Mengenal Karakteristik INFJ yang Unik dan Karir yang Sesuai

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Setiap orang memiliki tipe kepribadian yang khas, misalnya tipe kepribadian introvert atau ekstrovert. Terdapat beragam tes kepribadian, salah satunya yaitu tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).  Tes ini dirancang untuk mengidentifikasi tipe kepribadian, kekuatan, dan preferensi seseorang. Selain itu, tes ini cukup populer dan sering digunakan untuk mengetahui kecenderungan bidang atau karir tertentu. Kepribadian INFJ merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian MBTI.

Untuk lebih mengenal kepribadian INFJ, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai INFJ yang tergolong unik dan pekerjaan yang umumnya cocok dijalankan.

Mengenal Empat Karakter Manusia: Yang Manakah Anda?

Apa itu INFJ personality?

Secara umum, tes yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs ini mengacu pada pada empat skala, yaitu Extraversion (E) – Introversion (I)Sensation (S) – Intuition (N), Thinking (T) – Feeling (F), dan Judging (J) – Perceiving (P).

INFJ adalah singkatan dari introversion, intuition, feeling dan judging. Introversion berarti orang ini memiliki kepribadian introvert atau yang senang menghabiskan waktunya sendirian. Sementara intuition (intuisi) artinya orang ini berfokus pada ide dan konsep (intuitive).

Adapun feeling berarti orang yang membuat keputusan berdasarkan emosi dan nilai, sedangkan judging artinya lebih suka sesuatu yang direncanakan dan diatur.

Orang dengan kepribadian ini memiliki kemampuan untuk membaca dan memahami emosi orang lain. Sebab itulah, orang ini kerap mendapat julukan The Advocate. Pasalnya, seorang advokat seringkali dapat memahami emosi orang lain dengan lebih baik daripada emosinya sendiri.

Kemampuannya inilah yang menjadikan ia tampak ekstrovert pada suatu waktu. Ia tampak pandai berinteraksi dengan orang lain, terutama yang dekat dan terhubung secara emosional. Meski demikian, ia cenderung sangat tertutup ketika harus berbagi “jati diri”nya kepada orang lain. Hanya kepada beberapa orang terpilihlah ia mau bersikap terbuka.

Selain itu, orang dengan kepribadian ini selalu menangani berbagai hal dengan menggunakan perasaannya, sehingga banyak orang melihatnya sebagai pribadi yang lemah lembut dan perhatian. Namun, ia justru melihat dirinya sebagai individu yang sangat intutif dan kompleks.

Tak hanya itu, ia pun dikenal sebagai orang yang kreatif dengan kemampuan komunikasi, baik lisan dan tertulis, yang kuat. Kemampuannya inilah yang kerap membuat ia bisa menjadi pemimpin yang baik, meski cenderung bersikap pendiam dan sensitif.

Meski demikian, INFJ adalah tipe kepribadian yang sangat langka. Dilansir dari Ball State University, hanya sekitar 1,5 persen orang yang memiliki kepribadian ini. Dari jumlah tersebut, sebanyak 56 % adalah wanita, sedangkan sisanya, yaitu 44 %, berjenis kelamin pria.

Apa tanda-tanda orang yang memiliki kepribadian INFJ?

kesehatan orang introvert

Sebagaimana orang pada umumnya, seseorang dengan kepribadian INFJ pun memiliki karakteristik yang khas, baik dari sisi positif dan negatif. Berikut adalah karakter positif atau kekuatan yang dimiliki oleh kepribadian INFJ:

  • Dapat menginspirasi. INFJ memiliki gaya bicara dan komunikasi yang menarik, yang dapat memengaruhi orang lain, terutama mengenai topik yang ia kuasai.
  • Suka menolong (altruistik). Ia cenderung menggunakan perasaannya dan bisa memahami emosi orang lain, sehingga sering menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Ia pun ingin menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik untuk semua orang.
  • Penuh semangat. Ia memiliki semangat dan tekad yang tinggi dalam melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk menghasilkan perubahan yang nyata.
  • Wawasan yang baik. Ia memiliki wawasan yang baik tentang orang dan situasi, serta pandai membuat hubungan di antara keduanya.
  • Kreatif. Ia menggunakan imajinasi untuk meningkatkan kehidupannya dan orang-orang di sekitarnya, termasuk untuk memecahkan masalah.

Di sisi lain, berikut adalah karakter negatif atau kelemahan yang dimiliki oleh kepribadian INFJ:

  • Sensitif. Ia terlalu sensitif ketika menghadapi kritik mengenai dirinya, dan cenderung tidak dapat menangani konflik dengan baik.
  • Mudah lelah. Semangat yang tinggi dan sifat suka menolongnya kerap membuatnya lupa untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga ia seringkali kelelahan.
  • Tertutup. Pribadi yang introvert ini sulit untuk terbuka dan lebih suka merahasiakan kehidupan pribadinya.
  • Perfeksionis. Ia termotivasi oleh cita-cita dan tujuan hidupnya. Terkadang, ia sulit menerima bila cita-cita dan tujuannya tersebut tidak tercapai.
  • Benci ketidaksesuaian. Ia cenderung terorganisir sesuai dengan tujuan hidupnya, dan kerap membenci apapun yang tidak searah dengan tujuannya tersebut.

Pekerjaan atau kegiatan yang sesuai dengan kepribadian INFJ

manfaat seni fungsi seni

Seseorang dengan kepribadian INFJ cenderung senang belajar, terutama mengenai manusia, masyarakat, dan seni. Ia pun cenderung lebih suka mempelajari mata pelajaran yang melibatkan teori dan ide abstrak daripada fakta dan informasi yang konkret.

Di sekolah, seseorang dengan kepribadian ini biasanya berprestasi tinggi dan kerap mendapat nilai akademis yang bagus. Ini bisa diraih karena sifat perfeksionis dan upaya kerja kerasnya dalam bidang akademis.

Di bidang karir, ia cenderung memilih pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk menggunakan kreativitas, komunikasi lisan dan tertulis yang kuat, visi kemanusiaan, serta kemampuannya untuk membangun dan memelihara hubungan harmonis. Biasanya, pekerjaan yang dipilih berada di bidang seni karena kecenderungan untuk menggunakan kreativitasnya.

Meski demikian, bidang sains juga kadang dipilih karena ia memiliki kesempatan untuk menggunakan intuisinya dalam memecahkan masalah. Tak hanya itu, pekerjaan yang berorientasi pada layanan, termasuk advokat, pun sangat cocok dengan kepribadian ini.

Selain itu, beberapa jenis pekerjaan lain yang juga cocok untuk kepribadian INFJ adalah:

  • Aktor
  • Pengusaha
  • Musisi
  • Pustakawan
  • Psikolog atau terapis
  • Penulis
  • Guru
  • Fotografer
  • Arsitek
  • Pelatih
  • Pekerja sosial
  • Dokter
  • Desainer

Kalkulator BMI

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Lebih Dekat Karakteristik dari Seorang Sosiopat

Sosiopat seringkali digambarkan sebagai penjahat yang senang menyiksa dan membunuh korban. Apakah stereotip tersebut benar adanya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 14 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Tes MBTI Akurat atau Tidak Ya?

Tes MBTI dipercaya dapat mengungkapkan personalitas seseorang, tetapi bagaimana dengan akurasinya dan apakah boleh dipercaya? Cari tahu jawabannya.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 13 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit

5 Mitos Keliru Tentang Orang Introvert

Semua orang introvert adalah pemalu — dan semua orang pemalu adalah introvert. Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Mental, Gangguan Mental Lainnya 10 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Kenali Ciri Bipolar Disorder yang Sering Diabaikan atau Disalahartikan

Perhatikan jika Anda melihat kondisi gejolak emosi ekstrem. Hal tersebut bisa jadi ciri bipolar disorder. Yuk, kenali ciri-ciri khasnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Mental, Gangguan Mood 8 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

ENTP

Mengenal Kepribadian ENTP, Ekstrovert Visioner yang Berjiwa Pemimpin

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 27 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
melankolis

Mengenal Tipe Kepribadian Melankolis, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 26 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Serba-Serbi Mengahadapi Anak Introvert

Serba-Serbi Membesarkan Anak Dengan Kepribadian Introvert

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 20 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
kelebihan ambivert

Intip Ciri-Ciri Ambivert, dan Plus Minus Kepribadian Ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 14 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit