home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengenal Kepribadian ISTJ, Si Pendiam yang Setia

Mengenal Kepribadian ISTJ, Si Pendiam yang Setia

Pernahkah Anda mendengar mengenai tipe kepribadian ISTJ? Tipe ini merupakan satu dari 16 tipe kepribadian berdasarkan Myers-Briggs Personality Type Indicator atau lebih dikenal sebagai tes kepribadian MBTI.

Dibandingkan tipe lainnya, seperti INTJ, INFJ, maka ISTJ meruapakan salah satu yang paling banyak jumlahnya. Diperkirakan mencapai 13% dari total populasi dunia. Presiden pertama Amerika, George Washington dan salah satu karakter di film Harry Potter, yaitu Hermione Granger, diketahui memiliki tipe kepribadian ISTJ. Simak yuk penjelasan lengkap mengenai tipe kepribadian yang satu ini!

Arti dari ISTJ personality

Myers-Briggs Personality Type Indicator (MBTI) merupakan salah satu jenis tes psikologi yang dibuat untuk mengidentifikasi atau mencari tahu tipe kepribadian seseorang. Selain itu, tes ini juga dapat membantu mengetahui kelebihan dan kekuatan dari karakter, hingga preferensi orang tersebut secara umum.

Tes MBTI dilakukan dengan menjawab pertanyaan pada kuisioner yang dibuat oleh Isabel Myers dan Ibunya, Katherine Briggs berdasarkan teori mengenai tipe kepribadian milik Carl Jung. Saat ini, tes MBTI merupakan salah satu tes kepribadian yang paling banyak digunakan di dunia.

Hasil jawaban pertanyaan-pertanyaan pada kuisioner tersebut akan menunjukkan tipe kepribadian masing-masing individu. Berdasarkan MBTI, ada 16 tipe kepribadian yang ditentukan oleh empat skala berikut:

  • Extraversion (E) – Introversion (I)
  • Sensing (S) – Intuition (N)
  • Thinking (T) – Feeling (F)
  • Judging (J) – Perceiving

Tipe kepribadian ISTJ merupakan kombinasi dari Intraversion (I), Sensing (S), Thinking (T), dan Judging (J). Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai ISTJ personality:

  • Introversion atau introvert, menunjukkan orang dengan kepribadian ISTJ lebih suka mengarahkan energi yang dimilikinya untuk melakukan hal-hal yang disukainya sendiri, atau setidaknya bersama orang-orang terdekat saja.
  • Sensing, menunjukkan para ISTJ cenderung lebih suka mengumpulkan informasi dari data dan fakta yang ada, dibanding berimajinasi.
  • Thinking, menggambarkan bahwa orang dengan tipe kepribadian ini lebih suka membuat keputusan menggunakan logika, fakta, dan data daripada menggunakan perasaannya.
  • Judging, menunjukkan bahwa orang dengan kepribadian ISTJ adalah perencana yang baik dan cenderung merencanakan segala sesuatu di awal.

Orang yang memiliki tipe kepribadian ISTJ sering disebut sebagai Logistician, yaitu orang yang cenderung pendiam, tetapi memiliki pandangan hidup yang realistis. Di samping itu, orang dengan kepribadian ini selalu merencanakan segala sesuatunya dengan hati-hati dan penuh perhitungan.

Tanda-tanda dan karakteristik dari kepribadian ISTJ

Masing-masing tipe kepribadian tentu memiliki karakteristik yang menjadi kelebihan sekaligus kekurangannya masing-masing. Berikut adalah karakteristik khas dari kepribadian ISTJ:

Karakteristik yang menjadi kelebihan dari ISTJ

Kelebihan kepribadian ISTJ antara lain:

1. Fokus

Orang yang memiliki tipe kepribadian ini tergolong sangat fokus. Bahkan, mereka selalu memiliki pendekatan serta perhitungan yang logis untuk menyelesaikan tugas dan mencapai tujuan. Di samping itu, orang dengan tipe kepribadian ISTJ memiliki konsistensi yang baik dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Bukan hanya itu, mereka juga mampu mengabaikan berbagai distraksi atau gangguan sehingga bisa menyelesaikan tugas, pekerjaan, atau kewajibannya dengan baik dan tepat waktu. Bisa dibilang, orang dengan tipe kepribadian ini bisa dipercaya dan dapat diandalkan.

