Insinyur
  • Ahli matematika
  • Apoteker
  • Pengembang perangkat lunak
  • Ahli geologi
  • Arsitek
  • Desainer grafis

Kalkulator Detak Jantung

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Myers & Briggs Foundation – MBTI® Basics. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/.

The Myers & Briggs Foundation – The 16 MBTI® Types. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/the-16-mbti-types.htm.

I’m an ‘Architect’ – What Careers and Majors Work Well with Your Personality Type?. Bsu.edu. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.bsu.edu/about/administrativeoffices/careercenter/tools-resources/personality-types/intp#accordion_careers.

INTP: The Thinker – Online Personality Tests. Online Personality Tests. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.onlinepersonalitytests.org/personality-test/intp/.

Your INTP Personality Type – CAPT.org. Capt.org. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.capt.org/type-for-life/mbti-type-intp.htm.

Kennerly, A. (2021). INTP “The Thinker” Personality Type – Meaning, Traits, Functions. The Career Project. Retrieved 15 February 2021, from https://www.thecareerproject.org/blog/intp/.

Careers to Match Your Myers Briggs Personality Type: Part 2 | Vista College. Vista College. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.vistacollege.edu/blog/careers/careers-match-myers-briggs-personality-type-isfj-entj-estj-intj-istj-intp/.

INTP. Cpp.edu. (2021). Retrieved 15 February 2021, from https://www.cpp.edu/~career/mbti/intp.html.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 09/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri