backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan
Konten

Tipa Kepribadian ESTP, Penyuka Tantangan yang Penuh Energi

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 04/10/2023

Tipa Kepribadian ESTP, Penyuka Tantangan yang Penuh Energi

Ada beragam cara untuk mengetahui tipe kepribadian, termasuk dengan tes Myers-Briggs Type Indicator atau juga dikenal sebagai tes MBTI. Salah satu tipe kepribadian berdasarkan MBTI ialah ESTP. Lantas, apa karakteristik dari kepribadian ini?

Apa itu tipe kepribadian ESTP?

ESTP adalah salah satu dari 16 tipe kepribadian menurut tes MBTI. Tipe kepribadian ini terdiri dari extraversion (E), sensation (S), thinking (T), dan perceiving (P).

Orang dengan kepribadian ESTP biasanya dianggap sebagai ekstrover yang penuh semangat. Itu sebabnya, mereka cenderung penuh energi dan sangat menikmati interaksi sosial.

ESTP juga dikenal sebagai seorang entrepreneur. Mereka sangat dikenal dengan kemampuan untuk beradaptasi dan tegas mengambil keputusan pada situasi sulit.

Namun, terkadang mereka bisa bersikap impulsif. Keputusan yang cepat ini mungkin saja tidak matang, yang mana hal ini bisa berdampak pada hubungannya dengan orang lain.

Ciri-ciri orang dengan kepribadian ESTP

manusia bersosialisasi

Untuk mengetahui apakah diri Anda atau orang lain memiliki tipe kepribadian ESTP, Anda bisa melihat beberapa ciri-ciri yang paling umum seperti di bawah ini.

1. Spontan

Ketika dihadapkan pada masalah, orang dengan tipe kepribadian ESTP cepat melihat keadaan dan segera memikirkan solusi untuk menyelesaikannya. 

Mereka lebih cenderung berimprovisasi untuk mengambil keputusan dengan cepat dibandingkan dengan menghabiskan banyak waktu untuk membuat perencanaan.

Namun, hal ini bisa mengarah pada sikap impulsif alias bertindak sebelum berpikir. Hal ini berpotensi merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

2. Suka bersosialisasi

ESTP sangat senang berada dekat dengan orang lain. Itulah sebabnya, tak jarang mereka juga dikenal sebagai seorang social butterfly.

Sebagai seorang dengan kepribadian ekstrover, mereka sangat senang bersosialisasi. Seorang ESTP juga dikenal ramah dan memiliki penampilan yang karismatik.

3. Berempati tinggi

Dalam situasi sosial, orang dengan kepribadian ini cenderung sangat berhati-hati. Mereka akan menangkap setiap detail kecil yang kadang tidak diperhatikan oleh orang lain.

Orang dengan personality ESTP juga punya empati tinggi. Itu artinya, mereka dapat merasakan emosi dari orang lain untuk menjalin komunikasi dengannya.

Berbekal hal ini, mereka dikenal sebagai “pembicara cepat” yang tampak selangkah lebih maju saat melakukan percakapan.

4. Berjiwa kompetitif

ESTP dikenal sebagai kepribadian dengan jiwa kompetisi yang kuat. Mereka cenderung sangat bersemangat dan termotivasi saat menghadapi persaingan dalam kehidupan sehari-hari.

Keinginan tersebut akan mendorong mereka untuk bekerja lebih keras, membuat strategi guna mencapai target, dan mengatasi tantangan yang dihadapinya.

5. Suka petualangan baru

Kebanyakan ESTP sangat menikmati kehidupannya saat ini. Namun, mereka sebenarnya tidak mau selalu terjebak dalam zona nyaman dalam waktu yang terlalu lama.

Maka dari itu, mereka selalu mencari petualangan baru dan berusaha untuk mencari tantangan.

Sayangnya, keberanian mengambil risiko ini tidak selamanya positif. Sifat mudah bosan ini bisa saja mengganggu pekerjaan atau hubungan dengan orang lain.