2. Setia

Percaya atau tidak, orang yang memiliki tipe kepribadian ISTJ dikenal sebagai orang yang setia. Bukan hanya kepada pasangan, mereka juga dikenal setia dalam pertemanan. Bagi orang dengan kepribadian ini, dalam mencari kebahagiaan, nilai moral tetap harus diterapkan di segala situasi.

Itu artinya, orang dengan kepribadian ISTJ tidak suka mencari sensasi dalam mencari pasangan. Mereka cenderung lebih suka melakukan hal-hal yang tergolong aman dan wajar dalam menjalin hubungan, karena merasa memiliki tanggung jawab moral dalam setiap tindakannya.

3. Penuh perhitungan

Orang dengan kepribadian ISTJ memiliki perhitungan yang baik dan perencanaan yang matang. Mereka tidak pernah terburu-buru dalam mengambil keputusan dan tidak gegabah dalam berperilaku.

Orang dengan tipe kepribadian ini selalu memikirkan segala sesuatunya dengan baik terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan. Tak heran jika mereka dikenal sebagai orang yang penuh perhitungan.

Karakteristik yang menjadi kekurangan dari ISTJ

Beberapa kekurangan dari kepribadian ISTJ, antara lain:

1. Kaku

Orang dengan tipe kepribadian ini bisa dibilang memiliki karakteristik yang tergolong kaku, karena selalu mematuhi segala peraturan yang berlaku. Bagi mereka, sudah menjadi kewajiban dari masing-masing individu untuk menaati peraturan yang ada.

Tak hanya itu, hal ini membuatnya menjadi berekspektasi bahwa orang lain juga akan melakukan hal yang sama dengannya. Padahal, tidak semua orang memiliki pola pikir yang sama dengannya. ‘

2. Keras kepala

Orang dengan tipe kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk sulit menerima ide-ide baru yang tidak berdasarkan pada fakta yang diketahuinya. Hal ini membuatnya sering kali kesulitan menerima kenyataan bahwa mereka bisa salah.

Ya, semua orang pasti pernah melakukan salah perhitungan, bahkan orang dengan tipe kepribadian ISTJ yang dikenal sebagai orang yang sangat hati-hati dan penuh perhitungan.

3. Kurang peka

Meski setia, orang dengan kepribadian ISTJ memiliki kecenderungan kurang peka terhadap perasaan orang lain. Bahkan, mereka juga sering kali kesulitan dalam memahami perasaan orang lain.

Namun, seiring berjalannya waktu, biasanya orang dengan kepribadian ini akan berusaha untuk memahami perasaan orang lain dan melakukan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan emosional dari orang terdekatnya.

Karir yang cocok dengan kepribadian ISTJ

Orang dengan kepribadian ISTJ sangat suka dengan keteraturan. Bahkan, mereka suka melakukan pekerjaan dengan rapi dan terorganisir. Akan lebih baik lagi jika setiap pekerjaan yang dilakukan memiliki panduan yang jelas, sehingga mereka bisa mengerjakan berdasarkan panduan yang diberikan:

Menurut Ball State University, berikut ini adalah beberapa karir yang cocok dengan kepribadian ISTJ:

  • Akuntan
  • Auditor
  • Hakim
  • Dokter gigi
  • Pustakawan
  • Pilot
  • Kepala sekolah
  • Dokter hewan
  • Polisi
  • Ahli statistik

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The 16 MBTI Types. Retrieved 15 February 2021, from https://www.myersbriggs.org/my-mbti-personality-type/mbti-basics/the-16-mbti-types.htm

Careers to Match Your Myers-Briggs Personality Type: ISFJ, ENTJ, ESTJ, INTJ, ISTJ, INTP. Retrieved 15 February 2021, from https://www.vistacollege.edu/blog/careers/careers-match-myers-briggs-personality-type-isfj-entj-estj-intj-istj-intp/

ISTJ: The Logician. Retrieved 15 February 2021, from https://www.thecareerproject.org/blog/istj/

About The MBTI Assessment. Retrieved 15 February 2021, from https://www.capt.org/take-mbti-assessment/mbti-overview.htm

About ISTJ: The Inspector. Retrieved 15 February 2021, from https://www.bsu.edu/about/administrativeoffices/careercenter/tools-resources/personality-types/istj#accordion_careers

ISTJ Personality Type: Traits and Characteristics of The Duty Fulfiller. Retrieved 15 February 2021, from https://www.onlinepersonalitytests.org/personality-test/istj/ 

 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 09/03/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x