home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Karakteristik INFJ yang Unik dan Karir yang Sesuai

Mengenal Karakteristik INFJ yang Unik dan Karir yang Sesuai

Setiap orang memiliki tipe kepribadian yang khas, misalnya tipe kepribadian introvert atau ekstrovert. Terdapat beragam tes kepribadian, salah satunya yaitu tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Tes ini dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Selain itu, tes ini cukup populer dan sering digunakan untuk mengetahui kecenderungan bidang atau karir tertentu. Kepribadian INFJ merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI.

Untuk lebih mengenal kepribadian INFJ, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai INFJ yang tergolong unik dan pekerjaan yang umumnya cocok dijalankan.

Mengenal Empat Karakter Manusia: Yang Manakah Anda?

Apa itu INFJ personality?

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I), Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

INFJ adalah singkatan dari introversion, intuition, feeling dan judging. Introversion berarti orang ini memiliki kepribadian introvert atau yang senang menghabiskan waktunya sendirian. Sementara intuition (intuisi) artinya orang ini berfokus pada ide dan konsep (intuitive).

Adapun feeling berarti orang yang membuat keputusan berdasarkan emosi dan nilai, sedangkan judging artinya lebih suka sesuatu yang direncanakan dan diatur.

Orang dengan kepribadian ini memiliki kemampuan untuk membaca dan memahami emosi orang lain. Sebab itulah, orang ini kerap mendapat julukan The Advocate. Pasalnya, seorang advokat seringkali dapat memahami emosi orang lain dengan lebih baik daripada emosinya sendiri.

Kemampuannya inilah yang menjadikan ia tampak ekstrovert pada suatu waktu. Ia tampak pandai berinteraksi dengan orang lain, terutama yang dekat dan terhubung secara emosional. Meski demikian, ia cenderung sangat tertutup ketika harus berbagi “jati diri”nya kepada orang lain. Hanya kepada beberapa orang terpilihlah ia mau bersikap terbuka.

Selain itu, orang dengan kepribadian ini selalu menangani berbagai hal dengan menggunakan perasaannya, sehingga banyak orang melihatnya sebagai pribadi yang lemah lembut dan perhatian. Namun, ia justru melihat dirinya sebagai individu yang sangat intutif dan kompleks.

Tak hanya itu, ia pun dikenal sebagai orang yang kreatif dengan kemampuan komunikasi, baik lisan dan tertulis, yang kuat. Kemampuannya inilah yang kerap membuat ia bisa menjadi pemimpin yang baik, meski cenderung bersikap pendiam dan sensitif.

Meski demikian, INFJ adalah tipe kepribadian yang sangat langka. Dilansir dari Ball State University, hanya sekitar 1,5 persen orang yang memiliki kepribadian ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 56 % adalah wanita, sedangkan sisanya, yaitu 44 %, berjenis kelamin pria.

Apa tanda-tanda orang yang memiliki kepribadian INFJ?

kesehatan orang introvert

Sebagaimana orang pada umumnya, seseorang dengan kepribadian INFJ pun memiliki karakteristik yang khas, baik dari sisi positif dan negatif. Berikut adalah karakter positif atau kekuatan yang dimiliki oleh kepribadian INFJ:

  • Dapat menginspirasi. INFJ memiliki gaya bicara dan komunikasi yang menarik, yang dapat memengaruhi orang lain, terutama mengenai topik yang ia kuasai.
  • Suka menolong (altruistik). Ia cenderung menggunakan perasaannya dan bisa memahami emosi orang lain, sehingga sering menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Ia pun ingin menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik untuk semua orang.
  • Penuh semangat. Ia memiliki semangat dan tekad yang tinggi dalam melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk menghasilkan perubahan yang nyata.
  • Wawasan yang baik. Ia memiliki wawasan yang baik tentang orang dan situasi, serta pandai membuat hubungan di antara keduanya.
  • Kreatif. Ia menggunakan imajinasi untuk meningkatkan kehidupannya dan orang-orang di sekitarnya, termasuk untuk memecahkan masalah.

Di sisi lain, berikut adalah karakter negatif atau kelemahan yang dimiliki oleh kepribadian INFJ:

  • Sensitif. Ia terlalu sensitif ketika menghadapi kritik mengenai dirinya, dan cenderung tidak dapat menangani konflik dengan baik.
  • Mudah lelah. Semangat yang tinggi dan sifat suka menolongnya kerap membuatnya lupa untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga ia seringkali kelelahan.
  • Tertutup. Pribadi yang introvert ini sulit untuk terbuka dan lebih suka merahasiakan kehidupan pribadinya.
  • Perfeksionis. Ia termotivasi oleh cita-cita dan tujuan hidupnya. Terkadang, ia sulit menerima bila cita-cita dan tujuannya tersebut tidak tercapai.
  • Benci ketidaksesuaian. Ia cenderung terorganisir sesuai dengan tujuan hidupnya, dan kerap membenci apapun yang tidak searah dengan tujuannya tersebut.

Pekerjaan atau kegiatan yang sesuai dengan kepribadian INFJ

manfaat seni fungsi seni

Seseorang dengan kepribadian INFJ cenderung senang belajar, terutama mengenai manusia, masyarakat, dan seni. Ia pun cenderung lebih suka mempelajari mata pelajaran yang melibatkan teori dan ide abstrak daripada fakta dan informasi yang konkret.

Di sekolah, seseorang dengan kepribadian ini biasanya berprestasi tinggi dan kerap mendapat nilai akademis yang bagus. Ini bisa diraih karena sifat perfeksionis dan upaya kerja kerasnya dalam bidang akademis.

Di bidang karir, ia cenderung memilih pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kreativitas, komunikasi lisan dan tertulis yang kuat, visi kemanusiaan, serta kemampuannya untuk membangun dan memelihara hubungan harmonis. Biasanya, pekerjaan yang dipilih berada di bidang seni karena kecenderungan untuk menggunakan kreativitasnya.

Meski demikian, bidang sains juga kadang dipilih karena ia memiliki kesempatan untuk menggunakan intuisinya dalam memecahkan masalah. Tak hanya itu, pekerjaan yang berorientasi pada layanan, termasuk advokat, pun sangat cocok dengan kepribadian ini.

Selain itu, beberapa jenis pekerjaan lain yang juga cocok untuk kepribadian INFJ adalah:

  • Aktor
  • Pengusaha
  • Musisi
  • Pustakawan
  • Psikolog atau terapis
  • Penulis
  • Guru
  • Fotografer
  • Arsitek
  • Pelatih
  • Pekerja sosial
  • Dokter
  • Desainer

Kalkulator BMI

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Myers & Briggs Foundation – MBTI® Basics. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/.

The Myers & Briggs Foundation – The 16 MBTI® Types. Myersbriggs.org. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/the-16-mbti-types.htm.

Careers to Match Your Myers-Briggs Personality Type: ISFP, ENTP, ISTP, INFJ, ENFJ – Vista College. Vista College. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.vistacollege.edu/blog/careers/careers-to-match-myers-briggs-personality-type-isfp-entp-istp-infj-enfj/.

INFJ Personality Test Personality Traits: The Protector – Online Personality Tests. Online Personality Tests. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.onlinepersonalitytests.org/personality-test/infj/.

THE PATRON (“INFJ”) FAMOUS PATRON: CATE BLANCHETT. opencolleges.edu.au. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.opencolleges.edu.au/careers/career-quiz/result/the-patron-f.

I’m a ‘Counselor’ – What Careers and Majors Work Well with Your Personality Type?. Bsu.edu. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.bsu.edu/about/administrativeoffices/careercenter/tools-resources/personality-types/infj#accordion_careers.

Kennerly, A. (2021). INFJ “The Advocate” Personality Type – Meaning, Traits, Functions. The Career Project. Retrieved 3 February 2021, from https://www.thecareerproject.org/blog/infj/.

INFJ. Cpp.edu. (2021). Retrieved 3 February 2021, from https://www.cpp.edu/~career/mbti/infj.html.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ihda Fadila Diperbarui 11/02/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x