Tahukah Anda?

Menurut laman PersonalityData.org, tipe kepribadian ESTP dimiliki oleh 6,7% populasi global. Hal ini hampir sebanding dengan kepribadian lain, misalnya kepribadian ISTJ (6,6%).

Kelebihan dan kekurangan kepribadian ESTP

pentingnya menguasai cara memilih teman yang baik

Setiap tipe kepribadian dalam tes MBTI mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari tipe kepribadian ESTP.

Kelebihan kepribadian ESTP

Saat berinteraksi dengan ESTP, Anda mungkin bisa merasakan beberapa kelebihan berikut ini.

  • Mampu bergaul dengan situasi dan lingkungan baru dengan cepat.
  • Memiliki energi yang tinggi sehingga sangat cocok untuk menjalani gaya hidup dinamis.
  • Membuat keputusan secara cepat yang dapat menguntungkan pada situasi tertentu.
  • Berani dalam mengambil risiko saat berhadapan dengan tantangan.
  • Mempunyai empati dan perhatian yang tinggi terhadap orang lain di sekitarnya.

Kekurangan kepribadian ESTP

Sementara itu, Anda juga bisa merasakan beberapa kekurangan dari orang dengan personality ESTP seperti berikut ini.

  • Cenderung bertindak sebelum berpikir atau impulsif yang mungkin merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Selalu mengutamakan kepraktisan sehingga tidak sabar ketika menghadapi proses atau tugas yang membutuhkan perhatian tinggi.
  • Cepat merasa bosan saat melakukan sesuatu yang rutin atau berulang.
  • Gaya komunikasi cepat dan langsung kadang dapat menyebabkan kesalahpahaman.
  • Sulit dalam mempertahankan rencana dan komitmen dalam jangka panjang.

Perlu diingat bahwa kelebihan dan kekurangan di atas mungkin berbeda pada tiap orang yang memiliki tipe kepribadian ESTP.

Pasalnya, kepribadian seseorang mungkin juga dipengaruhi oleh sejumlah faktor lain, mulai dari faktor biologis, lingkungan, dan bahkan kebudayaan.

Pekerjaan yang cocok dengan kepribadian ESTP

Beberapa orang percaya bahwa salah satu manfaat mengenal tipe kepribadian diri sendiri ialah untuk menentukan jenis pekerjaan yang tepat.

Nah, lewat penjelasan di atas, diketahui bahwa kepribadian ESTP mampu beradaptasi dan bisa mengambil keputusan dengan cepat saat menghadapi situasi sulit.

Menurut Ball State University, beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk ESTP yaitu:

  • agen penjualan (sales),
  • manajer pemasaran,
  • wiraswasta,
  • petugas kepolisian,
  • pemadam kebakaran,
  • tenaga kesehatan,
  • pramugari/pramugara,
  • musisi, 
  • fotografer,
  • reporter,
  • guru,
  • atlet, dan
  • pelatih olahraga.

Hingga saat ini, belum ada penelitian yang memadai mengenai akurasi tes MBTI. Bahkan, Anda mungkin mendapatkan hasil yang berbeda setiap kali melakukan tes ini.

Itu sebabnya, jangan menjadikan MBTI sebagai satu-satunya cara menentukan kepribadian, ya! 

Kesimpulan

  • Tipe kepribadian ESTP berdasarkan tes MBTI terdiri dari extraversion (E), sensation (S), thinking (T), dan perceiving (P).
  • Orang dengan tipe kepribadian ini dikenal spontan, suka bersosialisasi, berempati tinggi, memiliki jiwa kompetitif, dan suka petualangan baru.
  • Sayangnya, mereka cenderung berperilaku impulsif, kurang sabaran, mudah bosan, dan sulit untuk mempertahankan komitmen dalam jangka panjang.
  • Kemampuan untuk beradaptasi dan cepat dalam mengambil keputusan membuat ESTP cocok untuk bekerja sebagai sales, manajer pemasaran, dan wiraswasta.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 04/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan