Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Mengenal Social Butterfly, Mereka yang Mudah Berteman dan Disukai Banyak Orang

Mengenal Social Butterfly, Mereka yang Mudah Berteman dan Disukai Banyak Orang

Apakah Anda pernah bertemu seseorang yang begitu luwes saat memulai percakapan dengan orang baru atau bahkan gampang berteman? Bisa jadi ia merupakan seorang social butterfly.

Untuk tahu lebih lanjut soal karakteristik ini, ciri-cirinya, hingga tips berteman dengan mereka, simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu social butterfly?

manusia bersosialisasi

Social butterfly adalah seseorang yang senang bersosialisasi, bersikap ramah, dan sering kali dikenal sebagai pribadi yang menawan serta karismatik.

Jika banyak teman-teman yang menyebut Anda dengan istilah ini, mungkin itu karena Anda selalu punya cara untuk membuat orang-orang mengalihkan perhatiannya pada Anda.

Lalu apakah social butterfly sama dengan ekstrover? Tentu saja mereka dapat dianggap demikian. Itu sebabnya social butterfly mungkin akan sulit untuk menemukan keseimbangan dengan pasangan yang lebih introver.

Pasalnya, ekstrover dan introver memiliki preferensi yang berbeda dalam bersosialisasi sehingga bisa saja muncul konflik dalam hubungan.

Namun, sebagai solusinya, Anda dapat mencari tahu cara berkomunikasi yang lebih efektif serta saling memenuhi kebutuhan satu sama lain. Dengan demikian, konflik antarkeduanya pun dapat dicegah.

Ciri-ciri social butterfly

pentingnya menguasai cara memilih teman yang baik

Seorang social butterfly mungkin saja akan menunjukkan ciri-ciri berikut ini.

1. Suka berbicara

Tidak hanya menikmati obrolan bersama teman, anggota keluarga, atau rekan kerja, para social butterfly tampak kelihatan akrab bahkan ketika bercakap-cakap dengan orang yang masih asing sekalipun. Selain itu, mereka juga cenderung senang bertemu orang baru.

Tidak seperti introver yang mungkin cenderung berpikir lama sebelum berbicara, mereka lebih tahu bagaimana cara mengeksplorasi serta mengatur pikirannya saat berbicara dengan orang lain.

Oleh sebab itulah, mereka cenderung memiliki ruang lingkup pertemanan yang lebih luas. Mereka paham betul cara bertemu orang baru, memulai percakapan, hingga menikmati kebersamannya.

2. Suka berdiskusi

Saat masalah datang, social butterfly cenderung lebih suka berbagai kesedihan serta mendiskusikan masalah yang dialaminya.

Mereka berpikir bahwa dengan terbuka soal masalahnya kepada orang lain, ini bisa membantu mereka menemukan solusi. Mereka juga tidak akan gampang stres jika menceritakan masalah yang dialaminya.

Beda dengan introver, mereka cenderung suka memendam masalah, memikirkannya sendiri, lalu menghabiskan waktu sendiri hingga berhari-hari untuk memikirkannya.

3. Tidak tertutup

Oleh karena social butterfly suka sekali berinteraksi dengan orang lain, mereka pun akan lebih mudah untuk didekati dan orangnya juga menyenangkan.

Biasanya, jika di tengah keramaian, mereka yang memiliki kepribadian ini merupakan orang pertama yang akan memulai perkenalan. Maka dari itulah, teman mereka akan lebih banyak.

4. Berkarisma

Menjadi orang ekstrover yang hobi berbicara mungkin tidak akan selalu membuat Anda terlihat memesona. Namun, Anda akan memiliki karisma yang terlihat sangat jelas oleh orang lain.

Para ekstrover juga cenderung lebih ramah dan suka sekali menghabiskan waktu bersama orang-orang. Tidak masalah seberapa padat agenda harian dalam kalendernya, mereka mampu meluangkan waktu hanya untuk mengobrol dengan orang lain.

Tips berteman dengan social butterfly

kopi darat teman kencan

Berteman dengan social butterfly mungkin akan membuat Anda keluar dari zona nyaman. Namun, ini pastinya akan menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan.

Meskipun tidak ada yang salah dari berteman dengan kepribadian ini, mungkin Anda perlu tahu beberapa hal di bawah ini saat ingin berteman dengan mereka.

1. Menghargai sifat sosialnya

Jika memang mereka adalah social butterfly dan Anda tidak, cobalah untuk menghargai sifatnya ini. Jangan mengatakan bahwa mereka sok akrab dengan orang yang baru dikenalnya.

Akan tetapi, saat sifatnya yang spontan dan senang bersosialisasi tampak berlebihan, mungkin Anda dapat menyampaikan rasa tidak suka dengan cara yang baik dan tentunya jujur.

2. Mengatur waktu dengan baik saat bersosialisasi

Kadang kala, kesenangan seorang ekstrover dalam bersosialisasi dapat menghambat aktivitas dan beberapa pekerjaan yang mungkin sebenarnya penting.

Ini pun bisa memengaruhi pekerjaan Anda juga, sebab apa pun yang mereka lakukan tentu saja akan melibatkan Anda. Akhirnya, sosialiasi yang berlebihan justru membuat pekerjaan jadi tertunda.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk selesaikan dulu pekerjaan yang Anda anggap penting agar tidak mengganggu pekerjaan sehari-hari.

3. Membuat batasan

Social butterfly cenderung suka meladeni masalah orang lain hingga terkadang menunda pekerjaan atau kewajiban utamanya masing-masing.

Jika perhatian Anda pada orang lain membuat segala sesuatunya jadi terganggu dan berantakan, ada baiknya untuk menghindari hal ini. Batasan-batasan seperti ini mungkin juga Anda perlukan saat berteman dengan para ekstrover.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 personality traits of extroverts. (2022). Retrieved 12 May 2022 from https://www.verywellmind.com/signs-you-are-an-extrovert-2795426

What it really means if you’re a social butterfly & how to thrive. (2022). Retrieved 12 May 2022 from https://www.mindbodygreen.com/articles/social-butterfly

What is a social butterfly?. (2022). Retrieved 12 May 2022 from https://www.publicpeople.org/what-is-a-social-butterfly.htm

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti Diperbarui 4 weeks ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.